Para pengguna smartphone yang hendak melakukan pencarian informasi lengkap dan berbagai aktivitas online tentu membutuhkan browser. Mereka setidaknya harus memasang browser Android terbaik yang ringan karena kapasitas RAM memory yang terbatas. Agar aktivitas online lancar tanpa gangguan, browser terbaik harusnya tidak dipenuhi iklan.

Beberapa dari Anda tentu bingung ketika hendak memilih aplikasi browser terbaik untuk Android.

Terutama jika smartphone memiliki sisa RAM yang sangat sedikit, serta mudah terkena virus atau malware. Ada berbagai solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan memilih salah satu rekomendasi dari beragam aplikasi browser untuk Android.

Rekomendasi Browser Android Terbaik dan Bebas Iklan

Kini telah banyak pengembang yang menciptakan aplikasi browser untuk Android  sehingga jumlahnya cukup banyak dan beragam. Beberapa aplikasi tersebut cukup populer karena tidak memakan RAM cukup besar dan memiliki fitur bebas iklan.

Berikut beberapa aplikasi browser yang direkomendasikan untuk perangkat Android Anda.

Google Chrome Android

Aplikasi web browser Android terbaik dan hingga kini masih tetap populer yakni Google Chrome. Aplikasi bawaan Google ini terbaik untuk digunakan di beragam perangkat dan sistem operasi. Selain itu, Chrome memiliki banyak unggulan dan kemudahan untuk dioperasikan oleh para penggunanya.

Pemasangan browser Chrome tidak memerlukan kapasitas RAM Memory yang cukup tinggi. Selain itu, aplikasi ini sangat cepat jika digunakan untuk melakukan pencarian data.

Para pengguna bisa menemukan berjuta-juta informasi data tentang pencarian kata kunci yang dibutuhkannya.

Chrome memiliki fitur yang tergabung dengan Google sehingga Anda bisa menikmati beragam layanan yang muncul secara otomatis. Seperti pencarian yang terkategori, mulai dari berita, video, buku, dan secara keseluruhan. Serta Anda bisa memanfaatkan fitur layanan Google Assisten yang terintegrasi dengan baik dengan Chrome.

Untuk menikmati pengalaman aktivitas online tanpa iklan, Anda bisa menerapkan fitur Adblock ke dalam aplikasi browser ini. Iklan bisa diblokir dengan efektis sehingga pencarian informasi tidak akan terganggu.

Opera Mini – Opera

Browser Android Opera
Browser Android Opera Mini

Web browser yang cukup populer sejak sebelum berkembangnya aplikasi browser lainnya di Android adalah Opera. Aplikasi ini telah ada sejak mobile phone pertama kali menyediakan fitur internet canggih.

Opera hingga kini masih menjadi aplikasi browser populer, tak terkecuali untuk perangkat Android.

Kelebihan opera yakni kecepatannya saat digunakan untuk beraktivitas secara online. Aplikasi ini juga tergolong memiliki kapasitas memori yang cukup kecil dan ringan, dan penggunaan data internet pun cukup minim sehingga pengguna bisa menghemat kuota paket data internet.

Opera secara otomatis memberikan fitur layanan berupa aktivitas online bebas iklan.

Anda bisa menikmati aktivitas tersebut tanpa memasang peramban untuk memblokir iklan, karena telah terpasang secara otomatis. Hal ini yang menjadikan opera sebagai aplikasi browser Android terbaik hinggga saat ini.

Mozilla Firefox

Browser Android Mozilla Firefox
Browser Android Mozilla Firefox

Selain Chrome, Mozilla Firefox juga menjadi aplikasi browser Android terbaik yang popularitasnya tidak menurun.

Firefox cukup populer sejak sistem operasi windows pertama kali diluncurkan pada perangkat PC atau komputer. Kemunculan aplikasi ini telah ada sebelum Chrome popularitasnya melejit seperti saat ini.

Firefox dan Chrome selalu berjalan beriringan untuk membuat para pengguna nyaman dengan fiturnya.

Mozilla Firefox tidak memakan kapasitas RAM terlalu banyak sehingga tergolong sebagai aplikasi yang ringan. Kecepatannya normal dan stabil sesuai dengan ketersediaan kuota internet milik Anda.

Fitur yang banyak dicari para pengguna telah dimiliki Firefox, yakni perlindungan dari data-data berbahaya. Seperti malware atau virus, serta secara otomatis dapat memblokir dan meminimalisir jumlah iklan yang mengganggu aktivitas online.

Baidu Browser

Baidu Browser
Baidu Browser

Pada perangkat Android telah ada beberapa aplikasi browser populer yang kinerjanya cukup baik, meski belum terlalu terkenal.

Baidu browser merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan beragam fitur menarik dan akses internet hemat dan cepat. Aplikasi ini menjadi bawaan dari beberapa perangkat Android karena memakan kapasitas yang minim.

Fitur lain dari Baidu browser berupa swipe navigation yang memungkinkan pengguna menggulung layar dengan cepat. Untuk menampilkan layar yang sesuai dengan penglihatan bisa menerapkan night mode.

Dolphin

Dolphin Browser Android
Dolphin Browser Android

Salah satu browser Android terbaik yang tidak terlalu populer selanjutnya yakni Dolphin browser. Aplikasi ini menyediakan fitur yang tidak kalah menarik dengan Chrome maupun Mozilla Firefox.

Dolphin tergolong aplikasi dengan kapasitas paling ringan sehingga membantu para pengguna menghemat data serta memori.

Kecepatan browsing menggunakan Dolphin sudah tidak diragukan lagi, Anda tidak akan mengalami buffering lama, kecuali kehabisan kuota internet. Tetapi, kuota yang digunakan untuk beraktivitas online tidak banyak.

Fitur canggih lainnya berupa Adblock yang telah terpasang secara otomatis untuk menghapus iklan mengganggu.

Fitur menarik lainnya seperti penggunaan night mode, kemudian tersedia tab incongnito agar aktivitas online Anda rahasia dan aman karena anda berselancar sebagai Anonymous. Histori atau pencarian Anda tidak akan terlacak dengan fitur incognito tersebut.

UC Browser

Aplikasi Android UC Browser
Aplikasi Android UC Browser

UC Browser merupakan aplikasi Android terbaik yang masih cukup baru jika dibandingkan beberapa browser populer seperi Opera atau Firefox.

Aplikasi ini memberikan kenyamanan untuk para pengguna berupa aktivitas online dengan kecepatan luar biasa. Kapasitas aplikasinya cukup ringan sehingga menghemat memori.

UC Browser tidak memerlukan banyak kuota data yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas secara online.

Fitur menariknya berupa kecepatan akses dan hemat data internet, serta tidak memberikan ruang untuk iklan yang mengganggu. Fitur lainnya meliputi download manager yang kecepatannya setara dengan IDM.

Puffin

Browser Android Puffin
Browser Android Puffin

Aplikasi browser Android terbaik namun tidak cukup populer, salah satunya yakni Puffin.

Anda bisa memanfaatkan banyak fitur menarik yang jarang terdapat pada beberapa aplikasi browser pada umumnya. Kualitas aplikasi ini bahkan dapat dianggap mampu menggeser aplikasi setara Chrome atau Firefox.

Hal tersebut karena beragam fiturnya cukup canggih, ada berbagai manfaat dari aplikasi tambahan yang telah terdapat pada web browser Puffin.

Fitur tersebut antara lain Adblock, VPN, tampilan mobile view yang praktis, dan sebagainya. Anda bisa berselancar online dengan aman tanpa gangguan menggunakan Puffin.

Fiturnya juga bisa diperbarui secara otomatis dan menampilkan beberapa tambahan fitur cukup menarik.

Anda bisa memainkan GamePad atau flash game yang telah disediakan dalam Puffin melalui perangkat Android serta menggunakan fitur virtual mouse di Android layaknya mengoperasikan PC.

VPN yang tidak terbatas membuat Anda bisa berselancar dengan bebas tanpa gangguan pemblokiran atau banyaknya iklan.

Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan kapasitas RAM banyak sehingga ringan untuk diinstal di Android. Fitur-fitur yang unik ini sangat direkomendasikan kepada Anda yang ingin bebas saat beraktivitas melalui internet.

CONCLUSION

Pada 7 poin di atas Anda bisa menentukan salah satu pilihan aplikasi browser Android terbaik. Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan dan fitur yang diinginkan.

Aplikasi browser di atas memiliki fitur untuk memblokir iklan. Namun, ada beberapa yang memerlukan fitur tambahan untuk pemasangan Adblock, tetapi hal tersebut mudah dilakukan.

Semoga tulisan singkat ini bisa memberi manfaat kepada anda. Jangan lupa di share ke teman – teman yah!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of