Membuat video animasi tak lagi sesulit dulu. Jika dulu membuat video satu ini dengan mengandalkan software di PC saja, saat ini anda bisa membuatnya dengan aplikasi android.

Aplikasi pembuat video animasi di android ini kaya akan fitur menarik. Anda bisa membuat gambar dengan pola gerakan yang unik. Bahkan ada pula aplikasi yang sudah menyediakan basic tema dan latar belakang untuk mendukung proses menggambar anda sehingga hasil video animasinya tak kalah menarik dari software PC.

Ada aplikasi yang membuat video animasi secara basic dan ada pula yang bisa membuat video dengan beragam tools profesional.

Bahkan untuk aplikasi dengan tema stickman saja anda bisa mendapatkan hasil video mengagumkan.

Walaupun bentuk karakternya hanya berupa stickman namun video animasi anda memiliki hasil yang menarik dan terlihat profesional.

Kalau anda ingin membuat video namun tidak suka menggambar, maka anda bisa memanfaatkan aplikasi android untuk membuat video stop motion yang bisa anda coba secara gratis.

Aplikasi Gratis Untuk Membuat Video Animasi di Android

Bagi anda yang gemar menggambar dan membuat video animasi, berikut ini beberapa referensi aplikasi android yang bisa anda coba secara gratis.

1. Flipaclip – Animasi Kartun

Aplikasi Android FlipaClip
Aplikasi Android FlipaClip

Aplikasi sederhana ini mampu membuat video animasi basic seperti gambar frame by frame. Untuk membuat kartun dengan aplikasi ini anda mesti membuat tiap pola gerakan terlebih dulu.

Dari segi perlengkapan dan fitur aplikasi pembuat animasi yang satu ini tergolong cukup lengkap.

User interfacenya yang tidak terlalu rumit membuatnya mudah digunakan. Ada pula video tutorial yang berisi cara penggunaan aplikasinya.

2. Draw Cartoons 2 – Pembuat Video Animasi

Aplikasi Android Draw Cartoons 2
Aplikasi Android Draw Cartoons 2

Dengan aplikasi ini anda bisa membuat karakter kartun yang lebih variatif. Selain menggambar karakter sendiri, anda juga bisa menggunakan karakter yang sudah tersedia.

Opsi gambar latar belakang yang tersedia juga bisa anda gunakan untuk menambah semarak pembuatan karakternya. Untuk suara, anda bisa menggunakan music ataupun suara yang anda rekam sendiri.

Hasil animasi berupa video berformat MP4 yang bisa anda simpan atau share ke teman – teman secara langsung.

3. Stick Nodes: Pembuat Animasi Stickman

Aplikasi Android Stick Nodes
Aplikasi Android Stick Nodes

Apakah anda tau Pivot stickfigure animator? atau mungkin anda merupakan pengguna aplikasi Pivot stickfigure animator? kalau begitu tentunya aplikasi ini akan sangat menarik untuk anda gunakan.

Aplikasi Pivot stickfigure animator secara official hanya tersedia untuk PC, dan aplikasi serupa dikembangkan dan di distribusikan melalui 3rd Party Android Store.

Kalau anda ingin aman dan tidak mau ribet, maka aplikasi Stick Nodes bisa menjadi pilihan. Karena aplikasi yang mengadopsi dari Pivot stickfigure animator ini bisa anda download secara gratis di Google Play Store.

Anda bisa membuat karakter animasi stickman dengan aplikasi sederhana ini. Meskipun karakter utama yang digambar hanya berupa stickman, namun anda bisa mengeksplore imajinasi dalam menggambar kedalam animasi action story secara lebih luas.

Dan kalau anda menginginkan berbagai fitur lebih, atau mendapatkan hasil animasi tanpa watermarks, maka opsi premium bisa anda dapatkan dengan harga hanya 40ribu rupiah saja. Cukup ramah di kantong kan?

Tapi opsi gratis bisa anda coba terlebih dahulu, siapa tau opsi gratis pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda dalam membuat animasi.

4. StickDraw – Pembuat Animasi

Aplikasi Android StickDraw
Aplikasi Android StickDraw

Secara garis besar prinsip menggambar dengan aplikasi satu ini seperti halnya menggambar menggunakan software paint di PC. Namun pada aplikasi ini anda bisa mengubah warna polos pada latar belakangnya.

Yap, seperti namanya, fungsi utama dari aplikasi ini yaitu untuk membuat animasi sederhana dari gambar berupa garis stick.

Anda bisa menggambar stick secara freeform atau menggunakan berbagai shape yang tersedia seperti garis, persegi / kotak, lingkaran, dan berbagai shape lainnya.Dan hasil dari animasi yang dibuat tersedia dalam format GIF atau MP4.

5. GIF Maker

Aplikasi Android GIF Maker
Aplikasi Android GIF Maker

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa membuat animasi dengan menyatukan berbagai gambar yang bisa anda edit dan percantik dengan berbagai fitur seperti crop, resize, speed, emoji, hand writing, filter, trim, sticker, dan berbagai fitur amazing lainnya.

Selain gambar, anda juga bisa membuat animasi dengan menggunakan potongan – potongan video yang bisa anda edit secara langsung.

Hasil animasi nantinya akan berupa file dengan format GIF atau MP4 yang bisa anda simpan atau share secara langsung ke teman – teman anda.

6. Animasi Kamera – GIF Mob

Aplikasi Android GIFMob
Aplikasi Android GIFMob

Hanya dengan modal kamera HP anda bisa membuat animasi secara mudah. Aplikasi yang satu ini mampu membuat animasi gambar dengan cara menyatukan gambar demi gambar dari kamera atau dari gambar yang sudah tersimpan.

Konsepnya seperti membuat video stop motion namun bertema animasi.

Sehingga untuk membuat hasil animasi yang ciamik tentunya anda dituntut untuk bisa menciptakan rangkaian foto dengan gerakan selaras. Dengan durasi tertentu kumpulan foto tersebut akan diputar menjadi objek animasi yang menarik.

Final Words

Nah itu dia berbagai referensi aplikasi android untuk membuat video animasi. Jadi tak hanya di software PC saja anda bisa mendapatkan jenis aplikasi tersebut namun juga bisa anda dapatkan di android.

Kalau kamu merasa informasi ini menarik, jangan lupa untuk share ke teman – teman yah sob!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of