Infomastah – Postingan kali ini akan memuat secara khusus mengenai cara melihat cycle count baterai iPhone. Baterai memang menjadi salah satu komponen terpenting dan mendapat perhatian lebih bagi sebagian besar pengguna ponsel pintar baik itu iPhone ataupun Android.

Perhatian tersebut diantaranya pada beberapa masalah seperti baterai bocor dan fitur Optimize Battery Charging. Masih ada hal lain yang juga masih ada kaitannya dan menjadi perhatian para pengguna iPhone yakni melihat melihat Cycle Count Baterai iPhone.

Jika pada iOS sebelumnya yakni iOS 11, masih tersedia berbagai macam aplikasi yang bisa membantu untuk melihat Cycle Count baterai iPhone. Namun mulai pada iOS 12 sampai iOS 13, aplikasi-aplikasi tersebut sudah tidak bisa untuk mengetahui dan menjalankan fitur tersebut.

Ada cara melihat cycle count baterai iPhone lain yang bisa dilakukan pada iPhone dengan iOS 13. Cara tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Diambil informasinya dari laman Reddit, berikut langkah yang bisa kamu ikuti agar bisa mengetahui cycle count baterai dengan mudah.

Cara Melihat Cycle Count Baterai iPhone

Cara Melihat Cycle Count Baterai iPhone Tanpa Aplikasi

  • Langkah pertama, silahkan kamu masuk kedalam aplikasi Settings.
  • Masuk ke bagian Privacy – Analytics & Improvements.
  • Silahkan pastikan jika pada bagian iPhone & Watch Analytics posisinya dalam keadaan ON.
  • Setelah itu, masuk ke Analytics Data.
  • Lalu cari list dengan nama “log-aggregated-….”, pilih yg paling baru, kemudian buka.
  • Kamu tinggal menyalin semua teks yang ada pada halaman ini. Caranya yaitu dengan klik dan menahan lalu geser titik seleksi kanan kebawah sehingga semua bagian teks terpilih, lalu klik Copy.
  • Berikutnya kamu tinggal membuka aplikasi Notes, kemudian paste semua teks yang sudah di salin pada catatan baru.
  • Kemudian kamu tinggal menggunakan fitur pencarian Notes dengan kata kunci “Battery Cycle Count”. Angka yang terdapat pada bagian bawah Battery Cycle Count merupakan Cycle Count dari baterai perangkat iPhone.

Apa sih manfaatnya jika sudah mengetahui Cycle Count Baterai?

Fitur yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk mengetahui berapa lama sebuah iPhone digunakan. Misalnya saja jika kamu ingin membeli ponsel iPhone bekas dan ingin mengetahui sduah berapak kali iPhone tersebut melakukan pengisian baterai dari 0 – 100%. (1 cycle count)

Dari laman Apple Support diketahui bahwa baterai yang kondisinya masih dalam keadaan normal adalah yang memiliki Battery Health atau kesehatan baterai diatas 80% dalam setahun dan Cycle Count masih dibawah 500.

A normal battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 500 complete charge cycles when operating under normal conditions.

Sebagai cara alternatif adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga di komputer mac untuk bisa mengetahui Cycle Count baterai. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk mengetaahui apakah baterai iPhone yang kita gunakan masih dalam keadaan baik atau tidak. Selain itu, pada saat hendak membeli sebuah iPhone dalam keadaan bekas maka kamu bisa mengecek apakah baterai iPhone yang hendak dijual tersebut masih dalam keadaan sehat atau tidak.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga di komputer mac untuk menemukan Cycle Count baterai. Nah, demikianlah sedikit informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara melihat cycle count baterai iPhone. Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa mengetahui bagaimana keadaan baterai iPhone yang kamu miliki ataupun keadaan baterai iPhone yang hendak kamu beli. Terimakasih sudah menyimak postingan kali ini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of