Aplikasi Android Untuk Hidup Sehat

5 Aplikasi Android Yang Bisa Membantu Hidup Lebih Sehat

Manfaat smartphone android bukan hanya sebagai hiburan saja, namun gaya hidup sehat juga bisa anda dapatkan dengan menginstal aplikasi android terkait yang bisa anda dapatkan di Play Store dengan berbagai jenis yang beragam.

Mulai dari aplikasi khusus olahraga, penghitung kalori, tips sehat, pendeteksi penyakit, hingga latihan otak. Aplikasi pendukung gaya hidup sehat ini tentunya sangat fungsional untuk anda download.

Selain itu anda tidak perlu repot mencari informasi kesehatan karena dengan sekali klik saja anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang anda butuhkan.

Bagi anda yang sibuk, tentunya aplikasi gaya hidup sehat merupakan aplikasi wajib yang sangat bermanfaat. Anda bisa menjadikannya sebagai alarm untuk berolahraga sampai pengatur jenis makanan yang anda konsumsi.

Saat ini developer yang menyediakan aplikasi khusus hidup sehat sudah cukup banyak. Review aplikasi tersebut pun cukup positif sehingga recommended untuk digunakan.

Dan berikut berbagai jenis aplikasi pendukung gaya hidup sehat yang bisa anda coba.

Aplikasi Android Untuk Hidup Sehat

1.  Google Fit

Aplikasi Google Fit
Aplikasi Google Fit

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan besutan dari Google yang bisa anda manfaatkan untuk membantu meraih kebugaran tubuh.

Berbagai aktifitas olahraga seperti berlari, berjalan, bersepeda, dan lain sebagainya akan dipantau secara baik dengan menggunakan aplikasi ini.

Selain menyediakan laporan olahraga, anda juga bisa mendapatkan tips dan trik kebugaran, informasi nutrisi, pola tidur yang baik hingga target berat badan ideal yang mesti anda raih.

Bahkan Google Fit bekerjasama dengan World Health Organization (WHO) untuk mengembangkan fitur Move Minutes dan Heart Points yang bisa di gunakan sebagai target aktifitas untuk meningkatkan kesehatan.

Dengan menggunakan aplikasi Google Fit, bisa di ibaratkan seperti memiliki Health Coach pribadi!

2.  ApaSakitku – Cari Tahu Penyakit Anda

Aplikasi Android ApaSakitKu
Aplikasi Android ApaSakitKu

Dikembangkan oleh Smartindo Acces, aplikasi gratis ini berfungsi untuk mendiagnosa potensi penyakit tertentu pada diri anda.

Anda akan diberikan informasi seputar prediksi penyakit berdasarkan gejala yang anda terangkan. Didalamnya juga tersedia fitur konsultasi gratis, artikel kesehatan, hingga info klinik terdekat yang direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatan lebih lanjut.

Dengan menggunakan aplikasi ini berasa seperti punya dokter pribadi di genggaman.

3.  Water Balance – Saatnya Minum Air

Aplikasi Water Balance - Tracker & Drink Reminder
Aplikasi Water Balance – Tracker & Drink Reminder

Bagi anda yang sibuk dan selalu lupa minum air putih, aplikasi simple ini sangat membantu. Fungsinya sebagai alarm khusus untuk mengingatkan anda agar minum air putih tepat waktunya.

Jumlah air putih yang direkomendasikan pun sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda akan diberikan alarm pengingat sesuai dengan tingkat aktivitas, usia, dan berat badan anda.

Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh tentunya akan menjaga tubuh dan kulit tetap sehat serta membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal. 

Karena itu selalu pantau kebutuhan cairan tubuh, jangan sampai tubuh kita bermasalah karena dehidrasi.

Aplikasi ini gratis untuk anda gunakan, namun kalau anda perlu fitur yang lebih maka anda bisa membeli Water Time Gold seharga 50ribu rupiah yang merupakan versi berbayar aplikasi Water Balance.

4.  Lumosity – Otak Juga Butuh Gym

Lumosity - Brain Games & Cognitive Training App
Lumosity – Brain Games & Cognitive Training App

Selain tubuh, melatih kebugaran dan tingkat responsif otak juga sangat diperlukan.

Aktifitas harian dan laju informasi yang bergerak begitu cepat seringnya membuat otak kita mendapat asupan yang tidak bergizi.

Lumosity membantu merangsang kinerja otot-otot mental Anda di berbagai segmen. Baik itu di segmen memori, perhatian, kecepatan, fleksibilitas, maupun penyelesaian masalah.

Melalui aplikasi  ini anda akan disuguhkan berbagai permainan sederhana namun menantang yang berfungsi untuk melatih kognitif otak. Hal ini bertujuan agar tingkat responsif dan keseimbangan otak lebih terasah.

Anda bisa melacak riwayat perkembangan otak melalui aplikasi sederhana ini serta membandingkan hasil anda dengan hasil rata – rata pengguna lain yang seumuran dengan anda.

Jadi jangan tubuh saja yang dimanjakan ngeGym, Otak juga perlu!

5.  Fat Secret – Menghitung Kalori Anda

FatSecret - Calorie Counter
FatSecret – Calorie Counter

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mempunyai berat badan yang ideal.

Dengan menggunakan Fat Secret, anda bisa melihat rekam jejak dan memantau kalori yang masuk ke tubuh dari makanan yang anda makan sehari – hari serta kalori yang terbakar dari aktifitas olahraga yang anda lakukan.

Dari berbagai hal tersebut, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi agar anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain itu, aplikasi ini bisa anda sinkronisasikan dengan Google Fit supaya data yang dihasilkan tentunya akan lebih akurat.

Fitur yang ada di versi gratis sudah cukup lengkap, namun kalau anda ingin berbagai fitur lebih lanjut, anda perlu untuk menggunakan versi berbayarnya.

Final Words

Itu dia berbagai aplikasi android yang akan menjadikan hidup anda lebih sehat. Tertarik untuk mencobanya?

Kalau anda ada rekomendasi lain, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar yah guys!

Tapi perlu di ingat, kalau aplikasi hanyalah fasilitator.

Yang paling penting adalah motivasi, semangat, dan usaha yang anda lakukan untuk mencapainya.

Semoga bermanfaat, salam sehat dari saya.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of