Semakin canggihnya teknologi sehingga banyak sekali produk yang dibuat dengan sangat canggih. Contohnya saja seperti handphone android, tidak hanya digunakan untuk chatting ataupun bermain game tetapi handphone android juga bisa dijadikan sebagai modem.

Salah satu kelebihan handphone ini bisa Anda manfaatkan ketika WiFi Anda sedang trouble atau mungkin WiFi yang ada tidak mendukung koneksi terhadap laptop. Dengan menggunakan kelebihan handphone ini maka laptop dapat terkoneksi ke internet.

Ada 2 cara untuk menggantikan posisi handphone agar bisa digunakan sebagai modem untuk menyambungkan ke internet. Tetapi handphone Anda juga harus memiliki paket internet agar bisa menyambung ke internet.

Kedua cara menjadikan handphone sebagai modem yaitu dengan menggunakan kabel USB dan juga menggunakan fitur hotspot.

Cara ini cukup familiar namun saya akan membagikan ulasan berikut untuk Anda yang belum paham. Langsung saja di bawah ini 2 cara menjadikan handphone android sebagai modem.

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Modem

Dengan Menggunakan Kabel USB atau Kabel Data

Kabel USB atau kabel data ini pastinya sudah banyak digunakan bukan?

Kabel ini bisa digunakan untuk mentransfer data, menyambungkan internet dari handphone ke laptop, dan bisa juga digunakan untuk mengisi daya baterai handphone.

Di bawah ini cara menjadikan handphone sebagai moden dengan menggunakan kabel USB.

  1. Cara pertama yaitu Anda harus menghubungkan kabel USB antara handphone dengan port USB yang ada di laptop.
  2. Jika sudah tersambung kemudian Anda masuk ke menu pengaturan pada handphone android Anda.
  3. Pada menu pengaturan nanti Anda pilih Wireless and Network nanti di dalam menu Wireless and Network tersebut Anda klik centang pada USB Tethering.
    Opsi USB Tethering
    Opsi USB Tethering
  4. Jika handphone Anda memiliki koneksi internet maka laptop otomatis akan terhubung dengan internet. Lain dengan yag tidak memiliki koneksi pasti pada laptop akan ada tanda seru pada jaringan WiFi di pojok kanan bawah laptop.

Dengan Memanfaatkan Fitur Hostpot pada Handphone

Cara yang kedua selain menggunakan kabel USB yaitu dengan memanfaatkan fitur hotspot yang ada pada handphone android Anda.

Cara yang kedua ini juga mengharuskan Anda untuk mengisi paket internet pada handphone agar nantinya laptop Anda juga bisa terhubung dengan internet.

Di bawah ini adalah langkah-langkah atau cara menjadikan handphone sebagai modem dengan bantuan fitur hotspot.

  1. Langkah pertama yaitu dengan memutuskan jaringan internet lainnya yang otomatis tersambung dengan laptop Anda.
  2. Langkah kedua yaitu silahkan Anda masuk ke menu pengaturan pada handphone Anda kemudian pilih Wireless and Networks, atau Sambungan Nirkabel Lainnya.
    Fitur Hotspot di HP Android
    Fitur Hotspot di HP Android
  3. Langkah selanjutnya yaitu aktifkan hotspot Anda. Jika baru pertama kali menggunakan fitur ini, nanti Anda akan diperintah untuk mengisi SSID dan Password jika dibutuhkan.
  4. Kemudian cari SSID hotspot handphone Anda pada WiFi laptop yang akan disambungkan. WiFi laptop Anda berada di pojok kanan bawah dengan ikon seperti signal WiFi pada umumnya.
    WiFI di Komputer PC
    WiFI di Komputer PC
  5. Jika hotspot Anda memiliki password nanti pada laptop tentunya juga akan diminta mengisi password.
  6. Jika password sudah sesuai nanti laptop Anda otomatis akan terhubung dengan internet.

CLOSING

Cara menjadikan handphone sebagai modem sangat mudah bukan?

Langkah-langkah yang dilakukan tidaklah rumit. Dengan adanya kecanggihan tersebut tentu akan sangat membantu pekerjaan para penggunanya. Pekerjaan Anda tentu akan cepat terselesaikan tanpa hambatan WiFi yang sedang trouble.

Itulah dua cara menjadikan handphone sebagai modem. Semoga bermanfaat untuk Anda dan terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of