Sekarang banyak pengguna yang mungkin tidak mengetahui sendiri kode atau nomor IMEI yang dimilikinya. Perlu Anda tahu bahwa ini merupakan bagian penting untuk sebuah HP yang harus Anda ketahui. Kode atau nomor ini mengapa kami katakan sangat penting?

Karena bisa untuk mempercepat pencarian HP yang hilang ketika dicuri atau terjatuh dijalan. Kami akan menjelaskan bagaimana cara cek kode IMEI HP Android untuk semua merk HP seperti Oppo, Vivi, Samsung, Xiaomi, Nokie, LG, Huawei, Advan, dan lainnya.

Untuk Anda yang penasaran dengan cara pengecekkannya, bisa langsung simak ulasan kami secara lengkap dibawah ini.

Cara cek kode IMEI HP Android untuk semua merk

Berikut ini adalah beberapa cara cek kode IMEI yang dapat Anda coba lakukan di semua merk hp Android. Silakan langsung dicoba tutorialnya karena sangat mudah dan cepat untuk Anda pahami.

1. Cek IMEI Melalui Menu Pengaturan

Untuk cara pertama melakukan cek kode IMEI di HP Android adalah dengan menggunakan fitur Setting atau Pengaturan yang ada di dalam HP Android Anda. Langkah-langkah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut ini.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
  • Selanjutnya Anda bisa gulir ke bawah dan memilih opsi Sistem. Namun kadang ada beberapa merk yang tidak memiliki opsi ini. Jika itu yang terjadi maka abaikan dan langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Sekarang pilih opsi Tentang Ponsel atau About.
  • Disana akan terbuka sebuah tampilan tentang informasi HP Android. Klik pada bagian Status dan kemudian Anda bisa pilih IMEI Information.            
  • Hasilnya akan menampilkan sebuah kode IMEI dari masing-masing nomor selular yang sekarang Anda gunakan.

Kami berikan saran kepada Anda untk mencatat nomor IMEI di tempat aman supaya tidak lupa.

2. Cek kode IMEI HP Android dengan menggunakan DialPad

Cara cek kode IMEI kedua adalah dengan menggunakan sistem dial dan ini merupakan teknik termudah atau paling singkat yang bisa kami jelaskan disini. Anda tidak akses ke menu setting seperti diatas dan berikut ini caranya.

  • Anda bisa buka HP sekarang dan cari menu telepon atau dial/panggilan.
  • Kemudian ketik kode *#06#.
  • Selanjutnya tekan panggil atau call. Pada beberapa merk Hp mungkin tanpa perlu menekan tomboll call dan IMEI bisa langsung muncul ketika Anda mengetik kode *#06#.

Selesai dan informasi IMEI sudah muncul.

3. Cek IMEI dengan aplikasi IMEI atau Phone Info Tool

Cara ketiga cek kode IMEI HP Anda adalah menggunakan aplikasi IMEI atau Phone Info Tool. Aplikasi besutan dari Z@FERSOFT ada di dalam Google Play Store jadi Anda bisa langsung mengunduhnya.

Sebenarnya ada banyak aplikasi cek kode IMEI yang mirip dan sama. Akan tetapi aplikasi Phone Info Tool merupakan salah satu yang paling sederhana dan mudah pakai.

Ukuran aplikasinya juga tergolong kecil hanya 150 KB, sehingga tidak mungkin membuat ruang memori internal HP Anda penuh. Jika Anda sudah download dan instal aplikasi ini, maka Anda bisa langsung membukanya.

Disana akan memunculkan kode IMEI HP dimana juga menyertakan beberapa informasi lainnya secara otomatis. Sekarang Anda bisa menyalinnya atau mencatat kode IMEI tersebut.

4. Melihat kode IMEI di Dusbox HP

Untuk cara cek kode IMEI HP terakhir yaitu dengan melihat dusbox HP. Umumnya di dusbox HP akan ada nomor kode IMEI smartphone.

Apabila dusbox HP ini masih Anda simpan, maka Anda dapat mengeceknya di bagian belakang. Bisanya akan di tandai kotak merah sebagai nomor kode IMEI.

Namun letak dari nomor kode IMEI di dusbox HP biasanya akan berbeda-beda dari setiap merk smartphone.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of