Hadirnya Honor 8X makin memanaskan arena persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia. Sebelumnya, saya sempat mengidolakan Oppo F9 yang hampir punya segala sesuatu yang saya butuhkan di smartphone jaman now. Mulai dari kamera sampai performa.

Dengan spesifikasi dan harga yang mirip-mirip apakah Honor 8X ini bisa membuat kalian berpaling?

Perbandingan Honor 8X dan OPPO F9

Perbandingan Desain

Sejujurnya saya sempat galau saat membandingkan desain keduanya. Baik Honor 8X dan Oppo F9 ini sama-sama mengunggulkan desain glossy yang sangat memikat hati. Perbedaan yang cukup terlihat yaitu dari motifnya.

Di sini gradasi warna oppo F9 terlihat lebih cetar saat terpantul cahaya. Namun, cakep saja tidak cukup, bukan?

Frame metal yang solid membuat bodi Honor 8X ini terlihat lebih kokoh, terutama saat di genggaman. Penempatan port, mulai dari jack audio dan microUSB di sisi bawah, dan model triple slot SIM di keduanya punya kesamaan.

Yang membedakan, tombol volume di Oppo F9 ini diletakkan di sisi kiri. Buat saya yang tidak terbiasa jadi agak mengganggu tapi lagi-lagi ini soal selera. Beralih ke sisi depan, saya menemukan muka yang agak beda di antara kedua smartphone yang sama-sama punya poni alias notch ini.

Dengan layar 6.3″ dan poni waterdrop yang imut-imut, Oppo F9 punya screen to body ratio 90.8% yang sempat membuat saya geleng-geleng kepala. “Gila, ini depan isinya layar semua!”

Namun, Honor 8X tidak mau kalah dan menawarkan screen to body ratio yang lebih besar lagi, di 91%. Memang, butuh usaha lebih untuk membuat screen to body ratio yang lebih tinggi, yaitu dengan mengusung layar yang lebih besar di 6.5″ dan bezel yang lebih tipis lagi.

Konsekuensinya, bodi Honor 8X ini terasa lebih bongsor. Dan jika dibandingkan kerapatan pixel layarnya yang sama-sama Full HD+, di sini layar Oppo F9 terlihat lebih rapat di 409 ppi.

Semakin rapat semakin baik, itu memang teorinya. Tapi, mari kita bandingkan kualitas layar keduanya.

Perbandingan Layar

Layar Honor 8X menggunakan panel IPS sementara Oppo F9 berkiblat ke LTPS yang diklaim mampu menampilkan gambar lebih baik dan lebih efisien daya. Tidak bohong, sih. Di sini layar Oppo F9 terlihat lebih vivid di kecerahan maksimal.

Layar yang vivid begini memang lebih mantap dipakai untuk nonton film atau video yang kontennya colorful gonjrengnya juga dapat. Tapi, sebenarnya Honor 8X ini bisa mengimbanginya dengan mengaktifkan mode warna layar vivid di mana fitur customisasi ini absen dan memang sudah di-set by default di Oppo F9.

Saat dipakai di bawah terik matahari kedua layar smartphone ini sama-sama bisa menampilkan isi layar dengan jelas. Di kondisi yang sama-sama gelap, fitur auto-brightness di Honor 8X akan men-set layar ke tingkat kecerahan yang lebih redup dibandingkan dengan F9.

Perbandingan Hardware

Performa hardware biasanya menjadi salah satu poin yang dipertimbangkan ketika seseorang membeli smartphone baru dan mungkin ini yang membuat galau. Jadi, lebih ngebut yang mana? Honor 8X atau Oppo F9?

Kedua smartphone ini di jejali chipset yang berbeda namun sama-sama populer di kelas menengah. Oppo F9 dengan Helio P60, sementara Honor 8X dengan chipset in-house mereka sendiri yang keluaran lebih baru, yaitu Kirin 710.

Kedua chipset ini sama-sama menggunakan fabrikasi 12nm dan sudah berbasis custom core, di mana 8 core-nya dibagi 2 fungsi untuk performa dan mode hemat daya.

Saat membuka aplikasi yang sama secara bersamaan seperti Twitter, Instagram, sampai Google Chrome, Saya merasa Honor 8X ini lebih nge-gas meski bedanya hanya kisaran sepersekian detik saja.

Berpindah antar aplikasi, dan memanggil kembali aplikasi dari background, kinerja Honor 8X ini lebih krecep dengan RAM yang sama-sama 4GB. Hal yang sama juga dirasakan saat membuka game-game yang berat, seperti PUBG Mobile.

Tidak heran sih, saat di cek, memang Kirin 710 ini punya clock speed yang lebih tinggi.

Performanya di Antutu juga lebih mantul di angka yang nyaris tembus 140 ribu. Hanya ada 1 hal yang membuat Helio P60 di Oppo F9 yang lebih baik, yaitu pada skor GPU.

Memang, GPU Mali-G72 di Oppo F9 dirancang untuk kebutuhan high performance. Sementara Mali-G51 di Honor 8X lebih fokus pada efisiensi daya. Namun, Honor memiliki racikan tersendiri untuk memuaskan experience para Mobile Gamers.

Dengan optimasi GPU Turbo, yang mampu membuat GPU bekerja lebih pintar dalam merender grafis main game di PUBG Mobile di Honor 8X terasa lebih smooth. Nyaris tidak ada grafis yang di render ulang saat karakter beralih dari outdoor ke indoor atau sebaliknya.

Namun, GPU Turbo ini masih punya banyak PR untuk membuat semua game compatible.

Tercatat, selain PUBG Mobile, saat ini beberapa ada game populer yang sudah mendukung, seperti Mobile Legends, CrossFire dan juga Asphalt 9. Sementara, Oppo F9 ini menawarkan Experience Gaming dengan sudut yang berbeda lewat Game Space-nya.

Tidak banyak optimasi yang saya tahu dari sistem ini selain clear RAM yang dilakukan sebelum game dimainkan supaya resource hardware yang ada, fokus menjalankan game yang sedang dibuka.

Kalau kalian doyan mengoleksi game-game ukuran besar, Honor 8X ini lebih bisa mengakomodasi kebutuhanmu itu.

Dengan storage yang jumbo, yaitu 128GB, storage Honor 8X mempunyai kapasitas dua kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas storage Oppo F9.

Bisa kebayang khan, kalau misal rata-rata game ukuran 1GB, Artinya, Honor 8X ini bisa menyimpan lebih dari 100 game Sob!!!

Selain itu, kedua ponsel ini sama-sama dibekali fitur keamanan biometrik populer smartphone jaman now, yaitu fingerprint scanner dan juga face unlock. Dimana Honor 8X dan Oppo F9 sama-sama responsive. Namun kalau diadu sensor biometriknya, si F9 ini terasa lebih ngebut dalam membaca sidik jari atau wajah kita.

Perbandingan Kamera

Selain performa, kamera menjadi bagian yang paling seru untuk diadu antara 2 smartphone ini dimana keduanya sama-sama dibekali dual kamera belakang yang dibekali teknologi Kecerdasan Buatan atau lebih gaul disebut A.I.

Secara resolusi, kamera utama Honor 8X ini lebih unggul di 20MP. Tapi, apakah semakin besar resolusi semakin bagus? Mari kita bandingkan.

Dengan mode A.I yang sama-sama aktif untuk foto di outdoor pada siang hari, kamera Honor 8X ini mampu menangkap gambar dengan saturasi warna yang lebih tinggi, terutama warna-warna yang cerah.

Di satu sisi, foto lebih nampak berwarna. Namun di sisi lain, hasilnya tentu tidak natural. Ini tentunya menyangkut soal selera saja sih.

Sementara kamera Oppo F9 mencoba menangkap gambar yang apa adanya. Bahkan terkadang, hasil fotonya ini nampak lebih terang dan juga hidup. Kalau mau sama-sama vivid pun, sebenarnya kamera Oppo F9 ini juga bisa, dengan mengaktifkan Super Vivid yang hasilnya gonjreng abis.

Sementara untuk foto-foto di indoor, hasil kamera di Oppo F9 nampak lebih warm. Agak beda dengan Honor 8X yang terkadang terlalu over saturasi demi membuat foto lebih pop up.

Sama-sama dibekali sensor kamera sekunder 2MP, kedua smartphone ini bisa mengambil foto yang nge-blur di belakang atau bahasa keren-nya bokeh.

Hasil foto bokeh-nya sih sudah cakep-cakep banget, meski tidak bisa dipungkiri kalau blur-nya masih suka miss. Tapi mau gimana, selama bokeh kamera smartphone ini masih berbasis software, kita tidak bisa berharap lebih untuk mendapatkan bokeh yang sesempurna kamera DSLR.

Poin menarik pertama dari kamera Honor 8X yaitu kamera ini juga bisa mengambil foto bokeh di benda mati. Mengatur fokus setelah mengambil foto juga menjadi poin menarik yang tak dimiliki Oppo F9.

Dengan bukaan lensa f/1.8, kedua kamera smartphone ini sudah bisa mengabadikan foto-foto lowlight yang cukup baik dan minim noise.

Namun masing-masing punya tone warna yang berbeda. Untuk yang suka natural, kamera Oppo F9 memang lebih adem di mata. Tapi sepertinya foto lowlight memang terlihat lebih cakep kalau warna-warna obyek tetap kuat seperti hasil jepretan di Honor 8X ini.

Urusan selfie, keduanya juga dibekali fitur A.I Beauty untuk membuat foto selfie lebih cetar. Lalu untuk soal tone warna kulit, hasil selfie memakai F9 terlihat lebih alami efek Beauty-nya. Selain resolusi yang lebih besar, fitur A.I Beauty 2.1 di F9 ini memang lebih pro daripada Honor 8X.

Meski tidak bisa dibilang murah, saya cukup kecewa dua smartphone ini tidak mendukung perekaman video 4K.

Mengadu di kualitas Full HD, di sini Honor 8X lebih banyak pilihan di mana kamera video-nya bisa merekam di 60 fps yang terasa lebih smooth. Tapi dilihat dari hasilnya, hasil video di Oppo F9 masih lebih baik dan fokusnya tetap terjaga.

Untuk Kalian yang doyan membuat video slow-motion, Honor 8X bisa merekam video slow-motion di 480 fps yang memang efek lambatnya lebih dramatis dari smartphone lain di kelasnya. Tak terkecuali Oppo F9 yang memang hanya mendukung slow-motion di 120 fps saja.

Untuk menjalankan berbagai fitur di atas tadi kedua smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas yang berbeda. Di atas kertas, Honor 8X lebih unggul sedikit dari Oppo F9 yang kapasitas baterainya 3500 mAh.

Sudah seharusnya sih, karena dengan layar yang lebih besar dan clock speed yang lebih tinggi, Honor 8X wajib memiliki baterai yang lebih besar. Oleh karena itu, Honor 8X di bekali dengan baterai dengan kapasitas 3750 mAh.

Perbandingan Baterai

Apakah baterai Honor 8X ini betulan bakal lebih awet dan tahan lama?

Dalam pengujian dengan PCMark, memang baterai Honor 8X ini jauh lebih tahan lama dengan battery life-nya yang nyaris 11 jam, sementara Oppo F9 hanya 9 jam-an saja.

Padahal kapasitas baterai keduanya tidak berbeda jauh, kan? Terlepas dari angka, di sini bisa kita simpulkan jika manajemen daya di IMUI-nya Honor 8X jauh lebih efisien ketimbang color OS di Oppo F9.

Sayangnya, Honor 8X ini, tidak dibekali fitur fast charging. Mengisi daya dari 11% sampai penuh menghabiskan waktu 1 jam 51 menit.

Di sini, Oppo F9 lebih unggul, karena sudah dibekali VOOC Flash Charge yang hanya butuh 1 jam 30 menit untuk pengisian hingga penuh.

CONCLUSION

Oke, jadi kesimpulannya mending Honor 8X atau Oppo F9 ya? Lagi-lagi ini soal selera dan kebutuhan saja.

Kalau Kalian lebih nyaman memakai smartphone dengan desain yang compact, punya gradasi bodi yang menarik, cakep buat selfie, dan tak peduli baterainya kecil yang penting punya fitur fast charging, Silahkan ambil Oppo F9 ini.

Tapi, kalau Kalian adalah seorang mobile gamer yang butuh smartphone dengan fitur-fitur yang pro buat gaming seperti layar yang lebar, storage yang besar, GPU Turbo, dapur pacu yang lebih nge-gas dan baterai yang lebih awet, tentunya Honor 8X ini adalah pilihan yang paling pas.

Fitur A.I di kamera belakang yang membuat fotonya terlihat lebih gonjreng dan instagrammable, ditambah mode kamera yang jauh lebih banyak untuk di ulik adalah alasan lain mengapa Honor 8X ini layak untuk dibawa pulang.

Setelah membaca perbandingan antara Honor 8X vs Oppo F9 di atas, mana yang lebih kalian pilih? 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of