Kali ini infomastah akan membahas mengenai cara mengaktifkan dark mode di iPhone. Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan pada iOS 13 yang merupakan sistem operasi terbaru iPhone adalah dark mode atau modus gelap. Mode ini dapat diaktifkan pada keseluruhan sistem dan beberapa aplikasi yang mendukungnya.

Sebenarnya mode gelap ini ditujukan pada pengguna yang tidak suka dengan tampilan yang terang karena menyilaukan, terlebih ketika digunakan pada malam hari. Banyak orang yang gemar menggunakan fitur ini karena memang suka tampilan yang terlihat lebih gahar. Namun, alasan yang paling utama adalah karena masalah kesehatan mata, karena cahaya yang dihasilkan ketika menggunakan mode ini lebih sedikit dibandingkan mode normal.

Selain lebih menyehatkan mata, manfaat lainnya adalah lebih menghemat penggunaan baterai, di mana tampilan OLED sebenarnya bisa memanfaatkan dark mode yang bisa menghemat daya iPhone.

Pada layar OLED setiap pikselnya memiliki cahaya tersendiri, sehingga pada mode gelap pada dasarnya mematikan cahayanya. Lebih sedikit cahaya yang digunakan maka lebih sedikit pula energi yang digunakan, sehingga baterai akan menjadi lebih hemat.

Nah, jika kamu adalah pengguna iPhone dan belum tahu bagaimana cara mengaktifkan dark mode iPhone, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti agar bisa ikut merasakan bagaimana tampilan Dark Mode dari iPhone.

cara mengaktifkan dark mode iphone

Cara Mengaktifkan Dark Mode iPhone

  1. Pertama, silahkan pilih Control Center.
  2. Lalu Tap dan tahan slider Brightness.
  3. Setelah itu tap toggle Mode Gelap pada bagian sudut kiri bawah layar.
  4. Toggle akan berubah menjadi putih ketika Dark Mode sudah dalam keadaan aktif.
  5. Jika kamu inginamengembalikannya ke mode normal, kamu bisa mengulang proses tersebut.

Cara Mengaktifkan Dark Mode iPhone Lewat Pengaturan iOS

  1. Silahkan masuk ke menu Settings pada iPhone yang kamu gunakan.
  2. Kemudian pilih Screen & Brightness.
  3. Lalu tap Dark.
  4. Jika ingin mengembalikan ke mode normal atau Light Mode kamu tinggal mengulang prosesnya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode iPhone iOS Secara Otomatis

Jika kamu suka menggunakan paduan mode Ligt dan Dark pada iPhone, misalnya menggunakan Light Mode pada siang hari dan Dark Mode pada malam hari. Maka kamu bisa mengatur Dark Mode secara otomatis.

Kamu bisa menggunakan pengaturan untuk menyesuaiakan jadwal kapan penggunaan kedua mode ini. Pengaturan bisa kamu tetapkan berdasarkan waktu terbit dan terbenam matahari, dimana iPhone akan dengan otomatis berubah ke mode Light atau Dark.

  1. Silahkan buka menu Settings.
  2. Lalu, pilih Display & Brightness.
  3. Setelah itu, tap toogle Automatic untuk mengaktifkan pengaturan otomatisnya.
  4. Tap Options
  5. Pilih antara Sunset to Sunrise, atau Custom Schedule
  6. Jika kamu ingin mengembalikan ke pengaturan awal dan mematikan Dark Mode, silahkan ulangi langkah sebelumnya.

Nah, itulah cara mengaktifkan Dark Mode iPhone yang bisa kamu lakukan. Mode ini sangat cocok digunakan pada kondisi minim cahaya, sehingga cahaya yang dihasilkan iPhone tidak menyilaukan mata dan juga lebih menghemat penggunaan baterainya.

Informasi ini ditujukan bagi pengguna iPhone yang sudah menggunakan iOS 13. Jika belum kamu bisa melakukan update terlebih dahulu pada sitem iOS yang digunakan iPhone kamu. Dengan mode ini, tampilan iPhone memang sedikit lebih gahar dan memiliki tampilan yang lebih baru karena iPhone dari dulu identik dengan tampilannya yang cerah.

Terimakasih sudah menyimak postingan dari kami kali ini, semoga setiap yang mencobanya bisa berhasil mengubah mode sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of