USB Flash Drive merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dan banyak yang memilikinya untuk mempermudah dalam melakukan transfer data antar perangkat PC atau bisa juga ke laptop. Kapasitas dari USB Flash Drive ini juga lebih luas dibanding dengan pendahulunya yaitu disket atau CD-R.

Semakin berkembangnya teknologi, kini USB tidak hanya dipakai untuk laptop atau PC saja, namun juga dapat dipakai untuk smartphone atau tablet Android.

Tentunya ada alat khusus yaitu sebuah USB yang dinamakan dengan USB On The Go atau yang sering kita dengar dengan sebutan OTG.

Namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan USB OTG ini. Penasaran? Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

USB OTG
USB On The Go (OTG)

Cara Menggunakan USB OTG

Sebelum masuk ke cara cara atau langkah dalam menggunakan USB OTG ini, siapkan terlebih dahulu USB OTG yang memiliki kualitas baik.

Dan karena port setiap smartphone berbeda beda, maka pada saat membeli USB OTG ini bawalah smartphone anda untuk langsung dicoba. Namun kalau anda ingin langsung mencoba USB OTG, punya teman misalnya, maka anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

Langkah – langkah Menggunakan USB OTG

  • Hubungkan USB Flash Drive ke kabel USB OTG yang sudah dikoneksikan ke perangkat kita
  • Bukalah aplikasi File Manager yang biasanya sudah tersedia di perangkat perangkat Android. Jika tidak ada aplikasi File Manager bawaan di perangkat kita, sebaiknya install terlebih dahulu di aplikasi Google Play Store. Ketikkan File Manager lalu pilih salah satu aplikasi yang menurut kita cocok untuk diunduh dan dipasang di perangkat Android kita
  • Carilah nama file USB Flash Drive kita di File Manager. Nama USB bisa saja berbeda tergantung dengan jenis perangkat yang kita gunakan. Sebagai contohnya, untuk ponsel ASUS umumnya memiliki file USB dengan nama Removable atau USBdisk1
  • Cobalah untuk membuka dan menyalin file yang terdapat di USB tersebut ke smartphone atau tablet yang akan kita gunakan
  • Setelah selesai menggunakan USB OTG, selanjutnya kita jangan langsung mencabut USB karena hal tersebut dapat membuat USB dan perangkat menjadi rusak. Caranya adalah dengan masuklah ke menu Settings yang ada di smartphone atau tablet kita lalu pilih Storage kemudia klik Unmount External Storage yang ada di bagian USB Storage dan tunggu sampai prosesnya selesai kemudian dilanjut dengan mencabut USB nya.
Variasi Jenis USB OTG
Variasi Jenis USB OTG

Final Words

Itulah beberapa langkah dalam menggunakan USB OTG di smartphone atau tablet berbasis Android. Perlu kita ingat bahwa tidak semua jenis smartphone sudah kompatibel dengan USB OTG tersebut.

Sebelum terlanjur membeli USB OTG ini, alangkah baiknya untuk mengetahui smartphone kita sudah support USB OTG atau belum.

Bagaimana caranya?

Kita dapat melihat di kotak handset atau spesifikasi yang ada di website produsen smartphone atau tablet kita. Akan terdapat logo khusus yang dapat memastikan perangkat kita sudah mendukung USB OTG atau belum.

Kita juga dapat mencari keterangan melalui berbagai situs yang telah menyediakan spesifikasi berbagai merk gadget dan apabila kita menemukan kata USB Host maka berarti perangkat kita sudah mendukung fitur ini.

Untuk yang baru dengar dengan USB OTG ini pasti belum tau juga fungsi lain yang ada padanya.

USB OTG ini memiliki fungsi lain seperti memainkan game dengan menggunakan controller, untuk menghubungkan keyboard ke perangkat Android, untuk print dokumen dari sebuah perangkat Android, untuk mengontrol sebuah kamera DSLR dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of