Setelah sebelumnya dibahas mengenai cara rekam layar iPhone, kali ini infomastah akan mengulas mengenai cara mengambil screenshot di iPhone yang bisa kamu gunakan pada beberapa perangkan iPhone.

Fitur pengambilan screenshot ini adalah salah satu fitur yang cukup berguna sama halnya dengan rekam layar. Namun, kehadiran fitur seperti ini masih sangat jarang diketahui kehadirannya utamanya bagi yang menggunakan iPhone.

Tak jarang, ketika sedang melakukan aktivitas di iPhone, kita ingin mengambil gambar tampilan layar iPhone yang digunakan. Baik itu aktivitas chat, ataupun ada gambar yang disenangi pada saat browsing atau membuka social media dan ingin memperlihatkannya kepada orang lain. Cara ini juga sangat efektif jika kita ingin memperlihatkan chat yang panjang kepada orang lain, karena tinggal screenshot lalu mengirimkannya. 

Nah, kegiatan tersebutlah yang dikenal dengan screenshot atau biasa juga dikatakan screen capture. Saat ini hampir semua smartphone sudah menyediakan fitur tersebut. Namun, untuk cara mengambil screenshot di iPhone dan di smartphone lain pastinya berbeda-beda. 

Nah, pada postingan kali ini akan diberikan bagaimana cara mengambil screenshot di iPhone 6, 6s, 5, 5s, dan 7. Bagi kamu yang sudah pernah menggunakan smartphone lain sebelumnya mungkin tidak akan kerepotan. Namun, bagi kamu yang memang belum tahu mengenai cara mengambil screenshot atau jepretan layar di iPhone karena merupakan pengguna baru maka cara berikut ini ada baiknya kamu simak dengan baik.

2 Cara mengambil screenshot di iPhone

1. Kombinasi Tombol Home dan Power

Cara mengambil screenshot iPhone sangat mudah cukup dengan mengkombinasikan tombol Home dan Power yang ditekan secara bersamaan. Setelah kamu tekan beberapa saat, akan terdengar bunyi jepretan dan layar berkedip putih. Gambar hasil screenshot tersebut akan langsung tersimpan pada aplikasi Photo bagian Camera Roll dan album Screenshot pada iPhone yang kamu miliki.

Namun, penggunaan tombol Home dan Power untuk mengambil screenshot atau jepretan layar dirasa kurang praktis. Selain itu, kedua tombol tersebut juga lama kelamaan akan rusak jika terlalu sering digunakan, sehingga ketika ingin mengambil screenshot lagi sudah sulit dilakukan.

2. Memanfaatkan fitur AssistiveTouch

Selain cara sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan cara screenshot layar iPhone dengan fitur AssistiveTouch yang sudah disediakan oleh Apple. Cara ini dirasa lebih praktis dilakukan karena hanya perlu menekan saja tombol yang ada dilayar. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu tinggal mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengunjungi Pengaturan > Aksesbilitas  > Sentuh > AssistiveTouch.

Setelah fitur AssistiveTouch berhasil diaktifkan, kamu akan melihat ada sebuah lingkaran kecil berwarna putih melayang yang bisa kamu pindahkan kemanapun pada bagian layar. Selanjutnya kamu tinggal menekan tombol tersebut lalu pilih Perangkat > Lainnya > Jepretan Layar

Pada fitur AssistiveTouch ini kamu juga bisa melakukan pengaturan sesuai dengan dengan tindakan khusus, misalnya ketika kamu mengetuk AssistiveTouch 1 kali akan membuka menu, ketuk 2 kali kunci layar, dan tekan lama akan melakukan screenshot layar. 

Nah, ketika sudah mengatur AssistiveTouch sesuai tindakan tersebut kamu tinggal menekan lama dan layar akan di screenshot secara otomatis. Dengan hadirnya fitur ini meskipun tombol Power atau Home sedang bermasalah kamu tetap bisa mengambil screenshot layar pada iPhone. 

Itulah beberapa cara screenshot di iPhone yang bisa kamu gunakan. Bagaimana sangat mudah kan? pastinya cara ini akan sangat berguna dan memudahkan bagi kamu yang menggunakan iPhone. Terimakasih sudah menyimak postingan kami kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of