Salah satu kendala yang biasa muncul pada iPhone adalah proses update iOS yang gagal. Update iOS adalah hal yang cukup penting karena iOS terbaru tidak hanya membawakan fitur terbaru dengan tampilan yang lebih fresh. Akan tetapi, juga membawakan sistem keamanan yang lebih baik. Untuk itu cara mengatasi iPhone gagal update iOS rasanya harus kami informasikan di postingan kali ini.

Saat ini iOS yang paling terbaru adalah iOS 13. Jika kamu mengalami masalah gagal update iOS terbaru kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut. Langsung saja simak ulasan dari infomastah dibawah ini!

cara mengatasi iphone gagal update ios

Cara Mengatasi iPhone Gagal Update iOS Terbaru

iPhone yang mengalami kegagalan pada saat melakukan update disebabkan beberapa hal. Berikut beberapa penyebab iPhone gagal update iOS dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Pastikan iPhone kamu support dengan iOS terbaru

Perlu diketahui bahwa setiap hadirnya iOS terbaru, tidak semua iPhone akan bisa menggunakannya. Ini dikarenakan setiap iOS biasanya hanya akan support dengan iPhone terbaru. Misalnya saja iPhone 6 yang hanya mendukung penggunaan iOS hingga versi 12. Jadi, ketika kamu ingin menggunakan iOS 13 pasti tidak bisa.

Jadi, kamu harus memasikan dulu apakah iPhone yang kamu gunakan support dengan versi iOS terbaru atau versi iOS yang kamu ingin gunakan. Kamu bisa melihat iPhone mana saja yang support dengan iOS terbaru dengan mengunjungi website resi Apple.

2. Menggunakan Jaringan Internet Stabil

Setiap proses update sistem pastinya akan membutuhkan koneksi internet. Terlebih jika kamu melakukan update iOS secara langsung ota melalui iPhone. Jadi kamu harus memastikan jika jaringan internet yang kamu gunakan stabil agar proses download iOS bisa lebih cepat selesai.

Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi dengan kecepatan stabil, karena jika menggunakan jaringan seluler nantinya akan membuat baterai menjadi panas jika sinyal seluler tidak stabil.

3. Menyediakan Ruang Penyimpanan yang Cukup

Sebelum memulai proses update, pastikan apakah penyimpanan data internal iPhone yang kamu gunakan masih cukup untuk menampung data sistem iOS terbaru. Setidaknya harus tersedia penyimpanan diatas ukuran permintaan iOS versi terbaru yang akan di download.

Karena pada proses update iOS ini, firmware akan didownload dan disimpan lebih dulu di iPhone sebelum dilakukan penginstalan.

4. Melakukan update iOS Secara Rutin

Update iOS harus dilakukan secara rutin, karena apabila versi iOS yang digunakan sudah tertinggal atau tidak di update beberapa versi. Misalnya, iOS terbaru saat ini iOS 13 dan kamu terakhir masih menggunakan iOS 9. Maka proses update melalui ota langsung tidak bisa dilakukan melalui iPhone.

Kamu harus menggunakan bantuan iTunes melalui PC atau Laptop. Atau menggunakan aplikasi sejenis yang bisa digunakan untuk melakukan flash iPhone.

5. Memastikan Daya Baterai Cukup

Kegagalan update iOS pada iPhone juga bisa disebabkan karena kurangnya daya baterai. Karena untuk melakukan update iOS maka dibutuhkan setidaknya baterai sekitar 20%. Untuk itu, jika baterai iPhone yang kamu gunakan kurang ada baiknya jika kamu melakukan update iOS dengan kondisi daya baterai diatas 50% agar nantinya daya baterai tidak habis pada saat proses update iOS berjalan.

Selain itu jika baterai yang kamu gunakan sudah mulai rusak, misalnya kembung. Ada baiknya jika diganti terlebih dahulu. Karena jika proses update iOS gagal ditengah jalan, bisa mengakibatkan iPhone stuck, tidak bisa masuk menu home.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi iPhone gagal update iOS terbaru. Jika kelima cara diatas sudah dilakukan sebelum melakukan update iOS, kami rasa proses updatenya akan berjalan lancar. Selamat mencoba dan semoga berhasil, terimakasih sudah menyimak postingan dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of