Mereset ulang atau Factory Reset pada smartphone android, tak terkecuali HP Samsung, tujuannya untuk mengembalikan sistem dan software di smartphone android pada kondisi awal, seperti ketika baru keluar dari pabrik.

Biasanya, Factory reset digunakan memperbaiki masalah kerusakan software pada smartphone android atau tablet. Untuk cara mengatasinya bisa dengan cara mereset kembali android tersebut dengan kata lain mengembalikan android ke setelan semula atau setelan pabrik saat pertama kita memakai android samsung tersebut.

Yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan reset HP Samsung adalah, mereset ulang nantinya akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal handphone ataupun tablet android akan terhapus semuanya.

Terdapat banyak cara untuk melakukan instal ulang hp samsung atau smartphone android, antara lain dengan menekan kode reset rahasia, melalui menu Backup & Reset atau melalui Recovery Mode pada Android.

Cara Factory Reset Samsung Semua Tipe

Karena ada banyak cara  yang dapat dilakukan untuk restart ulang atau instal ulang smartphone android. Jadi saya akan bahas satu persatu supaya Anda bisa memahaminya dengan jelas. Berikut beberapa cara Hard Factory Reset Smartphone Samsung semua tipe.

Cara 1 : Melalui Menu Setting/Pengaturan di Android

Cara pertama ini bisa dilakukan jika Anda masih dapat mengakses dan masuk ke menu Setting (Pengaturan) pada smartphone android.

Sebelum melakukan reset ulang, Anda jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu data yang dianggap penting ke memori External atau ke laptop.

Untuk melakukan reset ulang setting, berikut adalah caranya :

  1. Pertama, Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  2. Cari kebawah kemudian cari menu Backup & Reset
  3. Kemudian tap Factory data reset
  4. Centang yang dianggap benar, lalu tap reset device.
  5. Setelah itu tunggu proses resetnya hingga selesai, yaitu sekitar 3-10 menit (tergantung dari banyaknya data yang ada di hp/tablet).
  6. Setelah selesai, otomatis hp android akan restart sendiri, jika tidak maka silahkan lakukan restart secara manual.
Cara Factory Reset Samsung Melalui Menu Setting atau Pengaturan
Cara Factory Reset Samsung Melalui Menu Setting atau Pengaturan

Cara 2 : Mengetikkan Kode Rahasia

Cara kedua adalah dengan mengetikkan tombol telpon dengan menakan dial *2767*3855#. Metode ini bisa dilakukan jika kamu masih bisa mengakses keyboard.

Kode Rahasia Samsung
Kode Rahasia Samsung

Cara 3 : Reset Ulang dengan Recovery Mode

Langkah ketiga dan terakhir ini merupakan cara yang paling ampuh untuk melakukan reset ulang android. Biasanya, metode ini digunakan jika kita sudah tidak bisa mengakses hp atau tablet seperti Bootloop.

Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya dapat dilakukan saat kondisi smartphone mati (off). Berikut ini cara masuk ke Recovery Mode untuk melalukan Factory Reset pada HP Android :

  1. Pertama, pastikan baterai HP cukup memadai, minimal 70%. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Kemudian matikan handphone atau tablet android.
  3. Selanjutnya Anda menekan dan menahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersama-sama selama beberapa detik.
  4. Menggunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
  5. Lalu tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
  6. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.
Recovery Mode Samsung
Recovery Mode Samsung

!PERINGATAN!!! Bagi pengguna Samsung Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset. Karena menurut beberapa pengguna ROM ini telah memiliki bug yang dapat menyebabkan HP menjadi rusak.


CLOSING

Itulah tiga cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan factory reset HP Samsung anda. Semoga proses yang anda lakukan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Jika dirasa bermanfaat jangan lupa share yah sob!!

See you soon!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of