Setiap perangkat pasti memiliki kekurangannya masing-masing, ini tidak terlepas pula pada iPhone yang boleh dibilang adalah perangkat premium. Kejadian stuck pada iPhone menjadi salah satu masalah yang biasanya timbul. Oleh karena itu kamu harus mengetahui mengenai cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple dengan mudah.

Jika kamu adalah salah satu pengguna iPhone dan sedang mengalami permasalahan stuck pada logo Apple ataupun tampilan yang tidak bisa berubah ke Home Screen. Maka postingan kali ini harus kamu simak dengan baik agar mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut agar bisa diatasi.

Penyebab Stuck di Logo Apple

Apple yang merupakan perusahaan yang menggarap perangkat iPhone belum pernah memberikan pembahasan secara terperinci mengenai masalah iPhone stuck di Apple saat diaktifkan.

Dari berbagai macam kasus yang muncul, masalah pada stuck logo Apple ini biasanya terjadi karena adanya kegagalan pada sistem operasi. Kegagalan tersebut pada saat memasuki proses awal atau booting sehingga perlu dilakukan restart atau pengulangan.

Proses melakukan pengulangan booting ini salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan Force Restart. Jika proses tersebut tidak berhasil maka cara selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang iOS yang digunakan perangkat iPhone yang mengalami masalah tersebut.

Ada kemungkinan lain yang bisa menyebabkan terjadinya stuck pada logo Apple ini, diatnaranya adalah permasalahan yang rimbul pada hardware atau perangkat keras. Namun, permasalahan ini sangat jarang terjadi kecuali jika memang perangkat iOS yang memang punya masalah hardware atau sudah berumur beberapa tahun. Dibawah ini bisa kamu simak mengenai cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple dengan simpel dan cepat.

cara memperbaiki iphone stuck

Cara Memperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple 

1. Force Restart

Cara yang pertama yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah stuck pada logo Apple adalah dengan melakukan Force Restart. Berikut cara cara melakukan Force Restart berdasarkan jenis perangkat iPhone yang kamu gunakan:

  • Force Restart iPhone 6s atau generasi dibawahnya: Tekan dan tahan tombol Power Button dan Home Button. Lepas setelah logo Apple tampil di layar iPhone.
  • Force Restart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power Button. Lepas setelah logo Apple tampil di layar iPhone.
  • Force Restart di iPhone 8, iPhone X dan lebih baru: Tekan dan lepas Volume Up, tekan dan lepas Volume Down, tekan dan tahan Side Button. Lepas Side Button setelah logo Apple tampil di layar iPhone.

2. Hubungkan ke iTunes

Jika cara pertama sudah kamu coba dan belum berhasil, silahkan coba cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple ini. Caranya kamu tinggal menghubungkan perangkat iPhone ke laptop atau PC yang telah terinstal iTunes.

Jika iPhone yang kamu hubungkan masih bisa terdeteksi di laptop atau PC, silahkan lakukan proses restore melalui iTunes. Proses ini nantinya akan membuat perangkat iPhone yang kamu miliki akan melakukan instal ulang dan akan membuat semua data yang didalamnya hilang. Proses ini akan mengembalikan iPhone ke pengaturan awal sama ketika pertama kali digunakan.

Jika sebelumnya kamu sudah melakukan proses backup, maka setelah proses restore melalui iTunes kamu tinggal melakukan backup saja.

3. Restore dengan Recovery Mode

Cara terakhir yang kami rekomendasikan jika cara pertama dan kedua juga tidak berhasil mengatasi masalah stuck tersebut adalah menggunakan Recovery Mode. Proses ini dilakukan sebelum melakukan restore melalui iTunes. Berikut ini cara untuk melakukan Recovery Mode:

  • iPhone dengan Home Button: Tekan dan tahan Power + Home Button. Hubungkan kabel data ke iTunes, lepas tombol setelah layar menampilkan Recovery Mode.
  • iPhone 7, iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan Power Button dan Volume Down. Hubungkan kabel data ke iTunes, lepas tombol setelah layar menampilkan Recovery Mode.
  • iPhone 8 atau yang lebih baru: Tekan dan lepas Volume Up, tekan dan lepas Volume Down, tekan Side Button. Hubungkan kabel data ke iTunes, lepas tombol setelah layar menampilkan Recovery Mode.

Setelah masuk dalam Recovery Mode, akan ada notifikasi yang ditampilan oleh iTunes. Jika sudah tampil, silahkan kamu menggunakan mode Restore dan secara otomatis perangkat iPhone yang kamu gunakan akan melakukan proses instal ulang.

Proses restore ini membutuhkan koneksi internet pada perangkat laptop atau PC yang digunakan karena proses ini akan mengunduh iOS terbaru yang sesuai dengan perangkat iPhone yang mengalami stuck.

Apabila ketiga cara diatas telah kamu lakukan dan masalah stuck pada logo Apple masih terjadi pada perangkat iPhone yang kamu gunakan, berarti permasalahan tersebut bisa jadi disebabkan oleh hardware yang mengalami kerusakan. Misalnya saja baterainya mungkin mengembung ataukan mesin yang sudah rusak.

Agar kamu bisa memastikannya, silahkan bawa perangkat iPhone yang kamu miliki ke Apple Store, Apple Authorized Service Provider atau teknisi repair iPhone terpercaya di tempat kamu.

Itulah sedikit informasi dari infomastah yang bisa kamu lakukan jika mengalami stuck pada logo Apple. Semoga bermanfaat yah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of