Beberapa bulan yang lalu, VIVO resmi memperkenalkan smartphone kamera andalan mereka. Smartphone tersebut tak lain adalah VIVO V15 Pro. Sebuah smartphone yang memiliki ukuran kamera 48 MP dengan kapasitas RAM mencapai 8GB.

Di atas kertas, smartphone ini memang sangat unggul utamanya dalam hal potret-memotret.

Namun sayangnya, tak banyak pengguna VIVO V15 Pro yang mengerti mengenai beberapa fitur canggih yang ada.

Akibatnya, tak sedikit juga banyak pengguna yang mengalami error lantaran sering melakukan beberapa kesalahan. Beberapa kesalahan tersebut antara lain:

  1. Lupa pola buka kunci
  2. Lupa kata sandi alphabet (Ini yang paling sering karena pada pertama kali perangkat dinyalakan pengguna baru disuruh untuk membuat pola atau kata sandi alphabet)
  3. Dan beberapa hal lain yang berkenaan dengan oprek-megoprek guna memaksimalkan kinerja pengguna.

Akibatnya, gadget mereka akan mengalami hardbrick, bootloop atau pun softboot. Nah bagi kalian yang saat ini sedang mencari tutorial flash VIVO V15 Pro yang hardbrick atau bootloop, langsung saja simak caranya berikut ini!

Tutorial Flash VIVO V15 Pro yang Hardbrick

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan flash VIVO V15 Pro. Beberapa hal tersebut diantaranya:

  1. Pastikan kondisi VIVO V15 Pro memiliki kapasitas daya 60% sampai 70%. Jika belum, ada baiknya kalian charger terlebih dahulu.
  2. Backup semua data penting menggunakan PC apabila kondisi harddisk VIVO V15 Pro masih terbaca komputer. Namun jika Anda sebelumnya menaruh pada SD Card, ada baiknya dilepas terlebih dahulu agar data tersebut tidak ikut terhapus.

Jika beberapa hal di atas sudah kalian lakukan, langsung saja mulai tutorial flash VIVO V15 Pro tanpa PC berikut ini!

Langkah Flash VIVO V15 Pro

  1. Download terlebih dahulu firmware VIVO V15 Pro original di sini à Download
  2. Setelah file di atas terdownload, pastikan formatnya masih dalam ekstensi .zip dan jangan dirubah atau di ekstrak.
  3. Oh iya, usahakan download firmware tersebut menggunakan PC atau komputer. Kalaupun tidak, tentu tidak masalah asalkan jaringan kalian stabil supaya firmware tersebut terdownload sempurna dan tidak corrupted.
  4. Setelah itu pindahkan firmware Room VIVO V15 Pro tersebut ke dalam SD Card yang kalian miliki. Taruh file tersebut di luar agar kalian mudah mencarinya.
  5. Setelah itu matikan VIVO V15 Pro.
  6. Masukkan SD Card ke VIVO V15 Pro dan jangan langsung dinyalakan gadgetnya.
  7. Nyalakan VIVO V15 Pro dengan menekan tombol kombinasi power + volume up. Tombol kombinasi ini berguna untuk masuk ke dalam mode recorvery original VIVO V15 Pro.
    Vivo Recovery Screen
    Vivo Recovery Screen
  8. Untuk melakukan flash VIVO V15 Pro tanpa PC ini, pada mode recorvery yang muncul, langsung saja pilih menu install update.
  9. Setelah itu pilih opsi SD Card.
  10. Nantinya akan muncul berbagai macam file yang ada di dalam SD Card kalian. Langsung pilih saja file firmware yang sudah kalian pindahkan dari PC tersebut (Ingat, di taruh di luar folder apapun agar kalian mudah mencari).
  11. Setelah file ditemukan, langsung saja pilih file tersebut dan tunggu proses berlangsung.

Setelah proses tutorial VIVO V15 Pro yang hardbrick tanpa PC di atas selesai, maka ponsel akan  otomatis reboot. Biasanya hal ini akan berlangsung lama sekitar 5 menit. Seteleh selesai, maka VIVO V15 Pro kalian akan tampak seperti ponsel baru. Dan jangan lupa untuk langsung menghapus file firmware agar ketika ponsel di reboot tidak melakukan update atau flash otomatis.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan tutorial flash VIVO V15 Pro di atas? Semoga cara di atas bermanfaat dan Do with your own risk

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of