Infomastah – Pada postingan kali ini akan dibahas secara khusus mengenai cara mengatasi smartphone yang sering panas. Setiap pengguna smartphone pastinya pernah merasakan panas pada bagian bodi smartphonenya. Pada saat mengalami hal tersebut maka sebaiknya harus diatasi secara sigap dan cepat.

Karena smartphone yang panas ataupun sering disebut dengan istilah overheat akan membuat kinerja dan performanya menjadi lambat atau yang paling buruk bisa membuat smartphone tiba-tiba mati. Pastinya hal semacam ini akan membuat kita akan merasa kurang nyaman apalagi jika kita sedang menggunakannya untuk aktivitas seperti menonton video ataupun memainkan game.

Untuk itu pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi smartphone yang sering panas. Penasaran mengenai bagaimana caranya langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

cara mengatasi smartphone yang sering panas

5 Cara Mengatasi Smartphone yang Sering Panas

  1. Pastikan Gunakan Charger Original

Sebagian besar orang mungkin kurang memperhatikan hal ini. Terlebih jika kita sering lupa untuk membawa charger ketika bepergian baik itu ke sekolah kampus ataupun tempat lainnya. Sehingga pada saat baterai smartphone yang digunakan sudah dalam keadaan kritis maka tanpa pikir panjang kita akan meminjam charger miliki orang yang sedang berada di tempat yang sama.

Padahal tidak semua charger bisa digunakan pada perangkat smartphone yang sama. Karena setiap smartphone pastinya memiliki standar sendiri untuk penggunaan tegangan input dan outputnya. Nah ketika dipaksa kan pastinya akan berimbas pada penurunan kualitas baterai sehingga membuat smartphone yang digunakan akan sering mengalami overheat atau kelebihan panas.

Untuk itu ada baiknya jika kamu hanya menggunakan charger asli bawaan dari smartphone. Dengan charger bawaan setiap tegangan input dan output sesuai dengan standar pengisian baterai Smartphone yang kamu gunakan.

  1. Coba Lepaskan Cover Pelindung

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika smartphone yang kamu gunakan tiba-tiba mengalami panas berlebih adalah dengan membuka cover pelindung. Penggunaan cover pelindung ini memang sangat baik untuk menghindari smartphone dari goresan maupun benturan. 

Namun, jika cover yang digunakan terlalu tebal pastinya akan membuat sirkulasi udara pada perangkat akan menjadi berkurang. Jadi kamu harus memilih dengan baik cover pelindung yang akan digunakan. Usahakan untuk menggunakan cover pelindung yang tidak terlalu tebal dan masih memiliki lubang untuk sirkulasi udara.

  1. Kurangi Kecerahan Layar Dan Bersihkan Cache

Sebagian besar orang pasti lebih nyaman ketika menggunakan smartphone nya dalam keadaan layar dengan kontras yang tinggi. Namun ketika menggunakan pencahayaan yang tinggi pastinya akan menguras daya yang lebih tinggi pula. Hal ini kemudian dia lebih diperparah lagi oleh cache atau sampah yang dihasilkan pada saat kita Berselancar di Internet dan tidak pernah dihapus sehingga menumpuk.

Kedua hal tersebut yang kemudian membuat smartphone akan menjadi lambat dan gampang panas. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu menggunakan pengaturan pencahayaan otomatis. Jadi ketika kondisi cahaya sedang terang, maka kontras layar akan dikurangi dan ketika kondisi sedang minum cahaya maka kontras cahaya akan dinaikkan. Selain itu usahakan untuk menghapus cache smartphone secara rutin.

  1. Gunakan Mode Pesawat

Cara yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui bersama dan sudah banyak digunakan. Mengaktif mode pesawat memang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan suhu smartphone menjadi normal kembali.

Cara ini efektif karena semua koneksi konektivitas akan terputus baik itu jaringan operator Wi-Fi, bluetooth dan koneksi lainnya. Pada kondisi mode pesawat ini diterapkan pada saat pengisian daya maka akan mempercepat waktu pengisian daya.

  1. Matikan Ponsel

Jika keempat cara diatas sudah kalian lakukan namun smartphone yang kamu gunakan belum juga turun suhunya maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan sejenak. Dengan mematikan smartphone maka semua proses yang sedang berjalan pastinya akan berhenti sehingga temperatur akan cepat mengalami penurunan. Cara ini juga akan mengembalikan kinerja sistem kembali secara normal.

Itulah beberapa cara mengatasi smartphone yang sering panas. Suhu smartphone yang panas juga biasanya disebabkan karena penggunaan pada aktivitas berat seperti pada saat memainkan game.  Ketika memainkan game di smartphone usahakan jangan terlalu lama Jika memungkinkan istirahatkan smartphone terlebih dahulu sebelum menggunakannya lagi untuk bermain game.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of