Handphone Xiaomi yang cukup diminati oleh banyak orang tentunya tidak jauh dari sebuah permasalahan. Contohnya saja seperti gagal mengupdate ROM handphone Xiaomi dan bagi orang awam pasti tidak paham dengan masalah ini.

Vendor Xiaomi merupakan vendor handphone yang berasal dari China. Walaupun terkadang image produk China kurang baik, tetapi keberadaan handphone Xiaomi ini sudah sangat populer di berbagai negara. Sudah ada banyak orang yang menggunakan handphone Xioami karena dinilai sangat menarik dan canggih.

Saya rasa semua merk handphone terkenal pasti akan ada update ROM dengan membawa ciri khas tersendiri dari vendornya. Semakin tinggi ROM yang Anda pakai tentu kualitas teknologi di dalam handphone Anda juga akan lebih bagus.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah gagal update ROM handphone Xiaomi? Jangan terburu-buru dibawa ke service center yah, karena setiap masalah pastinya akan ada solusi yang kemungkinan bisa diselesaikan sendiri.

Mengatasi Gagal Update ROM HP Xiaomi

1. Download File Update ROM Dengan Cara Manual

Cara yang pertama yaitu dengan mendownload ulang file update ROM secara manual. Di bawah ini terdapat cara-caranya :

  1. Sebelum mendownload ulang file update, sebaiknya Anda hapus terlebih dahulu file update yang sudah Anda download sebelumnya.
  2. Selanjutnya download update ROM Xiaomi melalui browser Anda.
  3. Langkah berikutnya yaitu Anda pilih jenis HP Xiaomi anda.
  4. Pada bagian Stable ROM, Klik tombol Download Full ROM.
  5. Jika file tersebut sudah berhasil di download kemudian ganti nama file menjadi update.zip dan masukkan file tersebut ke dalam penyimpana internal di handphone Xiaomi Anda.
  6. Selanjutnya buka aplikasi updater kemudian pilih 3 titik di sebelah kanan, lalu pilih menu.
  7. Jika sudah masuk ke dalam menu, Anda pilih paket pembaruan atau choose update package.
  8. Langkah terakhir yaitu memasukan file update.zip yang sudah Anda download tadi.
Update ROM Xiaomi Manual
Update ROM Xiaomi Manual

2. Mendownload Ulang File Update

Gagal mengupdate ROM yang bisa jadi dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil. Sehingga membuat file update tidak terdownload sampai penuh.

Caranya mengatasinya yaitu dengan mendownload ulang file update pada handphone Xiaomi Anda. Berikut cara-cara mendownload ulang file update ROM :

  1. Langkah pertama yaitu Anda harus menghapus file update yang gagal dipakai. Anda bisa masuk ke penyimpanan internal lalu cari downloaded_rom.
  2. Langkah kedua yaitu Anda download ulang file update yang kamu pilih tadi dengan internet yang sudah stabil dari sebelumnya.
  3. Tunggu hingga download selesai sampai muncul tombol reboot now atau mulai ulang sekarang. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti perintahnya saja.
Download Update Xiaomi
Download Update Xiaomi

3. Lakukan Flashing Pada Handphone Xiaomi Anda

Jika langkah diatas tidak berhasil untuk mengatasi masalah update ROM. Maka cara yang terakhir yaitu handphone Xiaomi Anda harus di flashing.

Sebelum melakukan flashing pada handphone Anda, alangkah baiknya data yang ada di dalam handphone sudah di back up terlebih dahulu.

Backup Data Xiaomi
Backup Data Xiaomi

Hal demikian untuk mencegah kehilangan data penting karena nanti ketika sudah di flash maka handphone Anda seperti keadaan semula tanpa adanya data apapun. Cara melakukan flashing cukup mudah dengan langkah – langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yaitu install MI PC Suite lalu buka aplikasi itu di PC.
  2. Kemudian sambungkan handphone Xiaomi Anda dengan aplikasi MI PC Suite.
  3. Berikutnya ekstrak ROM yang sudah Anda download.
  4. Matikan handphone Xiaomi Anda lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Lalu hubungkan handphone Xiaomi Anda ke laptop menggunakan kabel USB.
  5. Buka browser pada laptop kemudian cari file yang sudah Anda ekstrak tadi. Selanjutnya klik refresh lalu klik flash all.
  6. Tunggu sampai muncul tulisan Status The Operation Completed Succesfully.
  7. Selesai

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of