Untuk pengguna baru HP Android mungkin akan merasa bingung, bahkan kesulitan untuk mengatasi masalah RAM HP yang cepat penuh. Perlu Anda tahu, bahwa ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Bahkan sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu minta bantuan orang lain. Anda disini juga tidak harus menggunakan alat khusus untuk mengatasi masalah semacam ini.

Berkat kemajuan teknologi, hampir semua HP memiliki fitur tambahan ini sekarang. Bahkan jauh lebih mudah digunakan ketika ingin membersihkan memori RAM yang penuh. Lantas bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap dari kami disini.

Cara Mengatasi Masalah RAM HP Yang Cepat Penuh

1. Stop Aplikasi Secara Paksa (Force Close)

Cara pertama untuk mengatasi RAM HP yang cepat penuh yaitu dengan stop aplikasi secara paksa. Karena ada beberapa aplikasi yang mungkin masih berjalan pada latar belakang, bahkan ketika Anda tidak sedang menggunakannya.

Hal tersebut tentu dapat memakan ruang penyimpanan RAM jadi akan cepat penuh. Untuk Anda yang ingin menghetikan aplikasi secara paksa ikuti langkah ini.

  • Pergi ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian Anda pilih opsi Aplikasi.
  • Temukan dan klik aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang (seringnya aplikasi chat).
  • Jika telah Anda dapatkan, sekarang langsung klik di menu Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Supaya berjalan maksimal, Anda dapat juga menghapus file cache aplikasi tersebut.

2. Uninstall / Nonaktifkan Aplikasi Tidak Diperlukan

Apabila spesifikasi HP Anda masuk dalam kelas standar, maka jangan pernah instal aplikasi terlalu banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan ruang RAM cepat penuh, jadi bisa membuat kinerjanya turun.

Ada baiknya hapus / uninstall aplikasi atau yang memang tidak Anda butuhkan lagi. Untuk cukup mudah disini, ikuti langkah berikut ini.

  • Pergi ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Aplikasi.
  • Temukan dan klik aplikasi bawaan HP Anda yang mau dinonaktifkan.
  • Terakhir, Anda bisa klik pada tombol Nonaktifkan.

3. Bersihkan Cache Secara Rutin

File cache pasti disimpan dalam ruang RAM pada semua HP, apabila ini diabaikan maka file sampah tersebut dapat menumpuk dan akan membuat penuh RAM HP Anda.

Supaya hal ini tidak terjadi pada HP Anda, ada baiknya melakukan pembersihkan secara rutin. Usahakan untuk melakukan pembersihkan ini setidaknya 3 hari sekali. Anda dapat memanfaatkan fitur pabrikan atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dirasa lebih efektif karena dapat membersihkan RAM secara maksimal. Untuk melakukannya Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pergi ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Scroll ke bawah dan Anda bisa cari opsi Perawatan Perangkat / Pemeliharaan Perangkat.
  • Dengan begitu secara otomatis fitur ini segera melalukan scan dan penghapusan file sampah.

4. Menggunakan Aplikasi Booster

Cara keempat yang bisa Anda coba adalah memanfaatkan aplikasi booster. Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk memaksimalkan kinerja RAM menjadi lebih optimal.

Sistem kerjanya sangat sederhana, dimana dapat menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang, bisa menghapus cache, dan optimalkan kinerja RAM.

Dengan menggunakan ini maka ruang di RAM HP Anda bisa selalu kosong dan dapat meminimalkan masalah seperti chars, lag, lemot dan HP restart sendiri.

5. Pindahkan Beberapa Aplikasi ke SD Card

Untuk cara terakhir, dapat dikatakan tidak ada hubungannya pada ruang RAM yang cepat penuh.

Namun dengan Anda pindahkan beberapa aplikasi yang ada di memori internal ke SD Card, maka akan menjadikan ruang penyimpanan HP Anda jadi lebih bebas (kosong).

Dengan melakukan ini, dapat membuat HP Anda bekerja lebih maksimal ketika sedang menjalankan berbagai aplikasi bahkan game.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of