HEIC, atau yang bisa disebut juga HEIF merupakan kepanjangan dari Hig Efficiency Image Format yang berasal dari jenis format file bawaan Apple. Tujuannya agar file tersebut bisa menghemat penyimpanan internal pada perangkat iPhone. Anda membutuhkan cara membuka file HEIC/HEIF di Android saat menerima file format HEIC jika tidak memakai produk Apple.

Format HEIC merupakan produk terbaru yang mulai dikembangkan Apple sehingga formatnya masih belum bisa didukung oleh beberapa perangkat dan hanya bisa dibuka melalui produk sesama apple saja.

Lalu bagaimana cara membuka file HEIC / HEIF di Windows atau di ponsel Android?

Untuk perangkat Windows terutama Windows 10, cara membuka file HEIC / HEIF yaitu cukup dengan menambahkan ekstensi Windows agar Windows bisa membaca file tersebut secara default.

Sedangkan untuk membuka file HEIC / HEIF di smartphone Android, anda bisa mengikuti langkah – langkah mudah yang kami sajikan di bawah ini.

Cara Membuka File Heic atau Heif di Android
Cara Membuka File Heic atau Heif di Android

Kelebihan Menyimpan File Foto dengan Format HEIC atau HEIF

File HEIC atau HEIF sebenarnya merupakan pembaruan dari format JPEG yang termasuk jenis format foto. Kualitas dari format HEIC memiliki efisiensi yang tinggi, namun tersimpan dengan ukuran file yang kecil.

Ada beberapa kelebihan lainnya yang membuat format ini sangat disukai oleh banyak pengguna smartphone.

  • HEIC dapat menyimpan file gambar dengan ukuran setengah lebih kecil dari format JPEG. Kualitasnya sebanding dengan format ukuran penuh sebuah foto JPEG>
  • Dalam satu file, HEIC mendukung penyimpanan dari beberapa foto atau gambar. Hal ini sangat sesuai untuk mendukung format dari Live Photos dan Burst.
  • HEIC kompatibel ketika diterapkan dengan transparansi sesuai file GIF.
  • Para pengguna bisa mengedit gambar menggunakan file HEIC dengan bebas, seperti memutar atau memotong, dan menyimpannya.
  • File HEIC lebih kompatibel menggunakan warna 8 bit JPG dan 16 bit vs.

Kelima kelebihan di atas tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna perangkat di smartphone atau PC yang cukup populer. File dengan Format HEIC memiliki kekurangan yang membuatnya masih jarang digunakan yaitu karena file ini hanya kompatibel pada beberapa sistem operasi saja.

Aplikasi yang mendukung penggunaan file ini agar bisa diterapkan di berbagai perangkat masih sangat jarang.

Hanya satu atau dua aplikasi, yang masih memerlukan bantuan lewat platform lainnya. Bahkan tidak semua bawaan Mac Os dapat membuka file ini, terutama pada MacOS Sierra versi 10.12 atau versi yang lebih lama.

Cara Membuka File HEIC/HEIF di Android dengan Mudah

Ada dua cara untuk membuka file HEIC/HEIF di Android yang jarang diketahui oleh banyak orang pengguna perangkat Android.

Apabila Anda memperoleh kiriman file atau data dengan format ini, Sebaiknya simaklah dengan baik penjelasan tentang langkah-langkah membuka file HEIC sebagai berikut.

1. Gunakan Dropbox

Buka File Heic dengan Dropbox
Buka File Heic dengan Dropbox

Cara membuka file HEIC/HEIF di Android yang pertama, yakni menggunakan bantuan Dropbox. Anda bisa mengunduh dan menginstal aplikasi ini melalui Google Play Store di perangkat Android. Kemudian ikuti langkah berikut ini.

  • Pastikan pengaturan perangkat telah tersetting untuk menginstal aplikasi yang dipilih secara otomatis.
  • Klik unduh saat Anda menemukan aplikasi Dropbox melalui kotak pencarian.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.
    Install Dropbox
    Install Dropbox
  • Anda bisa membuat akun Dropbox milik Anda terlebih dahulu sebelum memanfaatkan fiturnya.
    Login Dropbox
    Login Dropbox
  • Lakukan tab pada folder yang berisi file foto dengan format HEIC saat proses antarmuka pertama.
  • Tab tersebut bisa otomatis melakukan pemindaian pada seluruh foto yang ada di perangkat Android Anda. Baik file foto yang memiliki format JPG, JPEG, maupun HEIC.
    Tap Folder Foto
    Tab Folder Foto
  • Untuk memilih beberapa file foto dengan format HEIC, Anda perlu meletakkannya pada folder khusus. Kemudian tab pada file berisi gambar HEIC saja melalui Dropbox. Maka file foto yang terbuka hanya dengan format HEIC saja.

Selain menggunakan Dropbox, Anda juga bisa memanfaatkan fitur dari platform lainnya. Simaklah penjelasan kedua tentang cara membuka file HEIC/HEIF di Android di bawah ini.

Buka Lewat Email

Sebagian besar para pengguna media atau perangkat digital tidak mengetahui bahwa fitur yang ada pada platform email memiliki banyak manfaat.

Salah satunya dapat digunakan sebagai media atau sarana untuk membuka file foto dengan format HEIC atau HEIF. Berikut informasi langkahnya secara detail.

  • Anda harus memiliki akun email apapun. Pilihan email paling populer jatuh pada platform yang berasal dari bawaan Google, atau Gmail. Kalau Anda belum memiliki akun email, maka bisa membuat satu yang baru.
  • Agar lebih praktis Anda bisa membuka akun email baru melalui perangkat Android agar prosesnya bisa dilakukan bersamaan.
  • Ikuti setiap perintahnya dengan lengkap hingga proses verifikasi akun email selesai.
  • Email ternyata memberikan dukungan untuk berbagai jenis atau format file, namun memiliki ukuran terbatas untuk setiap pengiriman filenya.
  • Kirim file foto dengan format HEIC yang ingin Anda buka ke email tertentu yang hendak dituju. Caranya dengan klik fitur “Lampirkan” file atau foto yang tersedia pada body email. Pilih beberapa file foto HEIC sesuai tujuan Anda.
    Buat Email
    Buat Email

    Lampirkan File Heic
    Lampirkan File Heic
  • Jangan lupa untuk menambahkan judul email, kemudian mengirimnya ke alamat email milik Anda yang lainnya. Jadi Anda bisa memiliki lebih dari satu email untuk berbagi file.
  • Tanpa Anda sadari, file foto yang memiliki format HEIC tersebut sebenarnya telah dikonversi secara otomatis menjadi file JPEG.
  • Bukalah pesan email lainnya milik Anda yang menjadi tujuan pengiriman file HEIC dari email sebelumnya. Anda bisa membuka beberapa akun email di satu perangkat Android. Jadi tidak perlu repot untuk melakukan log out atau login terlebih dahulu.
  • Dari email tersebut Anda bisa membuka file HEIC yang telah berubah menjadi JPEG secara otomatis melalui perangkat Android milik Anda.
  • Selain mengirimnya ke email lain, sebenarnya Anda juga bisa sekedar menyimpan file foto ini ke dalam draft email. Kedua cara tersebut sama-sama dapat mengubah atau mengkonversi gambar dari HEIC ke JPEG otomatis. Anda bisa memilih salah satu cara yang lebih praktis dan cepat.
  • Anda bisa menyimpan foto yang merupakan hasil konversi dari file HEIC ini ke perangkat Android. Gunakan fitur download agar file JPEG terunduh dan tersimpan di dalam perangkat Anda. Apabila tidak bisa didownload, lakukan cara alternatif dengan memotret layar Android atau melakukan screenshot.

CONCLUSION

Mengetahui cara membuka file HEIC/HEIF di Android ternyata sangat mudah, dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak membutuhkan keahlian khusus dari para pengguna Android yang handal.

Namun, yang terpenting semua pengguna tersebut memiliki lebih dari satu email dan aktif seluruhnya. Kemudian memanfaatkannya dengan baik untuk membuka file foto dengan format HEIC.

Setelah mengetahui kelebihan serta cara membuka file HEIC/HEIF di Android, Anda tidak perlu khawatir lagi saat menerima file dengan format tersebut.

Sebaiknya Anda juga perlu mencoba menyimpan beberapa file foto milik Anda menggunakan HEIC, agar dapat menghemat ruang memori lebih banyak dengan bantuan aplikasi pendukung.

Kalau anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa share ke sobat lainnya yah Guys!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of