Instagram Stories adalah fitur unik yang seringkali digunakan oleh pengguna instagram. Meskipun hanya mampu  24 jam saja, Instagram Stories banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk menunjukkan aktivitasnya, dan bahkan untuk membuat iklan.

Fitur ini disebut menjiplak Snapchat. Tapi rupanya kepopuleran Instagram telah mengalahkan dan melebihi Snapchat.

Instagram Stories hanya mampu membuat klip video berdurasi satu menit saja. Namun Anda juga bisa mengunggah video yang lebih lama. Bukan berarti Anda dapat upload video dalam satu kali unggahan karena Instagram membatasinya.

Jika video Anda yang ter-upload berdurasi lebih dari itu, maka clip otomatis akan terpotong dan terhapus. Jadi, Anda biasanya harus terlebih dulu memotong durasi video secara manual dan meng-upload nya satu per satu.

Meskipun begitu, penggunaan menu Instagram Stories untuk meng-upload video ini sangatlah populer di kalangan Instagramer, dan banyak juga para penyedia iklan yang memanfaatkan kepopulerannya.

Caranya adalah dengan menyambungkan setiap klip, sehingga ketika Instagram Stories Anda tayang, Anda akan melihat deretan klip yang berputar layaknya video berdurasi panjang.

Dikutip dari berbagai sumber berikut cara meng-upload Instagram Stories berdurasi panjang di Android.

Cara Upload Video Lebih Dari Satu Menit di Instagram Stories Tanpa Aplikasi

1. Update Aplikasi Instagram

Untuk mendapatkan fitur tersebut, tentunya Anda harus meng-update terlebih dahulu aplikasi Instagram yang Anda gunakan ke versi terbarunya.

Jika Anda terbiasa menggunakan browser untuk membuka akun Instagram Anda, maka lebih baik men-download terlebih dahulu aplikasi resmi Instagram nya di Play Store.

Dengan meng-update aplikasi instagram, Anda akan lebih mudah mengaksesnya, dan mengikuti perkembangan fitur – fitur terbaru dari Instagram dibanding melalui web.

2. Upload di Instagram Story

Setelah melakukan log in dengan menggunakan akun Instagram Anda, pilih menu Instagram Stories, kemudian masuk ke Gallery untuk mulai meng-upload video yang Anda inginkan.

Atau Anda dapat juga langsung merekamnya melalui kamera Android Anda dan meng-upload-nya.

3. Mengatur Potongan Clip Video

Dengan fitur terbaru Instagram, Anda sekarang bisa meng-upload video panjang meski akan terpotong otomatis membentuk clip – clip berdurasi satu menit.

Misalnya Anda meng-upload video berdurasi 2 menit, maka Anda akan mendapatkan 8 potongan clip yang sudah otomatis mengikuti urutan sambungan clip – clip dari videonya. Jika perlu merekam terlebih dahulu, Anda tidak perlu khawatir rekaman akan terhenti setelah di detik ke 60, karena Anda dapat terus melanjutkannya.

Walaupun muncul pemberitahuan berupa Thumbnail yang menandakan waktu 60 detik berakhir, Anda akan diberi segmen baru untuk melanjutkan ke rekaman clip video selanjutnya.

Pemotongan ini akan terus berlanjut sampai Anda selesai merekam. Pada step ini, Anda juga bisa mengedit masing – masing clip yang sudah terbentuk, seperti memberi efek, filter, ataupun teks.

Anda juga dapat menghapus clip video yang tidak Anda inginkan dengan men-tap dan tahan pada clip video, dan klik ikon Delete. Setelah selesai, klik Next untuk menuju ke tahap selanjutnya.

4. Share dan Upload Video

Pada tahap akhir, Anda tinggal men-share video tersebut ke Instagram, dan jangan lupakan untuk menulis status dan tautan yang ingin Anda ceritakan.

Kemudian klik Done untuk menyelesaikannya tahapnya. Maka video Anda akan ter-upload sempurna dalam bentuk clip – clip bersambung sesuai urutan dan editan yang Anda inginkan.

CLOSING

Setelah melakukan langkah – langkah di atas, saat dimainkan pun tampilan urutan clip – clip video akan muncul, dan Anda dapat menontonnya tanpa perlu jeda waktu, karena akan otomatis tersambung ke clip berikutnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of