Screenshot atau mengambil gambar pada ponsel Anda merupakan salah satu aktivitas yang biasa digunakan oleh para pengguna ponsel pintar. Namun, terkadang kebanyakan orang justru bingung cara mengambil gambar atau melakukan screenshot. Kali ini saya akan memberikan solusi dengan membahas cara screenshot Samsung J, A dan M Series.

Beberapa tips dan trik untuk melakukan screenshoot pada Samsung J, A dan M Series akan saya bahas. Mulai dari cara screenshoot Samsung J, A dan M Series dengan menggunakan power plus home, Palm-swipe gesture, dan juga melihat hasil dari screenshot.

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy

Screenshot Menggunakan Power Plus Home

Cara screenshot Samsung J, A dan M series yang pertama adalah menggunakan power plus home. Cara screenshot yang ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Selain paling sering, cara ini juga menjadi cara yang termudah untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut langkah screenshot menggunakan power plus home:

  1. Pertama, Anda tentukan bagian mana yang akan Anda ambil gambarnya (screenshot). Misalnya Anda ingin Screenshot pada bagian home, maka bukalah home pada ponsel Samsung J, A dan M Series Anda.
  2. Setelah Anda menentukan bagian mana yang ingin Anda ambil gambarnya, tekanlah tombol home dan tombol power secara bersamaan. Tak disarankan Anda menekan tombol home dan tombol power secara bergiliran atau berlebihan.
  3. Setelah Anda menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, tunggulah sampai ponsel Samsung J, A dan M series Anda merespon. Ponsel Anda akan merespon apakah screenshot berhasil atau gagal ditandai dengan adanya flash, atau ponsel Anda akan bergetar. Hasil respon yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung pada volume di smartphone Anda.
Screenshot Menggunakan Power Plus Home
Screenshot Menggunakan Power Plus Home

Screenshot Menggunakan Palm-Swipe Gesture

Cara screenshot Samsung J, A dan M Series yang satu ini juga sangatlah mudah, simple, dan menyenangkan. Dengan menggunakan cara palm-swipe gesture, Anda tidak perlu repot-repot untuk menekan tombol apapun.

Anda hanya perlu menggeser atau swipe tangan atau jari Anda pada layar ponsel, maka screenshot pun terjadi dengan sangat mudah.

Namun, Anda sebelumnya harus mengaktifkan palm-swipe gesture pada ponsel Samsung J, A dan M series Anda terlebih dahulu.

Caranya mudah banget, Anda cukup buka menu setting lalu pilih menu motion. Pada menu motion pilihlah fitur hand motion. Lalu Anda jangan lupa untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Setelah itu Anda dapat close menu setting dan motion. Selanjutnya Anda bisa membuka bagian atau gambar yang ingin Anda ambil gambarnya. Dan cobalah untuk meng-swipe atau menggeser dengan tangan ataupun jari Anda pada layar.

Setelah itu smartphone Samsung J, A dan M series Anda akan memberikan respon flash yang artinya Anda berhasil untuk melakukan screenshot dengan cara palm-swipe gesture.

Cara Melihat Hasil Screenshot

Setelah Anda sudah melakukan banyak screenshot pada smartphone Samsung J, A dan M series, Anda dapat langsung melihat hasil screenshot Anda pada galeri handphone Anda. 

Gallery di HP Samsung Galaxy
Gallery di HP Samsung Galaxy

Anda hanya perlu membuka aplikasi galeri pada smartphone dan Anda akan menemukan folder screenshot di dalam galeri smartphone.

Namun jika Anda tidak menemukannya di dalam galeri, Anda coba pergi ke aplikasi yang bergambar “laci” dan masuklah. Kemudian cari sebuah folder baru yang bernama screenshot.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of