Download Mode bisa juga disebut dengan Mode Odin yang merupakan kondisi aktivitas flash ulang firmware pada handphone Samsung dengan perangkat lunak Odin Flasher atau perangkat lunak lainnya melalui komputer atau laptop. Mode Odin ini bisa Anda gunakan pada saat handphone Samsung Anda sedang ada masalah system.

Contohnya saja seperti lupa kata sandi, aplikasi berhenti secara tiba-tiba, bootloop dan masalah lainnya. Anda jangan terburu-buru untuk membeli handphone baru. Masalah tersebut bisa Anda selesaikan dengan Mode Odin.

Mode Odin ini seperti flashing seperti handphone android pada umumnya. Sehingga data yang ada di dalam handphone Anda akan hilang ketika handphone sudah dalam Mode Odin.

Tips agar data tidak hilang maka back up terlebih dahulu sebelum melakukan Mode Odin atau flashing ini. Lantas bagaimana caranya agar bisa masuk ke download mode atau mode odin pada handphone Samsung Anda?

Tenang saja, di bawah ini terdapat cara masuk ke dalam download mode dengan mudah.

DOWNLOAD MODE SAMSUNG

Menggunakan Bantuan Perangkat Lain Seperti Laptop atau Komputer

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan bantuan perangkat lainnya. Anda bisa menggunakan laptop atau komputer yang Anda miliki.

Anda tidak perlu menekan tombol apapun pada handphone Samsung Anda. Cara masuk ke download mode menggunakan laptop yaitu sebagai berikut :

  1. Sebelum masuk ke download mode, Anda perlu menginstall Samsung 300K Tools pada laptop atau komputer yang akan digunakan.
  2. Langkah selanjutnya yaitu sambungkan handphone Samsung Anda ke laptop atau komputer menggunakan bantuan kabel USB. Handphone Samsung Anda harus dalam keadaan menyala.
  3. Kemudian jalankan Samsung 300K Tools pada laptop atau komputer yang akan digunakan.
  4. Jika sudah dijalankan maka nanti akan muncul Phone Detected atau handphone terdeteksi. Tetapi sebelumnya, Anda harus menginstall driver pada komputer atau laptop terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya klik gambar Resistence pada Samsung 300K Tools di laptop atau komputer yang digunakan.
  6. Tunggu berapa menit saja handphone Anda sudah masuk ke download mode atau mode odin dengan otomatis.
Samsung 300K Tools
Samsung 300K Tools

Memanfaatkan Tombol Kombinasi pada Handphone Samsung Anda

Cara yang kedua yaitu memanfaatkan tombol kombinasi pada handphone Samsung yang akan dilakukan mode odin.

Berikut langkah-langkah menggunakan tombol kombinasi pada perangkat handphone Anda.

  1. Matikan Ponsel

    Langkah pertama yaitu matikan terlebih dahulu ponsel Samsung Anda.

  2. Tekan Tombol Kombinasi

    Selanjutnya tekan tombol power, tombol home dan tombol volume down dengan cara bersamaan. Tahan hingga muncul logo samsung pada handphone Anda.Kombinasi Tombol Samsung

  3. Lepas Tombol Power

    Lepaskan tombol power tetapi Anda harus tetap menekan tombol volume down dan tombol home sampai muncul tulisan Warning, A custom OS ca cause critical problems in device and installer applications.Warning di Samsung

  4. Lepas Kedua Tombol Lain

    Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut. Untuk memilih opsi yang ada pada layar, Anda hanya perlu menekan tombol volume up dan volume down. Kemudian tombol power digunakan untuk memilih opsi yang ada pada layar.

  5. Pilih Opsi Download Mode

    Untuk masuk ke dalam download mode atau mode odin Anda hanya perlu memilih tulisan tersebut kemudian tekan tombol power untuk melanjutkan.

CLOSURE

Itulah cara masuk ke download mode atau mode odin dengan mudah. Jika cara tersebut berhasil maka tidak ada lagi masalah pada handphone Anda. Demikian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of