Setiap smartphone Android pasti sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan mulai dari Galeri, Perekam Suara, Kamera dan masih banyak lagi aplikasi bawaan yang lainnya. Dan aplikasi bawaan ini dikenal sebagai aplikasi yang sangat sulit bahkan tidak dapat untuk di uninstall walaupun kehadirannya mengganggu dan memenuhi kapasitas penyimpanan smartphone kita. Namun ternyata pernyataan itu sangat salah.

Aplikasi bawaan dapat dihapus dan dihilangkan. Dengan cara root? Tidak juga, masih ada banyak cara lain yang aman yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan.

Ini dikarenakan upaya root sebuah handphone dapat menyebabkan efek efek yang merugikan sampai pada merusak smartphone kita loh.

Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu cara untuk menghapus aplikasi bawaan yang terdapat di handphone Android kita. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android

Untuk menghilangkan dan menghapus aplikasi bawaan Android bisa anda lakukan dengan cara dan langkah – langkah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan yang sudah terdapat pada smartphone Android kita
  • Scroll dan klik pada opsi Keamanan dan Privasi
  • Pilih opsi tentang Administrator Perangkat
  • Setelah memilih menu Administrator Perangkat atau Device Administrator, disini kita akan ditampilkan daftar beberapa aplikasi yang sudah kita beri ijin dan mana saja yang akan di uninstall atau di hapus oleh kita
  • Klik pada Aplikasi ‘Yang Akan Dihapus’ dan silahkan untuk menghilangkan centang agar dapat menonaktifkan izin dari aplikasi tersebut agar dapat dengan mudah untuk menghapusnya
  • Setelah berhasil Menonaktifkan Aplikasi pada Device Administrator adalah kembali ke menu Manajemen Aplikasi
  • Disini, kita akan melihat semua aplikasi yang sudah terinstall di Android kita dan carilah aplikasi yang hendak kita hapus
  • Jika sudah berhasil ditemukan, pilihlah opsi Hapus Intalasi atau bisa juga dengan klik Paksa Berhenti terlebih dahulu baru memilih Hapus Instalasi
  • Proses penghapusan akan selesai dan aplikasi bawaan yang menggangu sudah hilang

Cara diatas dapat kita praktekkan secara langsung dan sangat mudah diaplikasikan. Aplikasi bawaan yang mengganggu anda akan terhapus dan memori penyimpanan pun menjadi lebih longgar.

Final Words

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan aplikasi bawaan yang ada di handphone Android kita. Cara cara diatas dapat dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Akan lebih baik jika menggunakan cara pertama yang lebih aman dan tidak terlalu ribet.

Hanya dengan memanfaatkan pengaturan yang ada maka semua masalah akan beres. Tidak perlu memindah berkas dan file kesana kemari, aplikasi bawaan yang menggangu akan dapt dihapus secara permanen. Sedikit tips untuk menghilangkan aplikasi bawaan adalah dengan menyeleksinya terlebih dahulu.

Karena masih banyak orang yang ceroboh menghapus semua aplikasi bawaan sehingga tidak memperhatikan mana aplikasi bawaan yang penting yang menunjang aktivitas dari Android. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of