Semua handphone pasti akan bisa digunakan jika dalam keadaan baterai terisi penuh. Atau paling tidak ada sekitar 30% sampai dengan 100%. Dibawah itu mungkin baterai akan mengalami masalah seperti mudah panas, lag, dan lain sebagainya.

Setiap pembelian produk handphone pasti akan dilengkapi dengan charger. Handphone tanpa dilengkapi charger pasti akan sanagt sulit ketika akan mengisi baterai. Tidak semua handphone memiliki bentuk charger yang sama. Sehingga antara produk handphone satu dengan lainnya terkadang beda bentuk.

Handphone Android kadang kala memiliki kendala tersendiri. Mulai dari masalah fisik hingga masalah lainnya yang belum tentu terlihat. Contohnya saja handphone yang memiliki masalah tidak bisa mengecas.

Bagi orang yang tidak paham dengan teknologi mungkin akan segera memperbaikinya ke counter. Namun sebenarnya handphone yang tidak bisa di cas ini bisa diperbaiki sendiri. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan juga lebih menghemat waktu karena handphone tidak ditaruh dalam jangka waktu lama di counter.

Cara Memperbaiki HP Android Tidak Bisa Di Cas

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi handphone android yang tidak bisa dicas, saya akan membahas mengenai beberapa penyebab handphone tidak bisa dicas.

Penyebabnya yaitu bisa dikarenakan adanya aplikasi yang mengganggu system, hardware yang kurang berkualitas, atau mungkin juga karena baterai handphone sudah usang.

Untuk mengatasi masalah baterai tersebut Anda jangan langsung terburu-buru membawanya ke counter. Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi handphone android yang tidak bisa dicas.

1. Mengecek Kondisi Kabel Charger

Cara yang pertama yaitu dengan mengecek kondisi kabel charger. Agar baterai hp bisa dicas kembali maka keadaan kabel harus baik.

Jika kabel charger rusak atau mungkin ada tembaga yang menonjol keluar maka gantilah dengan yang baru. Mungkin itu menjadi salah satu penyebab handphone tidak bisa dicas.

Selain itu, tembaga yang menonjol keluar itu akan membahayakan Anda dan keluarga Anda. Bisa terjadi ledakan dan membuat rumah menjadi terbakar.

Cek Kondisi Kabel Charger
Cek Kondisi Kabel Charger

2. Mencoba Pindah Ke Stop-Kontak yang Berbeda

Jika kabel charger, kepala charger dan sebagainya tidak mengalami kendala, mungkin saja masalah terjadi karena pengaruh stop kontak yang Anda gunakan.

Salah satu caranya yaitu dengan mencoba stop kontak lain yang ada disekitar Anda. Jika stop kontak tidak ada kendala maka handphone Anda sudah bisa dicas kembali.

Lalu kalau stop kontak di sekitar Anda hanya ada satu saja, maka cobalah mengecas handphone di laptop atau pc Anda.

3. Periksa Port Charger Handphone Android Anda

Jika stop kontak dan kabel charger tidak mengalami kendala apapun, mungkin saja masalah timbul pada port charger pada handphone Anda.

Bisa jadi mungkin karena port charger handphone Anda terdapat debu. Atau mungkin juga ada masalah pada konektor yang bengkok sehingga charger dan port charger tidak terkoneksi dengan baik.

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mematikan handphone kemudian ambil benda kecil untuk membenarkan konektor yang bengkok tersebut. Jika sudah berhasil diluruskan coba mengecas kembali pasti masalah sudah terselesaikan.

4. Menggantinya Dengan Baterai yang Baru

Jika tidak ada kendala pada handphone, stop kontak dan kabel charger mungkin masalah ada di baterai itu sendiri. Jika handphone Anda telah digunakan dalam jangka waktu yang lama mungkin baterai sudah mulai usang.

Atau bisa jadi baterai mengalami kebocoran sehingga harus diganti dengan yang baru.

Jika handphone Anda memiliki jenis baterai yang tidak bisa dilepas maka serahkan masalah ini ke counter. Tetapi jika handphone Anda memiliki jenis baterai bisa dilepas maka Anda bisa membeli baterai sendiri dan disesuaikan dengan merk handphone Anda.

Cek dan Ganti Baterai HP
Cek dan Ganti Baterai HP

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of