Setiap merk smartphone Atau HP pasti memiliki cara flasing berbeda-beda dan itu berlaku juga di Xiaomi Mi A2 dan dapat Anda lakukan menggunakan laptop atau SD card saja.

Akan tetapi metode yang diterapkan terbilang sangat rumit dan mungkin akan membuat Anda bingung jika belum pernah melakukannya.

Untuk melakukan proses flasing Xiaomi Mi A2 biasanya pengguna mengalami masalah yang sangat beragam, diantaranya dari kerusakan kecil pada system bahkan sampai terjadinya bootloop Xiaomi Mi A2.

Namun ada pula yang diakibatkan karena masuknya virus malware ke dalam Xiaomi Mi A2 yang merusak beberapa system operasi tidak berjalan dengan baik.

Untuk mencegah hal it uterus berlanjut, maka pengguna Xiaomi Mi A2 dapat memperbaikinya dengan cara flashing Xiaomi Mi A2 menggunakan Mi Flash Tool.

Metode ini terbilang cukup efektif dan bisa menjadi solusi terbaik. Lantas caranya bagaimana? Langsung saja simak penjelasan singkat dari kami berikut ini.

Cara Flashing Xiaomi Mi A2 menggunakan Mi Flash Tool

Persiapan Flashing

Langkah awal disini Anda harus siapkan alat dan bahan yang mana juga terdiri dari MiFlash, Firmware/ROM, dan USB Driver.

Jangan kaget jika ukuran file lumayan besar sehingga pastikan bahwa Anda dapat terhubung ke WiFi dengan kecepatan yang maksimal atau stabil.

  • Download Firmware/Stock Rom Xiaomi Mi A2 (Pilih firmware Mi A2).
  • Download USB Driver
  • Download Mi Flash Tool
  • Terkahir kabel USB.

Jika dari ketiga file tersebut telah Anda download, sekarang ekstrak semua filenya. Pastikan juga bahwa daya baterai minimal 50%, dan Anda telah membackup data HP (namun jika memungkinkan).

Unlock Bootloader Xiaomi

Sebelum proses flashing dimulai, Anda harus perikasa dahulu status bootloader di Xiaomi Mi A2 Anda.

Caranya sangat mudah dengan masuk ke Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang >> Status Mi Unlock. Jika telah terbuka (unlocked), Anda dapat langsung memulai proses flashing.

Namun apabila masih terkunci (locked), maka Anda wajib melakukan Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Mi A2 terlebih dahulu.

Mengapa harus di UBL?

Karena apabila Anda belum melakukan UBL, maka proses flashing dengan menggunakan Mi Flash Tool akan GAGAL. Sebaiknya pastikan Xiaomi Mi A2 Anda dalam kondisi unlocked bootloader.

Langkah Flashing

  • Pastikan bahwa Anda sudah mengunduh semua file dan telah diekstrak.
  • Selanjutnya Anda bisa install USB Driver ke PC atau komputer Anda.
  • Kemudian buka folder hasil dari ekstrak Mi Flash Tool, berikutnya Anda bisa cari file exe dan klik kanan >> Run as Administrator untuk menjalankannya.
  • Jika sudah Anda bisa buka Mi Flash dan klik tombol Select dan memilih file stock ROM/Firmware Xiaomi Mi A2 dimana sebelumnya telah Anda ekstrak tadi.
  • Di bagian kanan bawah Mi Flash, Anda akan temukan opsi Clean All atau Flash_All piih salah satunya.
  • Selanjutnya HP Anda harus dalam keadaan mati dan masuk ke mode fastboot. Caranya dengan menekan tombol power + volume bawah secara bersama dalam beberapa detik hingga memuncul logo fastboot Xiaomi kemudian bisa Anda lepaskan.
  • Berikutnya Anda bisa sambungkan kabel USB ke laptop dan hubungkan ke HP Anda. Selanjutnya klik tombol Refresh di Mi Flash.
  • Jika HP terdeteksi, klik tombol Flash sekarang untuk memulai proses flashing.
  • Setelah selesai hasilnya akan munculkan kata Succes di Mi Flash, dan HP Anda akan melakukan restart dengan secara otomatis.
  • Tunggu hingga proses booting selesai.
  • Selamat, sekarang HP Anda dapat digunakan lagi.

CLOSING

Itulah cara flashing Xiaomi Mi A2 menggunakan Mi Flash Tool. Bagaimana sangat mudah bukan? Kesuksesan flasing ini tergantung dari Anda sendiri, jika memang Anda benar menerapkannya maka hasilnya akan berhasil.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa Share yah!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of