Jika kamu adalah salah satu pengguna iPhone yang mengalami kesulitan menggunakannya karena tombol Home yang tidak berfungsi. Maka cara mengatasi tombol Home iPhone tidak berfungsi yang akan diulas pada postingan infomastah kali ini bisa menjadi alternatif sebelum memutuskan untuk membawanya ke servis senter. Kemungkinan masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara mengatasi tombol Home iPhone.

Tombol Home memang menjadi suatu tombol yang sangat rentang mengalami kerusakan. iPhone memang menggunakan tombol Home pada setiap perangkatnya, berbeda dengan sekarang yang sudah tidak memberikan tombol pada bagian depan layar karena layar HP yang digunakan sudah memenuhi bodi bagian depan. Oleh karena kelemahannya ini, setiap pengguna harus lebih berhati-hati ketika menggunakan tombol Home agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara mengatasi tombol home iPhone tidak berfungsi? Ada beberapa tips yang akan kami berikan agar kamu bisa menggunakan tombol Home dengan normal kembali, silahkan simak dibawah ini.

cara mengatasi tombol home iphone tidak berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

1. Bersihkan Tombol Home

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan tombolnya. Terkadang tombol home yang tidak berfungsi norma disebabkan karena adanya debu yang mengganjal. Untuk itu kamu bisa membersihkan tombol home dengan menggunakan kapas (cotton bud) dan cairan alkohol. Caranya kamu tinggal mencelupkan kapas, kemudian membersihkan secara perlahan sekat atau celah dari tombol supaya terbebas dari debu yang menempel.

2. Reset ke Pengaturan Pabrik

Berikutnya adalah melakukan reset ke pengaturan pabrik yang biasanya dikenal dengan istilah restore atau reset data factory. Namun, sebelum mulai menggunakan cara ini kamu harus melakukan backup terlebih dahulu agar file penting yang kamu miliki tidak hilang. Proses reset ini akan mengembalikan dan memulihkan semua kinerja sistem seperti pertama kali digunakan, seingga membuat iPhone menjadi ringan dan tidak lemot.

3. Melakukan Jailbreak

Jailbreak juga menjadi salah satu cara alternatif yang bisa kamu gunakan. Langkah ini akan sangat membantu ketergantungan dan penggunaan tombol home secara intens. Jailbreak juga akan menambah beberapa fungsi dan penggunaan tweak khususnya yang disediakan oleh Cydia. Diantara tweaknya yakni Zephyr yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan dengan gangguan tombol home.

4. Memanfaatkan Fitur AssistiveTouch

Jika beberapa cara diatas belum bisa mengatasi masalah tombol home iPhone yang tidak berfungsi, maka kamu bisa mencoba cara ini. AssistiveTouch adalah salah satu fitur di iPhone yang memberikan kemudahan. Fitur ini berupa lingkaran melayang yang dimana salah satu fungsinya sama dengan tombol home fisik. AssistiveTouch ini menyediakan fungsi serupa home, bisa juga untuk mengatur volume, mengunci layar, dan masih banyak lagi. Cara mengaktifkannya jguga cukup mudah, kamu tinggal masuk ke Pengaturan > Umum > Accessibility > Lalu aktifkan Assistive Touch.

5. Mengganti Tombol Home

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti tombol home. Besar kemungkinan tombol home iPhone yang kamu gunakan memang sudah rusak, jadi cara agar bisa berfungsi kembali adalah dengan menggantinya. Penggantian tombol home ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi Servis iPhone terdekat. Pastikan tempat servis tersebut adalah servis yang profesional dan memang sudah mendapatkan penilaian positif dari pengunjung lain.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi masalah tombol home iPhone tidak berfungsi. Mudah-mudahan setelah mencoba salah satu cara diatas, kamu sudah bisa menggunakan iPhone secara normal dan tidak mengalami kendala lagi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of