Apakah anda pernah kehilangan suatu data penting di Android anda? Pasti merasa sangat bingung dan cemas kan? Lalu apa usaha anda? Ya, seperti yang akan kita bahas kali ini adalah cara back up data Android secara mudah dan aman.

Tentu saja, dalam melakukan back up data tentu tidak boleh dilakukan sembarang. Ini dikarenakan agar tidak terjadi kesalahan, kerusakan bahkan pencurian data penting yang kita miliki.

Maka dari itu, harus bijak dan menjadi referensi bagaimana cara back up data Android secara aman dan tentunya mudah untuk dipraktekkan. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Aplikasi Back Up Data di Android

Google Backup

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk mem backup data yang ada di handphone Android adalah Google Drive. Aplikasi ini sudah tersedia di setiap smartphone Android yang memang saling support dengan pihak Google sendiri.

Aplikasi ini dapat mem backup password WiFi, data aplikasi dan pengaturan aplikasi dengan membuka Settings lalu pilih opsi backup & Reset saja.

Semua data yang di back up kemudian akan disimpan di akun Google kita masing masing yang sebelumnya kita harus memiliki akun Gmail.

Lakukan dinkronisasi ponsel pada akun Gmail dan Google backup akan secara otomatis akan melakukan backup untuk semua data yang tedapat di perangkat Android kita.

Titanium Backup

Yang berikutnya adalah aplikasi bernama Titanium backup. Aplikasi ini merupakan aplikasi back up data yang terbaik dan dapat mem backup hampir semua hal yang ada di Android kita.

Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah dapat menjadwalkan proses backup data dan melakukan prosesnya secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh kita sendiri.

Fitur ini tentunya sangat berguna untuk kita yang sangat malas untuk mem backup data secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan aplikasi Titanium Backup. Apabila belum memilikinya, segeralah untuk menginstalnya
  • Setelah selesai download, aktifkan USB Debugging di Android yang kita pakai
  • Buka aplikasnya dan berikan izin untuk mengakses root
  • Bukalah tab Backup and Restore. Disini, kita akan melihat banyak daftar aplikasi dengan ikon disampingnya. Ikon berbentuk segitiga menunjukkan bahwa aplikasi tersebut belum di backup
  • Klik tombol bergambar dokumen sampai muncul opsi backup
  • Pilih opsi backup dan tunggu sampai prosesnya selesai

Super Backup & Restore

Aplikasi yang satu ini dibesut oleh MobileIdea Studio yang juga sekaligus menawarkan layanan untuk melakukan back up data pada ponsel Android.

Tidak jauh beda dengan aplikasi aplikasi lainnya, Super Backup & Restore ii dilengkapi dengan segudang fitur yang dapat dipakai untuk melakukan back up data dengan cara yang mudah serta simpel. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan aplikasi ini. Apabila belum memilikinya dapat langsung menginstalnya
  • Setelah selesai download, buka aplikasinya dan di awal pasti kita akan ditampilkan dengan beberapa menu seperti misal Google Drive, SMS dan masih banyak lagi yang lainnya
  • Pilih data yang akan di back up kemudian klik backup All untuk keseluruhan dan klik OK
  • Tunggu sampai proses backup selesai

Final Words

Itulah beberapa cara mem backup data Android secara mudah dan aman dengan menggunakan aplikasi aplikasi yang terpercaya.

Disarankan untuk memiliki suatu aplikasi yang sesuai dengan selera dan sudah memiliki rating yang baik karena dalam mem back up data ini tidak boleh sembarang seperti yang telah disebutkan di awal tadi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of