Apa Anda termasuk salah satu orang yang gemar sekali menonton video pakai WMP atau Windows Media Player? Jika iya, sepertinya Anda butuh yang namanya codec tambahan.

WMP adalah salah satu perangkat lunak pemutar musik, video, maupun gambar buatan Microsoft. WMP pada dasarnya menjadi bagian dari platform Windows Media hasil kembangan Microsoft.

Sesuai dengan nama yang diusungnya, WMP ditugaskan untuk lakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital yang berformat WMA, WMV, atau pun ASF, MP3, dan beberapa format multimedia digital yang lain.

Codec tambahan ini dibutuhkan karena WMP masih belum mendukung banyaknya format audio maupun video. Makanya, disediakanlah codec untuk player bisa membaca format dari video yang sedang atau ingin ditontonnya.

Codec sendiri merupakan singkatan dari Compressor De-compressor. Ini adalah perangkat atau program yang bisa merubah sinyal maupun aliran data. Code juga bisa didefinisikan sebagai singkatan dari code – decoder. Code nanti akan merubah sinyal ke dalam bentuk yang ter-encode kemudian diterima atau bisa men-decode bentuk tersebut supaya bisa dilihat maupun dimanipulasi ke dalam bentuk yang lainnya.

Cara Memilih Codec untuk Windows 10

Ya, meskipun untuk cara memilih codec untuk Windows 10 ini terbilang mudah, tetapi pada kenyataan masih banyak orang yang kebingungan dalam melakukan hal tersebut. Pada kesempatan yang  baik kali ini akan kami rekomendasi 2 buah aplikasi codec yang diklaim paling cocok untuk Windows 10 Anda, dan dibentuk dalam ulasan cara memilih codec untuk Windows 10 berikut.

K-Lite Codec

Ini adalah aplikasi codec terbaik untuk Windows 10. K-Lite Codec sudah dikenal memiliki banyak sekali format yang dibutuhkan untuk audio encoding dan decoding. Aplikasi tersebut bahkan sengaja dibuat dan dirancang agar bisa memainkan semua file audio dan video dengan lebih mudah. Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi K-Lite Codec, yakni selalu diupgrade dengan codec terbaru dan mendapat dukungan format audio serta video yang Anda butuhkan.

Apabila Anda kebetulan memang tidak memiliki pemutar media yang sesuai, K-Lite Codec ternyata juga termasuk media player classic, bsplayer, dan lain – lain. Aplikasi K-Lite Codec ini bahkan hanya mencoba dengan yang paling mudah untuk membantu para pengguna dalam memainkan semua berkas media. Tidak hanya unggul sebagai codec terbaik untuk Windows 10, ternyata K-Lite Codec juga termasuk bebeapa program untuk konfigurasi paramter kompresi audio serta video.

CCCP

Lalu, bagaimana dengan aplikasi CCCP ini sendiri? Aplikasi yang memiliki nama unik, yakni CCCP tersebut pada dasarnya memiliki fitur yang hampir mirip dengan aplikasi K-Lite Codec. Akan tetapi pada aplikasi CCCP memiliki ukuran file yang lebih sedikit, sehingga secara otomatis jauh lebih ringan. Selain itu, pada CCCP ini Anda ternyata juga akan mendapatkan codec untuk video yang Anda butuhkan. Sementara itu pada aplikasi K-Lite Codec ini sendiri terbilang terlalu lengkap hingga ada beberapa format video yang bahkan sangat jarang sekali ada juga disediakan oleh K-Lite Codec

CCCP atau yang biasanya juga disebut sebagai Combined Community Codec Pack, memang bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 10. Tujuannya, tidak lain untuk mendukung semua format video yang saat ini sedang banyak digunakan. Dengan CCCP, itu artinya Anda tak perlu lagi repot – repot dalam mendownload codec lainnya, sebab sudah lengkap.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memilih codec untuk Windows 10. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of