Jika kamu adalah salah satu pengguna iPhone, maka ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa fitur tersembunyi iPhone yang masih sangat jarang diketahui penggunanya. iPhone memang saat ini banyak menjadi pilihan berbagai kalangan, baik itu kalangan anak muda maupun dewasa. iPhone memang menjadi pilihan banyak orang karena brand ini menjadi sebuah gengsi di kalangan masyarakat saat ini.

Para pengguna iPhone biasanya adalah kalangan-kalangan atas yang memiliki budget berlebih. Bagaimana tidak? saat ini iPhone terbaru saja yakni iPhone 11 sudah dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni puluhan juta rupiah. 

Meskipun demikian, setiap orang yang ingin merasakan pengalaman menggunakan produk iPhone bisa membeli iPhone seri lama. iPhone seri lama saat ini harganya sudah cukup bersahabat dan dapat dijangkau kalangan menengah. Nah, jika kamu adalah salah satu pengguna iPhone, baik itu iPhone terbaru ataupun yang lama, ada baiknya jika kamu menyimak postingan infomastah kali ini mengenai fitur tersembunyi iPhone berikut ini yang mungkin juga masih belum kamu tahu.

fitur tersembunyi iphone

4 Fitur Tersembunyi iPhone yang Harus Kamu Tahu

1. Dark Mode

Fitur yang pertama adalah Dark Mode. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol samping sebanyak 3 kali. Tampilan ini sangat pas jika kamu gunakan pada malam hari sehingga sangat memanjakan mata atau diaktifkan pada saat baterai dalam kondisi lemah. Fitur ini sangat bermanfaat pada iPhone X dan Xs series karena menggunakan AMOLED display, sehingga dalam tampilan gelap ini baterai yang digunakan lebih hemat.

Sebenarnya fitur ini bukanlah dark mode dalam artian sebenarnya, karena Apple belum menanamkan Dark Mode pada iOS padahal di Mac sudah ada. Tetapi pada fitur ini kita memanfaatkan smart invert yang dikombinasi dengan shorcut. Buka Settings > General > Accessibility > dan di paling bawah ada acccesibility shortcut > pilih aja Smart Invert. Jika sudah selesai, dengan tiga kali tekan tombol samping, tampilan Dark Mode akan aktif.

2. Text Replacement

Fitur kedua adalah text replacement yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering mengetik panjang dan berulang. Biasanya penjual online sering mengetik nomor rekening ataupun mengirim alamat lengkap, bisa memanfaatkan fitur Text Replacement. Jadi, misalnya pengguna mengetik nobca, ini akan secara otomatis diubah menjadi rekening BCA saya yang tentunya akan menghemat waktu.

Pengguna bisa mengatur Text Replacement nya di Settings > Keyboard > Text Replacement, dan masukkan kata yang diinginkan. Misalnya saya mengetik alamat, maka secara otomatis akan langsung alamat rumah yang diketikkan. Bagus bukan?

3. Scan QR Code

Ketiga adalah Scan QR Code yang ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan kamera iPhone. Beberapa pengguna iPhone pasti menginstal aplikasi QR code reader melalui app store, padahal kamera iPhione tinggal di arahkan pada QR code dan secara otomatis QR code akan membaca secara otomatis tanpa ada bantuan apapun.

4. Dua Face ID

Fitur yang keempat adalah Dua Face ID. Jika kamu menggunakan iPhone yang sudah menggunakan Face ID seperti iPhone X atau XS, kamu bisa mendaftarkan dua wajah yakni satu wajah utama dan satu wajah alternatif. Kamu bisa mendaftarkannya pada Settings > Face ID & Passcode > lalu pilih Set Up an Alternate Appearance.

Sebenarnya fitur ini bisa digunakan pada orang yang sama namun dengan penampilan yang berbeda. Misalnya pada wajah pertama pengguna memiliki kumis dan tampilan kedua pengguna tidak menggunakan kumis, fitur ini bertujuan agar face ID bisa mendeteksi wajah meskipun sudah mengalami perubahan tampilan.

Tetapi fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk wajah orang lain, baik itu wajah istri atau adik, atau pacar, atau mantan, terserah. Jadi selain pengguna utama, mereka juga bisa mengakses iPhone menggunakan Face ID.

Nah, itulah beberapa fitur tersembunyi yang dimiliki iPhone yang bisa coba kamu gunakan. Terimakasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat yah!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of