Hilangnya sinyal HP Andorid secara tiba – tiba merupakan salah satu masalah menjengkelkan yang terkadang kita alami. Kita tahu bahwa sinyal operator pada sebuah ponsel atau HP sangat penting, pasalnya jika tidak memilikinya maka akan sangat susah untuk bisa mendapatkan akses internet.

Kita juga tahu, kebutuhan akan penggunaan internat saat ini sangat besar. Sehingga memiliki peran yang sangat penting bagi kita, namun masih ada beberapa pengguna yang merasa sering mendapatkan masalah tersebut.

Hal ini tentu bisa terjadi karena beberapa faktor penyebabnya, seperti diluar jangkauan pemancar sinyal, cuaca yang kurang mendukung, terjadi masalah pada keruasakan hardware Hp, adanya perbaikan pada jaringan oprator, karena kesalahan dari proses flasing dan lain sebagainya.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa memperbaiki sinyal HP Android yang sering hilang masih dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Lantas bagaimana caranya? Mari simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Sinyal Yang Sering Hilang

1. Reboot atau Restart HP

Hal paling mudah yang dapat Anda coba mengembalikan sinyal HP Android yang hilang yakni dengan cara restart HP. Cara ini merupakan paling umum yang bisa Anda lakukan dan menjadi cara efektif untuk mengatasi sinyal HP hilang.

Mengapa restart HP dapat mengatasinya?

Karena dengan Anda melakukan restart itu sama saja akan mengembalikan HP ke kondisi semula. Sehingga masalah ini bisa hilang, termasuk mengatasi sinyal HP hilang.

2. Mode Pesawat (Airplane Mode)

Cara kedua yang dapat Anda coba yaitu menggunakan mode pesawat. Pengaktifannya cukup mudah dan semua HP Android memiliki mode pesawat.

Dengan Anda mengaktifkan mode pesawat dan kemudian matikan kembali mode tersebut, maka bisa mengatasi sinyal HP yang hilang tadi. Hal ini, dikarenakan bisa membuat smartphone Anda mencari server jaringan lebih baik.

3. Disable SIM + Restart

Berdasarkan pengalaman, cara ini adalah metode paling ampuh yang pernah saya lakukan. Caranya hanya dengan menonaktifkan (disable) slot SIM Card provider jaringan yang bermasalah.

Kemudian lakukan restart ponsel anda lalu aktifkan kembali slot SIM Card tersebut. Anda juga bisa menggunakan mode pesawat sebagai alternatif menonaktifkan slot SIM Card.

Kenapa bukan cara ini saja yang dijelaskan daripada kedua poin di atas?

Karena saya pernah mengalami SIM Card tiba – tiba tidak terbaca (SIM Card Error) dan rusak, yang entah disebabkan oleh apa. Sehingga saya harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke Service Center SIM Card tersebut.

4. Mencari Jaringan Secara Manual

Cara berikutnya yang bisa Anda  coba untuk mengatasi sinyal HP hilang yaitu dengan mencari jaringan secara manual. Disini perlu Anda ketahui bahwa, semua jenis atau tipa smartphone memiliki dua cara untuk mencari jaringan, yakni dengan cara otomatis maupun manual.

Umumnya pada setiap smartphone akan menjalankan setting otomatis ketikan melakukan pencarian jaringan. Anda bisa pergi ke menu Settings >> Jaringan/Network >> pilih Mobile Networks.

Disitu adalah letak pengaturan yang bisa Anda temukan. Namun ada beberapa smartphone mungkin berbeda pada letak pengaturannya, jadi Anda bisa sesuaikan sendiri.

Setting atau pengaturan ini memang sangat sederhana karena device mampu mencari jaringan secara otomatis dan akan menyesuaikan titik koordinat dari smartphone Anda.

Tetapi, itu bukan berarti jaringan tersebut langsung mendapatkan sinyal bagus. Namun kadang setting yang dibuat bisa bermasalah dan bisa menghasilkan sinyal HP kurang stabil. Jika hal tersebut yang terjadi, maka Anda dapat mengganti setting pencarian jaringan dari otomatis menjadi manual.

5. Hubungi CS Operator Jaringan

Adapun satu penyebab hilangnya sinyal HP yaitu terjadi beberapa gangguan pada operator seluler yang kita pakai. Untuk Anda yang sudah mencoba beberapa cara di atas, tetapi belum dapat mengatasi masalahnya, maka Anda dapat mencoba menghubungi customer service operator dan tanyakan permasalahan sinyal yang sedang Anda alami.

Mungkin bisa jadi penyebab sinyal hilang bukan diakibatkan karena adanya masalah atau kerusakan di smartphone Anda. Namun kadang sinyal HP sering hilang bisa juga diakibatkan dari masalah jaringan operator.

Terlebih ketikan Anda tinggal di daerah pedesaan yang mana sangat minim insfrastuktur, jadi disni Anda harus cermat untuk memilih operator seluler dengan jaringan yang kuat di daerah tersebut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of