Postingan infomastah kali ini akan mengulas mengenai fitur Terbaru iOS 13. Setelah Apple meluncurkan lini iPhone terbarunya yakni iPhone 11, Apple juga belum lama ini merilis sistem operasi terbaru mereka yakni iOS 13. Sistem operasi yang memang dikhususkan untuk produk iPhone ini membawakan berbagai perbaikan dan pembaharuan dari segi fitur dibandingkan versi iOS sebelumnya.

Pada iOS 13 terbaru ini, Apple tidak hanya memfokuskan perubahan pada sisi tampilannya saja. Namun, juga memperhatikan hal yang dianggap penting yakni masalah privasi serta peningkatan kualitas dari beberapa aplikasi utama seperti Photos dan Maps.

Nah, jika kamu belum tahu mengenai apa saja fitur terbaru yang dibawakan pada iOS 13, maka dipostingan ini akan diberikan ulasannya. Silahkan Langsung saja simak dibawah ini!

Fitur Terbaru iOS 13 yang Wajib Diketahui

1. Dark Mode

fitur terbaru ios 13 dark mode

Fitur pertama yang menurut kami sangat keren dan menjadi fitur utama dan menjadi unggulan dari iOS 13 adalah Dark Mode. Fitur ini diaplikasikan secara menyeluruh pada hampir keseluruhan bagian dari iOS 13. Dengan fitur ini maka semua aplikasi dan bagian-bagian menu dari iOS 13 akan berubaj menjadi warna gelap. Selain itu, pada bagian notifikasi dan dock juga menjadi warna gelap.

Warna gelap yang dihadirkan oleh Apple pada Dark Mode ini boleh dibilang sangat baik. Mengapa demikian? karena tidak dibuat dengan warna hampir gelap seperti abu-abu, melainkan dengan warna yang memang benar-benar gelap.

2. Find My

fitur ios 13 terbaru

Pada iOS 13 ini Apple menjadikan aplikasi Find My Friends dan Find My iPhone kedalam satu aplikasi yang diberi nama Find My. Sama dengan namanya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk menemukan perangkat iPhone yang hilang.

Aplikasi ini juga bisa digunakan meskipun dalam keadaan offline. Cara kerjanya oPhone akan menangkap sinyal Bluetooth dari perangkat Apple yang berasa disekitarnya dan memantulkannya kembali pada perangkat Apple yang hilang. Find My juga sudah disertai dengan user-interfance yang lebih mudah dipahami. Ditambah lagi aplikasi ini dapat berkerja secara enkripsi end-to-end, sehingga jauh lebih aman.

3. Swiping keyboard (QuickPath)

Fitur terbaru iOS 13 berikutnya adalah fitur “Swiping” yang merupakan penambahan pada keyboard bawaan iOS 13 yang Apple sebut sebagai “QuickPath”. Fitur ini bekerja dengan cara sederhana, dimana setiap pengguna hanya dengan menggesek atau swipe dari huruf ke huruf untuk mengetikkan kata.

Dengan demikian, proses mengetik menjadi lebih cepat dan akuran. Sebelumnya untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mennggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga seperti Swiftkey atau Swype.

4. Reminders

Aplikasi Reminders dirombak dan dihadirkan dengan tampilan baru, yang mendapatkan penyesuaian dengan aplikasi bawaan dari Apple lainnya. Tampilan Reminders saat ini jauh lebih fresh disertai dengan ikon penuh warna dan desain flat yang bergaya simpel. Sebelumnya, tampilan dari aplikasi Reminders ini sangat biasa saja seperti kertas yang kusam jarang digunakan.

Pada tampilan terbarunya, Apple memberikan beberapa fitur tambahan pada aplikasi ini seperti opsi Today, Scheduled, Flagged dan All yang baru. Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah diintegrasikan dengan AI yang nantinya bisa memberikan saran dan pengingat secara otomatis pada penggunanya.

5. Apple Maps

Selain aplikasi Reminders yang mengalami perombakan, Apple juga ternyata memperbaharui Apple Maps. Tampilan terbaru maps dihadirkan dengan tampilan 3D yang lebih detail layaknya Google Street View. Adapula Fitur-fitur terbaru seperti 3D Flyover dan Look Around juga disertakan meskipun pengguna aplikasi ini masih terbatas dan belum sebaik Google Maps.

Apple memberikan pernyataan bahwa mereka meggunakan mobil yang sudah dipasang LIDAR dengan jumlah ribuah untuk mendapatkan data Apple Maps.

Itulah beberapa fitur terbaru iOS 13 yang bisa kami perkenalkan, selain kelima fitur diatas masih ada juga fitur lainnya yang tak kalah menarik. Semoga dengan adanya postingan ini kamu bisa lebih mengenai iOS 13.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of