Di era yang modern ini semakin banyak handphone canggih yang diproduksi. Tidak hanya untuk chatting atau mengambil gambar saja tetapi masih ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan handphone android.

Kadangkala kita membutuhkan data yang memang harus disimpan. Untuk menyimpan data yang dibutuhkan tersebut biasanya Anda menggunakan screenshot untuk menyimpan.

Tapi bagaimana jika data tersebut harus direkam untuk melihat aktifitas penggunaan handphone Anda?

Ada beberapa handphone android yang belum mendukung perekaman layar.

Handphone android tersebut memerlukan aplikasi tambahan untuk membantu merekam. Walaupun menggunakan aplikasi tambahan namun cara yang dilakukan tidak begitu rumit.

Aplikasi perekam layar ini bisa digunakan untuk merekam permainan game Anda atau menjalan aplikasi lainnya yang memang perlu direkam. Di bawah ini ada beberapa cara merekam layar hp android dengan mudah.

Beberapa Cara Merekam Layar HP Android

Merekam Menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder

Cara yang pertama adalah dengan bantuan dari sebuah aplikasi bernama AZ Screen Recorder. Cara menggunakan aplikasi ini tanpa root terlebih dahulu dan aplikasi perekam layar ini bisa Anda dapatkan pada google play store.

Kelebihan aplikasi ini yaitu mudah digunakan dan juga bisa diunduh secara gratis. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Langsung saja ikuti langkah di bawah ini.

  1. Sebelum menggunakan aplikasi maka Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu pada google play store.
  2. Jika sudah diunduh kemudian buka aplikasi AZ Screen Recorder.
  3. Jika sudah dibuka nanti akan muncul ikon aplikasi AZ Screen Recorder kemudian Anda klik ikon tersebut.
  4. Nanti akan muncul beberapa tombol dan Anda hanya perlu menekan tombol record yang ada di bagian tengah.
  5. Aplikasi sudah bisa merekam layar dan merekam aktifitas penggunaan handphone.
  6. Untuk menghentikan perekaman layar juga cukup mudah, Anda hanya perlu scrool down bar notification kemudian klik ikon berhenti atau pause.
  7. Video rekaman layar sudah otomatis tersimpan pada galery Anda.

Merekam Menggunakan Aplikasi Mobizen Recorder

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi Mobizen Recorder. Aplikasi ini tidak hanya mampu merekam layar saja, tetapi bisa juga digunakan untuk screenshot layar seperti yang mampu dilakukan semua handphone android.

Cara penggunaan aplikasi ini sama seperti cara menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder.

Hanya saja cara menghentikan rekaman layarnya sedikit berbeda. Cara menghentikan perekaman layar menggunakan aplikasi Mobizen ini yaitu dengan menekan ikon Mobizen yang ada di layar secara langsung.

Anda tidak perlu lagi scrool down bar notification. Rekaman layar juga sudah otomatis tersimpan pada galery Anda.

Merekam Layar Tanpa Menggunakan Bantuan Aplikasi Apapun

Cara yang ketiga ini tidak semua handphone android bisa melakukannya. Cara merekam tanpa menggunakan bantuan aplikasi cukup mudah sekali.

Anda hanya perlu menekan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan. Caranya hampir mirip dengan screenshot hanya saja setelah menekan kedua tombol tersebut nanti akan ada pilihan edit dan rekam layar.

Anda cukup pilih rekam layar kemudian secara otomatis akan merekam dengan sendirinya.

Cara menghentikannya juga sangat mudah, hanya perlu menekan tombol power saja.

Merekam layar tanpa menggunakan aplikasi hanya bisa dilakukan oleh beberapa vendor handphone saja. Namun kebanyakan handphone android sekarang masih memerlukan bantuan aplikasi tambahan lainnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of