Transfer file dari HP Android ke komputer (PC) bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu menggunakan kabel USB atau Bluetooth misalnya.

Menggunakan Bluetooth memang praktis, tapi anda perlu bersabar karena kecepatan transfer data dari HP Android ke PC melalui Bluetooth sangatlah lambat.

Apalagi kalau ukuran file anda ratusan MB, bisa – bisa seharian anda tunggu pun proses transfer file belum kelar. Belum lagi kalau failed di tengah – tengah prosesnya.

Untuk kecepatan transfer yang lebih cepat, anda bisa menggunakan kabel USB dan menyambungkan HP Android anda ke PC. Kelemahannya, mungkin anda tidak setiap saat membawa kabel USB.

Cara Transfer File Dari Ponsel Android ke PC dengan SHAREit

SHAREit adalah aplikasi yang digunakan untuk mentrasfer file. Bisa digunakan untuk handphone ke handphone dan juga handphone ke laptop atau PC. Sama halnya seperti blutooth, namun aplikasi SHAREit ini bisa mentransfer apa saja.

Mulai dari gambar, video, aplikasi dan file lainnya yang mungkin berukuran sangat besar. Lain dengan bluetooth yang hanya bisa mentransfer gambar dan video saja.

Kelebihan SHAREit yang lain yaitu mampu mentransfer file dengan cepat dibandingkan dengan bluetooth yang merupakan fitur bawaan smartphone. Aplikasi SHAREit ini sudah banyak digunakan oleh semua perangkat.

Pada playstore juga tertulis ada berapa juta orang yang sudah mengunduh aplikasi SHAREit ini. Feedback yang diberikan juga rata-rata positif atau baik. Anda bisa membuktikannya sendiri pada perangkat yang Anda miliki.

Dengan adanya aplikasi SHAREit ini Anda bisa mentransfer file ke laptop atau PC tanpa bantuan kabel USB. Sehingga tidak perlu susah payah harus memasang kabel USB terlebih dahulu, dengan menggunakan aplikasi SHAREit ini Anda langsung bisa mengklik saja tanpa bantuan alat lainnya.

Bagaimana cara menggunakan SHAREit untuk mentransfer data ke PC? Apakah cara yang dilakukan cukup menyusahkan? Langsung saja simak ulasan di bawah ini tentang cara mengirim file dari handphone ke PC.

Persiapan

Sebelum mengirim file menggunakan SHAREit, sebaiknya periksa terlebih dahulu PC dan handphone Anda, dimana kedua perangkat tersebut harus sudah terinstall SHAREit.

Jika belum terinstall, Anda bisa mencari aplikasi SHAREit di playstore android. 

Sedangkan untuk PC, Anda bisa download SHAREit dari web resminya dengan memilih opsi Download SHAREit for PC.

Agar SHAREit pada kedua perangkat ini bisa digunakan, pastikan terlebih dahulu kedua perangkat tersebut memiliki koneksi yang stabil. Setelah keduanya sudah terinstall aplikasi SHAREit, Anda bisa langsung mengirim file dari handphone ke PC.

Langkah Transfer File

  1. Langkah pertama yaitu buka aplikasi SHAREit pada handphone dan PC yang akan digunakan.
  2. Jika Anda ingin mengirim file dari handphone maka pilih Send atau Kirim pada aplikasi SHAREit di handphone Anda.
  3. Sebaliknya, PC yang digunakan untuk menerima transfer data dari handphone maka pilih Accept atau Terima pada aplikasi SHAREit di PC Anda.
  4. Sebelum mengirim file, Anda harus mengaktifkan hotspot seluler dan WiFi pada laptop atau PC yang digunakan.
  5. Pilih Sambungkan ke PC atau Connect to PC kemudian pilih Jalankan.
  6. Selanjutnya kedua perangkat tersebut sama-sama sedang mencari pengguna yang aktif dengan menunjukan avatar yang ada pada lingkaran.
  7. Pada aplikasi SHAREit di handphone Anda, pilih avatar yang sesuai dengan avatar yang digunakan pada PC Anda.
  8. Kemudian pada aplikasi SHAREit PC, Anda pilih Accept atau terima.
  9. Tunggu sampai proses transfer selesai. Jika sudah selesai maka file yang Anda transfer sudah otomatis tersimpan dalam PC Anda
Transfer File Dari Android ke PC
Transfer File Dari Android ke PC

CLOSING

Itulah langkah cara mengirim file dari handphone ke PC dengan bantuan SHAREit. Langkah yang cukup mudah dipahami dan cukup mudah dilakukan.

Anda tidak lagi membutuhkan alat tambahan lain untuk mengirim file dari handphone ke PC.

Dengan adanya SHAREit ini tentu pekerjaan Anda akan cepat terselesaikan dengan mudah. Terlebih lagi aplikasi SHAREit ini tidak memungut biaya apapun pada saat akan diinstall pada PC atau gadget Anda. Fitur yang ada pada SHAREit ini juga cukup mudah dipahami.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara mengirim file dari handphone ke PC. Semoga bermanfaat untuk Anda dan terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of