Heic Heif Windows 10

Cara Membuka File HEIC / HEIF di Windows 10

Ketika mendapat file berformat HEIC / HEIF (.heic), mungkin anda bingung darimana asal muasalnya dan bagaimana cara membuka file tersebut di Windows 10.

Padahal anda hanya memindahkan file – file foto dari smartphone ke Windows untuk anda edit atau hanya sekedar melihatnya di PC / Laptop.

Apakah karena virus?

Jangan panik dulu kawan, file tersebut bukanlah ulah dari virus – virus nakal.

HEIF atau High Efficiency Image Format merupakan format terbaru yang di gunakan iPhone (iOS 11++) dan Android (Android 9++) untuk menyimpan foto dengan ekstensi HEIC (.heic).

Untuk membuka file HEIC/HEIF yang merupakan file gambar dari iPhone (iOS 11++) dan Android (Android 9++) di Windows 10 perlu di integrasikan terlebih dulu. Click to Tweet

Jika di bandingkan dengan file foto konvensional berformat JPG/JPEG, file berformat HEIC / HEIF  memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  • Ukuran file lebih kecil hingga 50% dengan kualitas yang sama
  • Bisa menyimpan multiple foto dalam satu file
  • Mendukung transparansi seperti file GIF dan PNG.
  • Bisa menyimpan step editan, sehingga anda bisa meng-undo file tersebut.
  • dan lain sebagainya

Dimulai dari Windows 10 Redstone / Windows 10 versi 16299.0 (April 2018 update), anda bisa menginstall codec tambahan untuk mengintegrasikan Windows 10 dengan file HEIC / HEIF dengan langkah – langkah yang akan saya bahas di bawah.

Tapi Jika Windows 10 anda belum terupdate dengan update-an April 2018, maka update terlebih dahulu Windows anda.

Dan jika Windows 10 anda tidak memungkinkan untuk di update, maka anda bisa menggunakan aplikasi 3rd-party seperti Copytrans, iMazing, Apowersoft, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa melakukan konversi file HEIC / HEIF ke JPG menggunakan online ataupun offline converter, namun hal tersebut mengurangi esensi dan kelebihan dari format HEIC / HEIF jika anda hanya ingin menyimpan dan melihatnya di komputer saja.

Jika anda ingin membuka file tersebut melalui ponsel Android, anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Membuka File Heic/Heif di Android.

Mengintegrasikan Format HEIC / HEIF di Windows 10

Sebelum melakukan langkah – langkah berikut ini, pastikan Windows 10 anda telah terupdate dengan update terbaru atau minimal Windows 10 anda adalah Windows 10 Redstone / Windows 10 versi 16299.0 (April 2018 update).

Menginstall Ekstensi Windows 10

1. Buka halaman web HEVC Video Extensions

Gunakan HEVC Video Extensions from Device Manufacturer melalui web browser anda.

2. Klik tombol Get

Klik tombol Get pada halaman tersebut.

Tombol Get
Tombol Get

3. Klik tombol Open Microsoft Store

Selanjutnya klik tombol Open Microsoft Store di popup yang muncul seperti berikut ini.

Tombol Open Microsoft Store
Tombol Open Microsoft Store

4. Klik tombol Install

Berikutnya akan muncul aplikasi Microsoft Store dan menampilkan aplikasi HEVC Video Extensions from Device Manufacturer. Klik tombol install seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Tombol Install
Tombol Install

5. Sign in dengan Microsoft Account atau close

Selanjutnya akan muncul window yang meminta anda untuk melakukan Sign in ke Microsoft Account. Lakukan sign in jika anda memiliki akun. Namun jika anda tidak memiliki akun, maka cukup klik tombol close (x).

Tombol Sign In dan Close
Tombol Sign In dan Close

6. Tutup aplikasi Microsoft Store

Setelah proses instalasi selesai, anda tidak perlu menekan tombol Launch. Cukup tekan tombol close untuk menutup aplikasi Microsoft Store.

Check Integrasi HEIC/HEIF di Windows 10

Setelah anda melakukan langkah – langkah di atas, maka file HEIC/HEIF telah terintegrasi dengan Windows 10 anda seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Dan karena sudah terintegrasi, maka aplikasi Photo sebagai aplikasi photo viewer default di Windows 10 pun sudah bisa menampilkannya seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Conclusion

Setelah mengaplikasikan langkah – langkah di atas, maka anda tidak perlu bingung lagi berurusan dengan foto berformat HEIC/HEIF dari smartphone anda.

Anda bisa langsung menikmati hasil jepretan anda serta melakukan simple editing menggunakan photo viewer bawaan Windows.

Space komputer anda pun menjadi lebih hemat dibandingkan jika anda mengconvert file tersebut ke dalam JPG atau JPEG.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
99