Saat ini, banyak pengguna ponsel Android yang mengalami masalah error pada ponsel mereka. Jenis error yang sering terjadi munculnya pesan “sayangnya android.process.media telah berhenti”. Jika HP Anda menggunakan bahasa Inggris, maka pesan yang muncul adalah “unfortunately android.process.media has stopped”. Ini tentunya masalah yang menjengkelkan. Karena error ini terus menerus muncul, walaupun sudah ditekan OK.

Mengatasi Masalah Android Process Media

Cara Mengatasi sayangnya android.process.media telah berhenti bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Hentikan Sinkronisasi Akun Google

    Jika Anda akan menggunakan email dan hal-hal yang berkaitan dengan layanan Google, Anda tentu harus melakukan sinkronisasinya terlebih dahulu bukan? salah satu cara yang sering digunakan untuk menghentikan error tersebut adalah dengan menghentikan sinkronisasi dengan cara masuk ke Pengaturan > Akun Google > Tap Remove All The Ticks

    Menu Sinkronisasi

  2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Google

    Anda dapat mencoba untuk menghapusnya. Beberapa aplikasi yang harus Anda hapus data dan cache-nya antara lain adalah Google Play Store, Google Service Frameworks, Media Storage dan Download Manager dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Tap Unduhan, kemudian cari Aplikasi Google Play Store tersebut, lalu tap Hapus Data. Lakukan cara yang sama untuk aplikasi Google lain yang telah disebutkan sebelumnya.

    Clear Data Aplikasi Android

  3. Hapus Kontak

    Satu hal lagi yang mungkin membuat ponsel Android terasa sangat berat, karena mungkin banyak nomor-nomor orang penting di kontak kita.
    Untuk itu, sebelum Anda melakukan penghapusan kontak, pastikan telah membuat cadangan/back up terlebih dahulu. Kontak-kontak ini kemungkinan mengalami error karena disinkronisasi dengan akun Google (kontaknya di simpan di Google).

  4. Menonaktifkan Penyimpanan Media

    Menonaktifkan penyimpanan media bisa anda lakukan dengan cara membuka menu Manajer aplikasi > lihat sistem > tap pada media storage > disable/non-aktifkan

  5. Reset Preferensi Aplikasi

    Jika beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi error, Anda bisa me-reset preferensi aplikasi. Mengapa? Karena bisa jadi error tersebut berhubungan dengan salah satu aplikasi yang tidak kita ketahui.
    Untuk me-reset preferensi aplikasi bisa anda lakukan dengan cara membuka Pengaturan > manajer aplikasi > pengaturan aplikasi awal > reset preferensi aplikasi.

  6. Reset Ponsel

    Mematikan dan menghidupkan kembali ponsel bisa menjadi opsi ketika ponsel Anda mengalami error. Tidak terkecuali untuk permasalahan yang satu ini. Anda perlu untuk mematikan ponsel, mencabut baterai, mencabut sim card dan mencabut memori.
    Setelah itu pasangkan kembali dan hidupkan. Coba lihat apa yang terjadi! Jika ponsel Anda masih mengalami error, maka Anda perlu melangkah ke cara selanjutnya selanjutnya.

  7. Kembali ke Pengaturan Pabrik/Factory Reset

    Nah, langkah ini adalah cara untuk mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan paling awal. Jadi, jika sudah sangat mentok dengan hal-hal yang tidak bisa diatas, maka Anda bisa mengembalikan ke pengaturan pabrik.
    Anda harus tahu, bahwa pengaturan ini akan menghilangkan semua data yang ada di ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk melakukan pencadangan data/back up terlebih dahulu. Cara untuk melakukan factory reset adalah buka Pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke pengaturan pabrik > pilih reset ulang telepon.

  8. Flash Ponsel Anda

    Flashing sendiri adalah sebuah langkah-langkah mengganti sistem operasi yang sudah ada dalam ponsel Anda, dengan sistem operasi baru. Dengan melakukan flashing ini, tentu saja error yang tadi ada akan hilang, karena sistemnya sendiri sudah diganti. Untuk tutorial flashing ini tidak bisa kami sertakan pada artikel ini, karena sangat panjang. Untuk itu, kami akan buatkan tutorial flashing lengkap pada artikel lainnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of