Setiap pengguna smartphone pastinya menginginkan ponselnya selalu aman dan jauh dari virus. Karena jika smartphone terjangkit virus maka akan fatal akibatnya. Selain itu, menginstall antivirus pada ponsel merupakan hal yang wajib di lakukan setiap orang. Untuk itu banyak aplikasi anti virus untuk smartphone kususnya android yang bermunculan di google play store. Namun, manakah antivirus terbaik yang efektif untuk melindungi ponsel Anda?

Pasalnya tidak semua antivirus yang terdapat di google play store baik untuk smartphone Anda.

Bahkan beberapa diantaranya, justru akan membuat ponsel semakin berat. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan kalian mengenai antivirus android terbaik untuk ponsel Anda.

Pastikan simak terus artikel ini, agar Anda dapat menemukan aplikasi antivirus yang tepat untuk smartphone Anda.

Kumpulan Antivirus Android Terbaik

Setiap aplikasi antivirus mempunyai keunggulan masing – masing. Sehingga dengan adanya artikel ini Anda dapat menentukan antivirus mana yang paling tepat untuk ponsel android yang Anda miliki.

Antivirus terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah sebagai berikut.

1. Kaspersky Internet Security

Kaspersky Mobile Internet Security
Kaspersky Mobile Internet Security

Kaspersky merupakan salah satu antivirus favorit yang saya gunakan sampai sekarang. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, antivirus ini tergolong powerful. Yap, mungkin anda sudah menduganya. Kaspersky Mobile hadir dalam dua versi, versi gratis dan versi berbayar.

Dalam versi gratisnya, fitur yang ditawarkan sudah beragam. Mulai dari Antivirus, Anti Malware, Anti Spam, Call Filter, Internet Browsing Protection, Find my device, Firewall, VPN dan lain sebagainya, walaupun tentunya fitur tersebut masih terbatas dan tidak se-powerful versi berbayarnya.

Salah satu contoh yaitu pada fitur Antivirus misalnya. Pada versi gratis, anda perlu melakukan scanning ponsel secara manual. Sedangkan pada versi berbayar, anda bisa melakukan automasi dan realtime scanning.

Selain itu, versi berbayar juga mempunyai fitur Anti Phising yang bisa melindungi anda secara realtime.

Keunggulan lain dari Kaspersky yaitu tampilannya yang simple dan mudah di gunakan. Dan untuk soal ketangguhan Kaspersky, anda tidak perlu meragukannya lagi. Selain karena database virus yang cukup lengkap, Kaspersky sudah mengimplementasikan machine learning untuk mencegah serangan virus terbaru.

Satu hal lagi yang saya senangi dari kaspersky yaitu ketika aplikasi ini mendeteksi virus, malware, dan rekan sejawatnya, Kaspersky akan mencoba menawarkan opsi recovery dan pemulihan data terlebih dahulu.

Jika ternyata file tersebut sudah tidah bisa terselamatkan, baru Kaspersky menawarkan opsi Delete untuk segera menghapus file yang telah terinfeksi.

2. Malwarebytes Mobile Security

Malwarebytes Mobile Security
Malwarebytes Mobile Security

Sejauh pengalaman saya menggunakan, Malwarebytes sangat ampuh dalam mencegah dan mengatasi Malware, Ransomware, Adware, Spyware dan sejenisnya, dan merupakan salah satu yang terbaik.

Sedangkan untuk urusan antivirus Malwarebytes juga tergolong powerful, walaupun saya sendiri masih menjagokan Kaspersky untuk urusan per-virusan.

Namun bukan berarti Malwarebytes tidak bisa menghandle virus dengan baik. Karena beberapa kali saya terselamatkan dari virus – virus nakal yang mencoba menyerang ponsel.

Malwarebytes juga hadir dalam versi gratis dan berbayar. Dimana perbedaan signifikannya yaitu pada versi gratis Malwarebytes hanya membersihkan dari threats yang terdeteksi.

Sedangkan pada versi berbayar, Malwarebytes  juga berfungsi mencegah threats secara realtime.

Fitur lain yang juga ada di versi berbayar yaitu Malwarebytes melindungi ponsel anda dari aplikasi – aplikasi nakal yang berbahaya.

Anda bisa mencoba versi gratisnya dulu, dan jika tertarik untuk proteksi yang lebih lanjut, baru anda beli versi berbayarnya.

3. Avira Antivirus Security

Avira Antivirus Security
Avira Antivirus Security

Avira Antivirus merupakan solusi antivirus gratis yang handal dan terpercaya. Selain itu aplikasi ini juga merupakan sebuah aplikasi dengan keamanan yang lengkap untuk ponsel android Anda.

Karena dengan menggunakan aplikasi antivirus yang satu ini, Anda dapat melindungi ponsel android dari segala macam ancaman. Seperti aplikasi berbayar, panggilan yang tidak diinginkan, dan beberapa ancaman lainnya.

Fitur – fiturnya pun tidak kalah menarik dan dibagi menjadi beberapa grup penting. Yang pertama proteksi antivirus permanen untuk melawan aplikasi – aplikasi berbahaya.

Kedua proteksi antimaling, yang berfungsi untuk menemukan peranti Anda di PC, menghapus semua data di dalamnya, menguncinya secara permanen, bahkan membuat alarm yang dapat berbunyi keras.

Ketiga, proteksi panggilan untuk memblokir nomor – nomor yang tidak Anda inginkan.

4. Comodo Mobile Security

Comodo Mobile Security
Comodo Mobile Security

Comodo Mobile Security merupakan salah satu antivirus terbaik yang bisa anda gunakan. Layaknya komodo, Comodo Mobile Security siap untuk menerkam dan menebarkan bisa racun ke virus – virus yang mencoba berada di dalam ponsel anda.

Versi gratisnya sudah cukup lengkap walaupun anda akan disuguhi dengan berbagai macam iklan. Namun jika anda ingin proteksi yang lebih advanced dan bebas iklan, tentunya versi berbayar yang perlu anda gunakan.

Tampilannya yang simple dan mudah digunakan juga merupakan salah satu keunggulan Comodo.

Selain itu berbagai fitur seperti Cloud scan, secure WiFi, VPN, Mobile Firewall, dan fitur menarik lainnya tentunya sudah lebih dari cukup untuk melindungi ponsel anda dari pihak – pihak yang jahil.

Comodo juga sudah menerapkan Anti Theft yang berguna saat ponsel anda hilang. Anda bisa melacak, menghapus data, mengunci ponsel, dan lain sebagainya secara remote. Menarik bukan?

5. Avast Mobile Security

Avast Mobile Security
Avast Mobile Security

Aplikasi yang cukup populer selanjutnya adalah avast mobile security yang merupakan antivirus untuk mobile atau android yang akan melindungi terminal Anda dari segala ancaman berbahaya.

Baik itu URL terinfeksi, peretesan terminal, ataupun pencurian. Selain itu Anda juga memblok telepon ataupun melacaknya dengan menggunakan GPS hanya dengan SMS.

Semua program atau aplikasi yang terinstall di ponsel Anda dapat dianalisis, termasuk saat aplikasi sedang berjalan.

Melalui antivirus ini Anda juga dapat melakukan pemindaian terjadwal, mencopot aplikasi, menghapus berkas, memberbarui protector virus, maupun melaporkan false positive.

Fitur – fitur yang terdapat pada aplikasi ini tidak kalah menarik dari antivirus lainnya. Salah satunya adalah fitur firewall yang berfungsi sebagai perisai web dan penyaring pesan dan panggilan.

Sehingga Anda dapat mengarahkan langsung pesan dan panggilan secara otomatis ke voice mail. Kemudian, untuk fitur terbaik dari aplikasi ini adalah fitur antipencuri. Sistem atau fitur ini akan menyembunyikan aplikasi Anda dari ancaman pencurian.

6. AVG Android Antivirus

AVG Android Antivirus
AVG Android Antivirus

Seperti yang telah kita ketahui bahwa AVG antivirus merupakan antivirus yang terkenal untuk desktop. Kabar bagusnya, saat ini aplikasi AVG sudah terdapat di Android loh.

Jadi kalian bisa menikamati antivirus canggih ini melalui ponsel android Anda. fitur – fitur yang digunakan pun hampir sama dengan di desktop atau PC yaitu Anda dapat membatasi pemindai secara individu pada aplikasi yang sekiranya berbahanya.

Selain itu sebagai perlindungan dari virus atau malware, dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menemukan ponsel saat lupa menaruhnya.

Cara kerjanya dengan menggunakan google maps yang akan menunjukan dimana Anda terakhir meninggalkan ponsel Anda. sangat menarik bukan? maka aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang sering lupa menaruh ponsel android Anda.

7. 360 Mobile Security

360 Mobile Security
360 Mobile Security

Aplikasi antivirus lainnya adalah 360 mobile security. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membersihkan ponsel Anda dari berbagai macam virus atau berkas – berkah berbaha lainnya.

Selain itu, melalui aplikasi ini Anda juga dapat mengoptimalkan dan menganalisis aplikasi tidak aktif namun sedang berjalan atau membersihkan riwayat jelajah Anda. Setiap tindakan yang kalian inginkan dapat dilakukan hanya menyenggunakan beberapa sentuhan pada layar.

Melalui aplikasi 360 mobile security Anda dapat memblokir beberapa nomor – nomor tertentu yang agar tidak lagi dapat menghubungi Anda.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukan nomor secara manual atau dari buku alamat yang terdapat di ponsel Android Anda, kemudian untuk sisanya aplikasi ini akan mengurus dengan baik.

Fitur unik dari antivirus ini adalah Anda dapat mencadangkan semua kontak yang terdapat di ponsel Anda. Sehingga Anda dapat menyimpan maupun mengeimport ke perangkat lain tanpa takut akan kehilangan kontak – kotak yang telah tersimpan di ponsel Anda.

8. Norton Mobile Security

Norton Mobile Security
Norton Mobile Security

Sama seperti aplikasi antivirus lainnya, Norton Mobile Security juga akan melindungi ponsel android Anda dari ancaman aplikasi berbahaya. Bahkan melalui aplikasi ini dapat menlindungi dari situs web yang dirancang untuk mencuri informasi penting atau bahkan uang Anda.

Yang membuat aplikasi ini beda dengan yang lain adalah Norton meberikan proteksi virus proaktif terhadap aplikasi yang berpotensi dapat membocorkan informasi pribadi Anda, pemborosan baterai maupun data, dan tindakan menganggu lainnya.

Fitur – fitur gratis yang ditawarkan pada aplikasi ini adalah fitur proteksi yang dirancang untuk melindungi ponsel android Anda. Kedua adalah fitur keamanan yang merupakan SMS untuk mengunci dari jarak jauh saat posel Anda sedang hilang.

Ketiga adalah antivirus android yang akan memindai dan menghapus aplikasi yang terserang virus atau malware yang membahayakan ponsel.

9. CM Security Master

CM Security Master
CM Security Master

Clearmaster atau CM merupakan aplikasi antivirus atau keamanan untuk android Anda. melalui aplikasi ini ponsel android akan dilindungi dari ancaman yang mungkin dialami saat menjelajah di internet serta melindungi ponsel Anda dari aplikasi berbahaya yang pernah diunduh.

Melalui aplikasi ini pun Anda dapat memilih semua parameter perlindungan yang ingin di aktifkan.

Fitur terbaik dari aplikasi CM Security Master adalah pemindai yang memungkinkan Anda untuk menganalisis memori internal maupun eksternal yang terdapat di perangkat android Anda.

Melalui fitur ini, Anda dapat mengetahui aplikasi yang berbahaya dan aplikasi ini akan membantu untuk menghilangkannya dari perangkat android yang Anda miliki.

Aplikasi ini juga menyediakan VPN gratis yang berkecepatan tinggi.

Dengan sistem safe connect VPN, Anda dapat menghindari firewall, mengakses situs web sensitif dengan mudah, serta menonton video atau film yang tidak tersedia di negara Anda secara anonym. Selain itu terdapat juga fitur mengunci aplikasi, sehingga Anda dapat melindungi privasi Anda.

CONCLUSION

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan aplikasi yang cocok untuk ponsel android Anda? Itulah beberapa daftar antivirus android terbaik untuk ponsel yang dapat Anda pilih.

Dengan adanya aplikasi ini, semoga dapat melindungi ponsel android Anda dari virus atau aplikasi berbahaya lainnya. Sehingga ponsel Anda akan menjadi lebih aman.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of