Kesempatan kali ini akan diulas di infomastah mengenai bagaimana cara mengatasi kamera iPhone error dengan mudah. Sebelumnya kamera DSLR sempat booming dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Sebagian besar orang bahkan berlomba-lomba untuk bisa memiliki kamera DSLR.

Namun, setelah beberapa lama tren kamera yang satu ini mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya karena kurang praktis dengan bobot yang cukup berat. Kamera DSLR pun digantikan oleh kamera mirrorless yang boleh dibilang cukup travel-friendly. Akan tetapi, kamera yang satu ini pun juga tidak cocok dengan semua orang.

Sebagian besar orang saat ini bahkan lebih memilih untuk memotret dan mengabadikan momen menggunakan kamera handphone saja. Hal ini dikarenakan lebih praktis dan saat ini kamera yang dimiliki handphone sudah tidak kalah dengan kualitas kamera yang digunakan oleh kamera DSLR dan Mirrorless.

Salah satu handphone yang banyak digunakan adalah iPhone yang terkenal dengan kualitas hasil kameranya yang sangat nyata. Meskipun menjadi pilihan banyak orang untuk memotret, tak jarang kamera iPhone mengalami beberapa masalah saat ingin digunakan. Salah satu permasalahan yang biasa dialami kamera iPhone adalah mengalami error secara tiba-tiba saat ingin digunakan mengabadikan momen.

Namun, jika kamu adalah salah satu pengguna iPhone yang juga mengalami hal tersebut. Berikut akan diberikan tips mengatasi kamera iPhone error.

Cara mengatasi kamera iphone error

6 Cara Mengatasi Kamera iPhone Error dengan Mudah

1. Tukar kamera dari belakang ke depan

Cara pertama adalah dengan menekan tombol memutar kamera dari kamera belakang ke kamera depan. Dengan cara ini, aplikasi kamera akan ter-reset. Setelah itu, coba kembalikan kamera lagi ke kamera belakang dan lihat hasilnya.

2. Tutup aplikasi kamera

Selain cara pertama, kamu juga bisa langsung menutup aplikasi kamera dengan menekan tombol home, kemudian swipe up untuk menutup aplikasi. Setelah itu, tunggu sebentar sebelum membuka aplikasi kamera lagi.

3. Restart ponsel

Jika cara sebelum juga tidak berhasil, kamu bisa merestart iPhone yang kamu gunakan agar semua sistemnya terulang dari awal.

4. Matikan fitur VoiceOver

iPhone yang mengalami error pada kamera juga biasanya disebabkan dari aktifnya fitur VoiceOver. Nah, jika fitur VoiceOver iPhone yang kamu gunakan aktif ada baiknya jika kamu nonaktifkan terlebih dahulu. Untuk menonaktifkannya kamu tinggal masuk ke menu Settings, General, Accessibility, lalu ke VoiceOver, dan matikan fungsinya.

5. Update sistem

Kemungkinkan lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya error pada kamera iPhone adalah sistem yang belum terupdate. Jadi, kamu tinggal melakukan update sistem iPhone kamu ke iOS terbaru. Dengan sistem iOS yang lebih baru, maka diharapkan bisa mengatasi permasalahan kamera.

6. Lakukan reset factory

Jika semua cara sebelumnya juga tidak membuahkan hasil, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan reset iPhone. Reset ada dua pilihan, pilihan pertama adalah reset semua settings atau menghapus semua konten dan setting sehingga iPhone yang kamu gunakan akan menjadi seperti baru beli.

Sebelum melakukan reset, disarankan agar kamu melakukan backup terlebih dahulu. Untuk memulai proses reset ini, masuklah ke menu Settings, lalu General, kemudian Reset. Jika sudah, pilih preferensi resetmu.

Nah, jika semua cara tersebut juga belum berhasil maka kemungkinan besar kamera iPhone yang kamu gunakan mengalami kerusakan hardware atau perangkat keras. Maka cara satu-satunya adalah menggantinya dengan kamera baru. 

Semoga informasi yang kami berikan diatas bisa mengatasi masalah kamera iPhone yang sering error. Termikasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of