Ketika handphone android mengalami masalah pada saat download aplikasi pada play store gagal atau tertunda tanpa diketahui masalahnya, anda bisa mengatasinya dengan cara yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Handphone android yang dibuat dengan teknologi secanggih apapun pasti tidak lupa dengan suatu masalah. Salah satu penyebab tertunda pada saat mendownload di playstore yaitu dikarenakan internet yang lemot.

Kemungkinan penyebab lainnya yaitu karena aplikasi yang terlalu besar dan handphone Anda tidak cukup untuk menampung. Selain itu juga mungkin ada aplikasi lain yang harus di upgrade secara otomatis sehingga aplikasi yang Anda download menjadi tertunda.

Lantai bagaimana cara mengatasi downlaod tertunda pada playstore? Di bawah ini ada beberapa cara mengatasinya agar hal demikian tidak terulang kembali. Langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

Mengatasi Download Error di Play Store

1. Update Play Store Versi Terbaru

Download tertunda pada playstore mungkin juga disebabkan karena play store yang digunakan merupakan versi lama. Sehigga kadangkala akan terjadi seperti bug atau kesalahan dari system.

Maka dari itu Anda perlu mengupdate ke versi terbaru agar play store dapat digunakan dengan lancar. Cara update play store ke versi terbaru yaitu :

  • Cara yang pertama yaitu dengan mengklik ikon 3 garis yang ada pada pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih menu settings lalu scroll ke bawah sampai menemukan About.
  • Disitu Anda sudah bisa melihat versi play store yang Anda miliki. Untuk update play store caranya cukup dengan mengetuk hingga berkali-kali sampai muncul pilihan update.
Update Google Play Store
Update Google Play Store

2. Membersihkan Sampah atau Cache pada Play Store

Semua aplikasi yang Anda pakai pasti akan menyisakan sampah atau cache yang membuat system menjadi error. Bahkan dengan banyaknya sampah atau cache yang ada kadangkala aplikasi menjadi tidak bisa digunakan.

Cara membersihkan sampah aplikasi yaitu sebagai berikut :

  • Masuk ke menu setting pada handphone Anda. Kemudian pilih My Aplikasi atau Aplikasi Anda.
  • Nanti di dalam My Aplikasi tersebut akan ada banyak aplikasi yang ada di handphone Anda.
  • Kemudian Anda cari aplikasi Google Play Store. Tinggal di klik aja nanti akan muncul rincian penggunaan google play store.
Aplikasi Google Play Store
Aplikasi Google Play Store
  • Scroll ke bawah kemudian pilih clear data dan juga clear cache.
  • Selesai
Tombol Clear Cache dan Clear Data aplikasi Play Store
Tombol Clear Cache dan Clear Data aplikasi Play Store

3. Mengubah Pengaturan Koneksi Download pada Play Store

Mungkin saja download tertunda pada play store juga dikarenakan kesalahan Anda sendiri. Mungkin Anda lupa mengatur koneksi pada play store. Dimana sebelumnya anda menggunakan paket data.

Namun ketika akan mendownload, anda memakai WiFi sehingga aplikasi yang Anda unduh menjadi tertunda karena Anda masih memakai pengaturan download menggunakan paket data. Cara mengatasinya yaitu sebagai berikut :

  • Install ulang aplikasi yang diinginkan.
  • Kemudian pada saat selesai menekan install nanti akan muncul pop up kemudian Anda tinggal centang saja Download Using WiFi Only.
  • Setelah itu klik proceed dan aplikasi Anda sedang dalam tahap mendownload.
Mengubah Koneksi Download
Mengubah Koneksi Download

4. Memeriksa Kapasitas Penyimpanan Handphone Anda

Download tertunda juga bisa disebabkan oleh kapasitas penyimpanan yang sudah penuh. Cara mengatasinya yaitu cukup dengan menghapus file atau aplikasi lainnya yang jarang digunakan atau yang tidak dibutuhkan. Sehingga jika Anda menginginkan download aplikasi lain maka tidak lagi tertunda.

Memeriksa Kapasitas Penyimpanan
Memeriksa Kapasitas Penyimpanan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of