Bagi Anda yang memiliki perangkat Xiaomi lebih baik jika memanfaatkan fitur Mi Cloud agar data tersimpan dengan baik. Tetapi jika akun Mi Cloud Anda hilang saat seluruh data perangkat tersinkronisasi dan tersimpan di sana akan berbahaya. Anda bisa mencari informasi tentang cara mengatasi lupa akun Mi Cloud sebagai solusinya.

Xiaomi merupakan salah satu merk perangkat smartphone yang popularitasnya sangat tinggi, serta mampu bersaing dengan merk lain setara. Xiaomi memiliki fitur khusus yang hanya bisa dioperasikan oleh para pengguna perangkat bawaan Xiami saja. Salah satunya Mi Cloud, fitur ini memberikan kemudahan penyimpanan dan sinkronisasi data perangkat.

2 Cara Mengatasi Lupa Akun Mi Cloud Cepat dan Mudah

Kebingungan karena lupa akun, lupa password saat hendak melakukan login atau logout tidak boleh diremehkan begitu saja. Karena orang lain bisa saja mengetahui dan melacak keberadaan akun dan perangkat Anda. Cara mengamankan satu-satunya adalah dengan mengunci, serta menjaga agar akun dan password aman tak terlupakan

Ada beragam alasan yang seringkali menjadi faktor para pengguna Xiaomi lupa akun Mi Cloudnya. Antara lain karena email atau nomor ponsel terdaftar tidak aktif. Perangkat Xiaomi masih benar-benar baru hanya dilengkapi dengan dus box dan stiker IMEI. Serta perangkat Xiaomi bekas telah menjadi akun Mi Cloud milik pengguna lain.

Alasan lainnya, yakni Anda telah keluar dari akun Mi Cloud, namun benar-benar lupa password atau username, serta kontak yang digunakan untuk mendaftar.

Pada artikel sebelumnya telah di bahas tentang cara bypass akun Mi Cloud, dan jika anda tidak berhasil maka anda bisa mencoba cara berikut ini untuk mengatasi akun Mi Cloud tersebut.

Cara 1 – Reset Akun Mi Cloud

Apabila Anda lupa akun Mi Cloud karena password atau username. Anda masih bisa menggunakan cara mudah dengan mengirim pesan lewat SMS ke nomor telepon, atau email. Namun, ketika Anda lupa akun Mi Cloud sekaligus nomor dan alamat email yang terdaftar. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan mereset akun.

  1. Buka Web Resmi

    Anda bisa memasuki laman resmi Web Xiaomi melalui browser terlebih dahulu.

  2. Ubah bahasa (opsional)

    Anda bisa menggganti pengaturan ke Bahasa Indonesia agar lebih memahami perintah dan fungsinya.

  3. Klik Kirim permohonan buka kunci

    Di sana Anda akan melihat beberapa menu yang ditampilkan secara penuh pada layar perangkat. Pilih menu Kirim permohonan buka kunci.

    Kirim permohonan buka kunci Mi Cloud

  4. Klik Submenu Kirim Permohonan Buka Kunci

    Setelah memilih menu tersebut, klik sub menu ‘Kirim Permohonan Buka Kunci’. Kemudian akan tampil sebuah peringatan.

    Permohonan Buka Kunci Mi Cloud

  5. Klik tombol Mulai

    Selanjutnya pilih dan klik tombol Mulai seperti terlihat pada gambar berikut.

    Mulai Kirim Permohonan Buka Kunci Mi

  6. Isi form dan klik tombol Berikutnya

    Saat layar menampilkan beberapa kolom, isilah sesuai dengan perintah yang ada. Kolom tersebut antara lain terdiri dari Nomor kunci atau IMEI, serta lokasi negara tempat Anda membeli perangkat. Sebaiknya Anda mengisi nomor kunci, yang bisa didapatkan saat melakukan factory reset.

  7. Memasukkan Nomor Kunci (alternatif)

    Kalau anda tidak hapal nomor IMEI Xiaomi anda, anda bisa menggunakan nomor kunci yang bisa anda dapatkan dengan mengetuk ikon gembok pada layar perangkat sebanyak 10 kali. Di bawahnya akan muncul kode yang merupakan nomor kunci Xiaomi

  8. Klik tombol Berikutnya

    Setelah Anda memasukkan nomor kunci dengan benar, maka Klik tombol ‘Berikutnya’.

    Memasukan IMEI dan Tempat Membeli HP Xiaomi

  9. Isi nomor telepon

    Selanjutnya akan ada kolom untuk verifikasi nomor telepon, masukkan nomor Anda yang sedang aktif. Kemudian tekan tombol Berikutnya.

    Masukan Nomor Telephone

  10. Input tempat pembelian Xiaomi

    Anda bisa memilih lokasi atau tempat saat membeli perangkat Xiaomi. Apabila pembelian tidak dilakukan secara online, Anda bisa memilih tulisan Distributor Lain.

  11. Upload Foto Faktur dan Box Xiaomi

    Masukkan faktur pembelian serta ungguh foto kotak kemasan perangkat Xiaomi Anda.

    Bukti Pembelian HP Xiaomi

  12. Mendapatkan Kode Verifikasi Nomor Telepon

    Isi kembali nomor telepon saat Anda telah mengisi semua form. Pilih menu ‘Peroleh Kode’ untuk melakukan verifikasi nomor telepon melalui SMS.

    Masukan Nomor Telephone Anda

  13. Masukkan Kode Verifikasi

    Ketik kode verifikasi yang Anda peroleh dan klik tombol Berikutnya, hingga terdapat pemberitahuan bahwa permintaan berhasil diajukan.

  14. Tunggu Pemberitahuan Mi Cloud

    Tunggu sesuai dengan himbauan yang tertera. Biasanya Anda akan diminta untuk menunggu 3 hari kerja hingga akun Mi Cloud berhasil dibuka.

Cara 2 – Flash Root Fastboot

Cara mengatasi lupa akun Mi Cloud kedua yakni dengan membuat akun yang baru menggunakan cara Flash Root Fast boot.

Cara ini cukup rumit, Anda perlu mempersiapkan PC dengan Windows 7 hingga 10, atau yang paling baru. Persiapkan kabel data, download ROM Fast boot MIUI 7, dan MiFlashtool.

Nantinya Anda akan melakukan pengaturan ulang untuk mengembalikan perangkat ke versi MIUI 7.

Apabila Xiaomi Anda memiliki versi lain, seperti Redi Note 3 Pro bisa memilih Global Stabel Kenzo V7.2.3.0 LHOMIDA. Anda juga bisa memilih opsi Clean all and Lock pada ujung kanan bawah fitur MiFlash.

Flashing ROM pun akan berjalan, namun berhati-hatilah saat menggunakan opsi ini untuk MIUI versi 8 Android Mashmello. Karena risikonya dapat menyebabkan nomor IMEI menghilang.

Sesuaikan aplikasi tambahan untuk Flash Root dengan versi Android pada Xiaomi

CONCLUSION

Xiaomi memiliki banyak kegunaan fitur unggulan yang mampu menyaingi beberapa smartphone paling canggih dan mewah. Kecanggihannya tersebut dapat dinikmati oleh semua pelanggan dari berbagai pelanggan karena harga Xiaomi sangat terjangkau. Salah satu fitur terbaik dari Xiaomi adalah Mi Cloud yang banyak dimanfaatkan oleh para pengguna.

Berikut kegunaan dan kelebihan fitur Mi Cloud yang selama ini dimanfaatkan oleh para pengguna Xiaomi.

  • Mi Cloud merupakan sebuah data server yang dapat menjadi ruang penyimpanan digital bagi para pengguna Xiaomi.
  • Anda bisa melakukan sinkronisasi kontak, pesan singkat, panggilan suara, catatan, hingga file-file yang tersimpan pada memori internal maupun eksternal.
  • Mi Cloud memiliki fitur UBL, atau Unlock Bootloader yang memungkinkan perangkat Xiaomi diperbarui. Caranya dengan memodifikasi beberapa bagian, seperti mengganti ROM, memasang XPOSED, TWRP, melakukan root Xiaomi, dan sebagainya. Fitur ini akan dibutuhkan ketika Anda ingin memperbarui fitur Xiaomi.
  • Mi Cloud memiliki kelebihan untuk menyimpan data agar tetap aman dan terkunci. Anda dapat memastikan bahwa data-data penting pada perangkat tidak akan hilang dengan memanfaatkan Mi Cloud. Karena fitur ini mempermudah Anda untuk mem-backup data.
  • Agar akun dan data Anda aman saat perangkat smartphone hilang, atau dicuri. Anda bisa mengunci perangkat Xiaomi dari jarak jauh jika telah memiliki akun Mi Cloud dan memanfaatkannya dengan tepat. Anda bisa meminjam perangkat Xiaomi orang lain untuk mengamankan data pribadi milik Anda.
  • Pada fitur Mi Cloud inilah, perangkat Xiaomi yang hilang juga bisa dilacak keberadaannya. Asalkan perangkat tersebut masih terhubung dengan jaringan internet. Agar data benar-benar aman, Anda bisa lakukan penguncian perangkat dari jarak jauh, kemudian melakukan pelacakan secara cepat.
  • Keamanan dan kecanggihan fitur yang ada pada Mi Cloud tersebut membuat para pengguna menikmatinya. Mereka pasti sangat kebingungan jika mengalami lupa akun Mi Cloud, atau password. Sangat berbahaya ketika Xiaomi dijual dalam kondisi bekas, sementara masih terdapat akun Mi Cloud yang masih aktif belum di logout.

Namun ternyata berbagai fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan oleh Mi Cloud akan menjadi mimpi buruk jika anda lupa akan password akun anda.

Oleh karena itu jika anda menggunakan Mi Cloud, pastikan anda mencatat detail login akun Mi Cloud anda di tempat yang aman. Selain itu, pastikan segala kelengkapan saat pembelian seperti faktur / nota, kotak box ponsel Xiaomi, dan lain sebagainya juga anda simpan dengan baik.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda, sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of