InfoMastah akan mengulas mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur assistivetouch di iPhone. Apple memiliki salah satu fitur penunjang yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menggunakan perangkatnya. Fitur tersebut adalah AssistiveTouch yang memiliki salah satu fungsi untuk memunculkan tombol Home.

Apple memang salah satu perusahaan smartphone yang sangat memperhatikan kenyamanan bagi setiap penggunanya dengan menghadirkan berbagai macam fitur yang menarik pada sistem operasi perangkat selulernya, yakni iOS.

iOS merupakan sistem operasi yang cukup efektif dan efisien dalam penggunannya. Sistem operasi ini memiliki berbagai macam fitur tambahan yang sangat berguna bagi penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah AssistiveTouch.

Fitur AssistiveTouch ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari dan mengatur pengaturan tertentu pada iPhone yang digunakan. Misalnya saja Volume, Rotasi Layar, Kunci Layar, dan lainnya.

Fitur ini bisa dijadikan sebagai alternatif navigasi, diantaranya adalah bisa digunakan untuk kembali ke halaman layar utama (Home screen), mengambil screenshot tampilan layar, serta membuka pusat pemberitahuan.

cara mengaktifkan fitur assistivetouch iPhone

Cara Mengaktifkan Fitur AssistiveTouch di iPhone

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu Settings.
  2. Kemudian pilih opsi General.
  3. Berikutnya masuk ke opsi Accessibility.
  4. Lalu kamu tinggal memilih AssistiveTouch atau Accessibility Shortcut.
  5. Terakhir, pastikan jika tombol AssistiveTouch sudah dalam keadaan hidup.

 Fungsi AssistiveTouch untuk menggantikan gerakan

AssistiveTouch juga memberikan kemudahan akses menu dan kontrol yang memerlukan gerakan pada layar seperti:

  • Pusat Kontrol
  • Pusat Pemberitahuan
  • Spotlight
  • Utama
  • Pengalih App
  • Ucapkan Layar

Fungsi AssistiveTouch untuk menggantikan penekanan tombol

AsistiveTouch akan memerikan kamu kemudahan akses ke fungsi yang biasanya harus dikontrol dengan menggunakan tombol fisik atau memindahkan perangkat. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan setelah mengaktifkan lakukan:

  • Mengaktifkan Pintasan Aksesibilitas
  • Mengunci layar
  • Menyesuaikan volume
  • Memanggil Siri
  • Memulai ulang perangkat
  • Mengambil jepretan layar
  • Menyimulasikan gerakan mengguncang perangkat

Selain menggunakan cara diatas, ada juga cara alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch yakni melalui asisten virtual Siri. Caranya, pengguna hanya perlu membuka Siri, lalu berikan perintah suara “Turn on AssistiveTouch”.

Jika opsi Accessibility Shortcut aktif, pengguna juga bisa melakukan pengaktifkan atau penonaktifan fitur AssistiveTouch dengan menekan tombol samping sebanyak 3 kali (cara ini berfungsi pada perangkat iPhone X atau versi iPhone yang lebih baru).

Sedangkan untuk pengguna iPhone lama, yang perangkatnya masih disertai dengan tombol Home bisa mengaktifkan dengan menekan tombol Home tersebut dengan jumlah yang sama (tiga kali).

Setelah fitur AssistiveTouch berhasil diaktifkan, kamu akan melihat ada tombol melayang pada layar. Tombol tersebut dapat kamu geser sesuka hati. Jika tombol tersebut di tekan maka akan muncul menu pilihan, termasuk tombol home salah satunya.

Menggunakan tindakan khusus di Fitur AssistiveTouch

Kamu juga bisa menambahkan tindakan khusus pada fitur ini, misalnya memilih tindakan apa yang akan terjadi pada saat AssistiveTouch di ketuk sekali, ketuk dua kali, atau tekan lama tombol, caranya dibawah ini:

  1. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh, lalu pilih AssistiveTouch.
  2. Pada bagian bawah judul Tindakan Khusus, pilih Ketuk Sekali, Ketuk Dua Kali, atau Tekan Lama.
  3. Pilih tindakan dari daftar untuk ditetapkan ke gerakan, misalnya pada saat ketuk dua kali maka iPhone akan mengambil screenshot tampilan layar.
  4. Gunakan tombol AssistiveTouch untuk kembali ke Pengaturan.

Kamu juga bisa menyesuaikan berapa lama waktu tindakan dapat melakukan ketuk dua kali, atau berapa lama tombol harus ditahan untuk tekan lama agar tindakan yang dipilih berfungsi.

Jika kamu menggunakan iPhone 6s atau iPhone 6s Plus, pengguna juga akan bisa menggunakan fitur 3D Touch yang dimilikinya masuk dalam fitur AssistiveTouch ini. Dalam hal ini, pengguna bisa mengatur sendiri mengenai aksi yang akan diterapkannya.

Demikianlah sedikit informasi dari kami mengenai cara mengaktifkan fitur assistiveTouch di iPhone. Semoga bermanfaat dan bisa berhasil kamu lakukan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of