Smartphone Samsung merupakan salah satu merk handphone android yang cukup besar dan bahkan menjadi yang terbesar di dunia. Dan semua orang pasti mengenal dengan HP merk Samsung ini? Semua orang pasti sudah mengenalnya, karena dengan kepopuleran yang dimiliki smartphone tersebut Samsung menjadi salah satu handphone pintar yang menarik perhatian semua orang.

Berbicara tentang Smartphone khususnya Samsung, maka tidak lengkap rasanya jika sebuah smartphone android tidak dimanfaatkan untuk melakukan hal – hal yang berkaitan dengan kuota atau paket internet. Memang, jika zaman dahulu kita cukup dengan menggunakan pulsa untuk melakukan komunikasi ya sobat, akan tetapi sekarang kita telah masuk pada zaman dimana smartphone yang semuanya menggunakan paket data internet.  Meskipun pada saat ini jaringan 4G LTE sudah diperluas, tetapi masih ada beberapa daerah yang masih kurang stabil untuk jaringan internet nya misalnya jaringan sering beralih sendiri dari 4G LTE ke jaringan 3.5G H+ atau sebaliknya.

Memiliki jaringan yang tidak stabil memang cukup menjengkelkan. Selain bisa menghambat akses ke internet, jaringan yang loncat-loncat bisa membuat baterai perangkat menjadi cepat habis. Namun untungnya, kamu yang menggunakan perangkat Android, kamu bisa mengunci jaringan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk perangkat dengan sistem operasi yang jadul, Anda bahkan bisa mengaturnya melalui halaman Settings, kemudian masuk ke menu Cellular Network.

Dan pada beberapa perangkat baru pun, seperti perangkat buatan ASUS atau Xiaomi, kamu hanya perlu menggunakan kode dial *#*#4636#*#* untuk menampilkan device info, guna mengunci jaringan ke jaringan yang diharapkan. Namun hal ini sangat berbeda dengan perangkat-perangkat Samsung. Meskipun pada perangkat lama kamu bisa menggunakan metode yang sama, tetapi untuk perangkat baru kamu tidak bisa menggunakan kode dial untuk mengunci jaringan.

Lock Sinyal HP Samsung 4G LTE Only

Tentu saja, mode tersebut dinonaktifkan oleh Samsung, sehingga kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Secara lebih detail, kamu bisa mengikuti ulasan cara mengunci sinyal di jaringan 4G untuk perangkat Samsung berikut ini.

Cara Mengunci Sinyal di Jaringan 4G HP Samsung Tanpa Root

  1. Pertama-tama kamu bisa mengunduh terlebih dulu aplikasi untuk mengunci jaringan dari pihak ketiga melalui Google Play Store
  2. Dalam hal ini, saya menggunakan aplikasi gratis bernama Force LTE Only
  3. Jika telah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut, kemudian pilih Skip di pojok kiri bawah dan kemudian pilih opsi I ALREADY READ pada pop up info bagi pengguna baru
  4. Selanjutnya, pilih tombol LTE|3G|2G SETTINGS di bagian tengah layar
  5. Jika sudah masuk ke halaman Device Info, ubah Set Preferred Network Type dengan mengetuk opsi di bawahnya
  6. Selanjutnya, jika muncul banyak pilihan, pilih LTE Only untuk mengunci di jaringan 4G
  7. Tunggu sebentar, maka perangkat akan terkunci di jaringan 4G secara otomatis

CLOSING

Perlu diperhatikan, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat-perangkat Samsung yang mendukung jaringan 4G saja. Jadi jangan dicoba untuk mengunci jaringan 4G pada perangkat-perangkat yang tidak mendukungnya.

Selain itu, pengaturan ini juga dapat hilang saat ponsel Samsung yang Anda gunakan mati atau direstart. Jadi, Anda perlu mengaturnya kembali saat smartphone telah hidup kembali saat ingin mengunci di jaringan 4G lagi.

Sedangkan untuk mengembalikan jaringan di perangkat Samsung yang kamu gunakan ke pengaturan awal, kamu  bisa melakukannya dengan mengikuti cara yang telah dijabarkan sebelumnya atau dengan merestart perangkat tersebut.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of