Mau secanggih apapun PC, komputer, atau laptop yang anda miliki, kami yakin perangkat kesayangan anda tersebut tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Tentunya ada banyak sekali masalah yang kerap kali menghampiri perangkat elektronik satu ini, misalnya saja seperti Windows yang mengalami error atau rusak, maupun terkena virus, dan lain – lain.

Apabila kerusakan atau error yang terjadi pada software di perangkat Anda tersebut sudah masuk dalam kategori parah, biasanya orang akan memutuskan untuk melakukan instal ulang OS.

Buat Anda nih para pengguna Windows 10, sebetulnya Anda tak perlu harus melakukan instal ulang OS.

Sebab, masih ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba, yakni dengan melakukan reset Windows 10 dengan langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Reset Windows 10

Instal ulang Windows 10 atau reset Windows 10 ini pada dasarnya sama. Sebab, semuanya akan kembali seperti Windows 10 yang baru saja di instal ulang.

Tetapi yang membedakan keduanya, cara ini lebih mudah dan ringkas sebab anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Dengan mengetahui cara reset Windows 10 ini, itu artinya jika anda masih melakukan instal ulang itu ya, kebangetan.

Sebab, ada cara yang lebih mudah bisa anda coba, tetapi pada kenyataannya anda masih saja memilih cara yang rumit dan sulit untuk anda coba praktekkan. Belum lagi harus menyiapkan driver serta kerabatnya dan menginstallnya secara manual.

Dengan melakukan reset, ibarat kata anda telah memangkas banyak langkah sehingga Windows 10 anda sudah siap pakai tanpa perlu memasukkan data – data yang banyak lagi.

Kecuali memang sistem partisi Windows anda error atau corrupted sehingga tidak memungkinkan untuk di reset, mau tidak mau ya anda harus memformat dan menginstal ulang Windows 10.

Langkah – langkah untuk me-reset Windows 10

So, berikut ini adalah langkah – langkah untuk melakukan reset di Windows 10.

  1. Klik Logo Windows / Start Menu

    Langkah pertama untuk cara reset Windows 10 ini adalah dengan mengklik Start Menu yang berupa Logo Windows yang ada di perangkat anda.

  2. Klik Menu Settings

    Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Settings atau Pengaturan maupun Logo Gerigi.

  3. Klik Menu Update & Security

    Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah dengan mengeklik menu Update & Security.

  4. Klik Recovery lalu Get Started

    Berikutnya, klik pada opsi Recovery dan klik saja pada menu Get Started.

  5. Pilih Opsi Recovery

    Nanti Anda akan mendapati 3 buah pilihan, di sini Anda bisa bebas memilih mana saja yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa perhatikan pada additional notes di bawah.

  6. Klik Next

    Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah dengan mengklik menu Next dan Next saja.

  7. Klik Reset

    Terakhir, jika Anda benar – benar yakin akan me-reset Windows 10, klik pada opsi Reset. Lalu Anda hanya perlu menunggu sampai proses reset atau instal ulangnya selesai.

Additional Notes

Berikut ini penjelasan singkat tentang opsi yang bisa kamu pilih pada step 5 di atas.

  1. Keep My Files. Ini adalah pilihan jika Anda memang ingin data atau file pribadi Anda tetap disimpan.
  2. Remove Everything. Lalu untuk pilihan selanjutnya ini adalah harddisk Anda nanti akan diformat bersih sampai tak ada lagi data yang tersisa, kecuali sistem operasi Windows.
  3. Restore Factory Setting. Kemudian untuk pilihan yang terakhir ini pastinya hanya akan ada di PC, komputer, atau laptop paketan pabrik maupun OEM. Fungsi dari pilihan tersebut tidak lain untuk kembalikan posisi settingan atau pengaturan ke awal seperti baru keluar pabrik.

Conclusion

Ini adalah fitur Windows yang tentu saja sangat bermanfaat sekali. Jadi, apabila perangkat anda memang sudah tak tertolong lagi, anda bisa melakukan cara reset Windows 10 di atas.

Namun perlu di perhatikan kalau cara ini hanya efektif kalau error memang terjadi pada system Windows 10.

Tapi kalau kerusakan terjadi pada system partisi, maka cara ini tidak akan efektif atau bahkan tidak akan bisa berfungsi.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan scandisk terlebih dahulu untuk memastikan system partisi anda tidak bermasalah.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa di share ke sobat lain yah guys, siapa tau mereka membutuhkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of