Apakah di HP anda ada fitur NFC? Kalau ada, tentunya anda penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur NFC tersebut di HP Android supaya bisa untuk anda gunakan.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. NFC ini merupakan suatu konektifitas yang memiliki fungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan atau menyinggungkan dua perangkat tersebut.

Fitur NFC
Fitur NFC

Akan tetapi jarak kedua perangkat tersebut tidak bisa jauh, hanya dalam beberapa centi meter saja. Seperti misal, handphone dengan NFC mentransfer data berupa gambar, kontak, musik, video atau yang lainnya ke handphone lain yang juga memiliki NFC.

Cara kerja dari NFC ini hampir mirip dengan Bluetooth. Hanya saja proses transfer menggunakan NFC ini lebih terbebas dari gangguan dan tentunya sangat lancar. Handphone dengan NFC sudah banyak beredar dan ada dimana mana.

Umumnya, handphone yang memiliki NFC ini merupakan sebuah smartphone kelas atas. Sementara untuk handphone dengan kelas menengah ada yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC dan ada juga yang belum dilengkapi.

Untuk mengetahui handphone anda sudah didukung dengan NFC atau tidak, kita dapat mengecek pada bagian belakang handphone.

Untuk beberapa seri handphone, tulisan NFC akan muncul di bagian tempat menyimpan baterai. Kalau tidak ada, dapat melakukan pengecekan spesifikasi handphone dari situs tempat handphone di produksi.

Seperti yang akan kita bahas kali ini adalah cara mengaktifkan NFC pada handphone Android. Penasaran? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Mengaktifkan NFC di Hp Android

Terdapat dua cara untuk mengaktifkan NFC di handphone Android. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara 1 – Cek di Pengaturan

Cara yang pertama adalah dengan mengeceknya di pengaturan yang ada di handphone kita. Langkah langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan yang ada di handphone kita
  • Pilihlah More Settings atau Pengaturan Lainnya
  • Pada bagian Pengaturan lainnya, kita akan menjumpai pilihan NFC
  • Untuk beberapa merk handphone Android, pilihan NFC ini ada pada bagian Pengaturan Jaringan atau Networks
  • Masuklah ke bagian Berbagi & Hubungkan atau Share & Connect
  • Setelah itu aktifkan NFC dengan cara menggeser ke posisi On

Inilah cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan NFC di handphone Android. Cara ini sangat efektif dan dapat dengan mudah di praktekkan di rumah.

Secara otomatis, NFC di handphone kita akan langsung aktif dan dapat langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara 2 – Aktifkan NFC pada Shortcut

Cara yang kedua ini lebih mudah dan praktis serta cepat dibanding dengan cara yang pertama yaitu dengan langsung menyalakan NFC pada shortcut yang ada pada bagian atas layar smartphone yang satu posisi dengan pengaturan untuk menyalakan Mobile Data, Bluetooth dan juga WiFi serta lainnya.

Opsi NFC
Opsi NFC di Ponsel Android

Caranya adalah dengan melakukan scroll ke bawah dan temukan menu NFC. Pilih dan pilihlah petunjuk sesuai dengan yang kita inginkan. Disana sudah sangat jelas dan dapat dipahami dengan baik.

Secara otomatis, NFC pada handphone Android kita akan langsung aktif dan dapat segera digunakan.

Final Words

Itulah beberapa cara dalam mengaktifkan NFC pada handphone Android. NFC ini tidak hanya dapat digunakan untuk mentransfer data antar perangkat handphone saja.

NFC juga dapat memiliki fungsi lainnya sebagai salah satu alat pembayaran, mengakses gerbang kereta, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, akses transportasi dan masih banyak yang lainnya.

Untuk beberapa merk handphone mungkin memiliki cara yang berbeda dalam mengaktifkan fitur NFC ini. Namun cara diatas dapat dipakai dan dipraktekan langsung untuk kebanyakan merk handphone Android. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of