Honor 9 Lite VS Xiaomi Redmi 5 Plus, dua smartphone yang sama-sama bersaing di segmen mid-range (kelas menengah). Harganya yang nggak terpaut jauh, plus speknya nyaris mirip-mirip, mungkin bikin kamu bingung untuk milih antara dua smartphone ini. Banyak pertanyaan di YouTube, Instagram, sampai di Twitter tentang plus minus dua smartphone ini. Dan minta dibikinin perbandingannya juga. Jadi, mending ambil yang mana yah?

Honor 9 Lite VS Xiaomi Redmi 5 Plus

DESAIN BODI

Xiaomi Redmi 5 Plus yang saya bandingkan ini adalah varian RAM 3GB dan storage (penyimpanan internal) 32GB. Jadi kayaknya emang bakal jadi rival utama Honor 9 Lite. Setidaknya untuk saat ini.

Meski punya banderol harga yang beda tipis, kedua smartphone ini punya style desain bodi yang berbeda.

Bodi Honor 9 Lite berbahan kaca, dengan sentuhan glossy yang membuatnya terlihat lebih cetar. Sementara, Xiaomi Redmi 5 Plus mengusung bodi metal yang cukup kokoh. Kebetulan yang saya bandingkan ini sama punya varian warna yang cukup populer, yaitu biru. Build quality keduanya terasa cukup solid.

Dan kalau ditanya mending kaca atau metal, itu hanya soal selera aja. Bodi belakang Honor 9 Lite ini, saking glossynya, bisa dipakai buat ngaca. Tapi kalau nggak suka bekas sidik jari nempel di bodi, mungkin kamu lebih cocok dengan bodi metal yang doff di Redmi 5 Plus.

Dimensi keduanya juga beda. Kalau lebih suka megang hape yang terasa compact, Honor 9 Lite ini sepertinya lebih asik digenggam pakai satu tangan. Nah untuk slot SIM-nya, kedua smartphone ini kompak pakai slot hybrid dengan salah satu slot SIM yang berbagi tempat dengan microSD.

Dan yang bikin kedua smartphone ini jadi incaran, salah satunya karena keduanya sudah mengusung rasio layar 18:9 yang kekinian.

PERBANDINGAN LAYAR

Berduel dalam kategori ini, layar Xiaomi Redmi 5 Plus terasa lebih lega, dengan ukuran 6 inci. Sementara, Honor 9 Lite lebih mungil di 5.65 inci. Perbedaan ukuran layar tentunya berpengaruh pada tingkat ketajamannya.

Dengan resolusi yang sama-sama full HD+, layar Honor 9 Lite punya kerapatan yang lebih tinggi; 428ppi berbanding 403ppi (pixel-per-inch). Tapi sejauh mata manusia memandang, perbedaan ini nggak terlalu terlihat.

Meski panel layarnya sama-sama IPS LCD, tipikal warna layar kedua smartphone ini cukup berbeda.

Di tingkat kecerahan yang sama, layar Honor 9 Lite terlihat lebih vivid. Sementara layar Redmi 5 Plus nampak pucat dan warnanya cenderung muted. Warna yang pucat ini kerasa banget pas dipakai buat nonton film, yang notabene standar color space-nya beda dengan warna natural.

Jujur deh, bagi kalian yang sudah punya, enakan nonton film di Honor 9 Lite atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Untuk dipakai di bawah terik matahari, kedua layar smartphone ini punya visibilitas yang cukup baik. Namun, kalau dibandingkan tingkat kecerahan layar maksimalnya, Honor 9 Lite unggul tipis di angka 500 nits. Berbanding 450 nits (di Redmi 5 Plus).

Lalu gimana kalau brightness layarnya masing-masing di-set ke level terendah?

Kalau dilihat di ruangan yang gelap, layar Xiaomi Redmi 5 Plus terlihat lebih redup dan seperti biasa, pucat. Keduanya sama-sama hadir dengan layar lengkung 2.5D dan tampilan layar Redmi 5 Plus terlihat lebih cantik dengan sudut-sudut yang membulat.

Apakah keduanya dilapisi kaca kuat Gorilla Glass?

Kalau ngepoin di situs resmi Corning, tidak tercantum nama kedua smartphone ini. Nah, buat jaga-jaga, pasang tempered glass atau screen protector adalah langkah yang bijak untuk menghindari risiko yang nggak kamu inginkan.

Kedua layar smartphone ini udah dukung multi-touch hingga 10 titik sentuhan. Namun tingkat responsivitas layar Honor 9 Lite di sini lebih rendah. Terasa sekali ada jeda pas dipakai buat ngetik dari satu huruf ke huruf lain.

Meski sudah ganti keyboard, problem yang sama masih terjadi. Semoga ini hanya bug dan bisa diatasi setelah mendapatkan update software nantinya.

PERBANDINGAN PERFORMA

Okay, sekarang kita bandingkan performa kedua smartphone ini. Mana yang lebih ngebut? Saat diuji dengan aplikasi Antutu Benchmark, Honor 9 Lite lebih unggul dengan skor yang tembus 88 ribuan, sementara Xiaomi Redmi 5 Plus tertinggal beberapa poin di 71 ribuan.

Ya, semua segmen pengujian dimenangkan Honor 9 Lite. Mulai dari CPU, GPU, UX sampai memori. Belum puas, saya coba uji pakai aplikasi benchmark lain, yaitu GeekBench.

Untuk performa single-core, Honor 9 Lite lagi-lagi lebih unggul di angka 900-an. Namun lain cerita saat dibandingkan skor multi-core-nya, dimana Xiaomi Redmi 5 Plus berhasil bikin keok Honor 9 Lite dengan skor yang terpaut jauh di angka 4200-an.

Mungkin itu cuma sekadar angka, oleh karena itu sekarang coba kita uji kecepatan saat membuka aplikasi secara real-time. Apakah benar, Honor 9 Lite lebih ngebut?

Nah biar lebih fair, aplikasi yang saya buka bersamaan di kedua smartphone ini benar-benar sama. Dan sebelumnya sudah clear RAM. Mari kita bandingkan. Satu, dua dan go!

Walhasil ternyata Honor 9 Lite yang diotaki chipset Kirin 659 memang terasa lebih ngebut jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus dengan chipset Snapdragon 625-nya. Meski perbedaannya hanya terpaut sepersekian detik.

Begitu juga pas ngebuka game yang lumayan berat, seperti PUBG. Di sini, Honor 9 Lite terasa lebih cepat masuk ke dalam gamenya. 

Sebenarnya, kalau dibandingkan head-to-head chipset-nya yang sama-sama 8-core dan berbasis CPU cortex-A53, Kirin 659 punya clockspeed yang lebih tinggi. Jadi secara komputasi prosesor, Honor 9 Lite layak diunggulkan.

Yang jelas, GPU Adreno 506 dan Mali-T830 di kedua smartphone ini sudah siap buat gaming dengan grafis 3D. Karena sudah mendukung Vulkan API.

Game-game populer seperti Mobile Legends, PUBG, sampai Marvel Future Fight bisa dieksekusi dengan baik. Lag kadang masih terasa, pas game-game menampilkan visual effect dan rendering 3D yang berat.

Namun hal ini tidak sampai mengganggu jalannya permainan. Lalu seberapa panaskah smartphone ini ketika dipakai buat main game lama-lama?

Karena sama-sama punya fabrikasi chipset yang kecil, plus tipe chipset low power, suhu bodi mulai menghangat setelah main game >10 menit. Tenang aja, selama pemakaian, suhunya nggak pernah tembus diatas 40 derajat.

Memang, kinerja yang ngebut itu nggak semata-mata faktor hardware-nya aja. Sistem operasi yang diusung juga turut mengambil peran.

PERBANDINGAN SOFTWARE

Urusan software, disini Honor 9 Lite lebih kekinian dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus masih belum move-on dari Android Nougat 7.1. Keduanya punya UI yang berbeda, dan jadi ciri khas masing-masing.

Honor 9 Lite dengan EMUI menawarkan beberapa fitur yang tidak kalah lengkap dari MIUI 9 milik Redmi 5 Plus. Sebut saja tema, kompas, kloning aplikasi, split-screen untuk multitasking, sampai screenshot dengan swipe tiga jari di layar.

Nilai plus untuk Redmi 5 Plus yang bisa dijadikan remote TV, AC atau alat elektronik lainnya. Dan hal ini absen di Honor 9 Lite. Namun Honor 9 Lite punya fitur lain yang lebih eksklusif, karena sudah nyicip Android Oreo lebih dulu. Sebut saja notification dots, dan Picture-in-Picture.

Selain penambahan fitur-fitur tadi, Android Oreo memang bikin Honor 9 Lite terasa lebih smooth di transisi antar menu.

Selain performa, kamera jadi poin yang seru untuk dibandingkan di kedua smartphone ini. Secara kuantitas, Honor 9 Lite cukup diunggulkan, karena punya dua kamera di depan & dua kamera di belakang. Jadi, totalnya empat.

Namun apakah hasilnya juga lebih maksimal?

Sebelum membandingkan hasilnya, mari kita bedah UI kamera masing-masing smartphone. Di sini, tampilan antar muka kamera Honor 9 Lite terlihat lebih ramai, ketimbang Xiaomi yang memang selalu tampil simpel. Tak terkecuali, MIUI camera-nya.

PERBANDINGAN KAMERA

Ada 11 mode yang bisa dipilih di Honor 9 Lite untuk memaksimalkan hasil foto kamu sesuai kebutuhan. Kedua UI kamera ini juga punya mode manual, namun lagi-lagi Honor 9 Lite lebih pro, karena pengaturan manualnya lebih banyak.

Kita bisa atur berbagai konfigurasi mulai dari shutter speed sampai manual fokus layaknya DSLR. Untuk pengaturan ISO, kamera Redmi 5 Plus bisa di-set lebih tinggi di angka 3200.

Untuk foto-foto di outdoor pada siang hari, kamera 13 Megapiksel Honor 9 Lite mampu menangkap gambar dengan saturasi warna lebih tinggi. Terutama warna-warna yang cerah. Di satu sisi, foto jadi nampak lebih berwarna. Namun di sisi lain, hasilnya tidak natural. Ini soal selera saja.

Sementara kamera Redmi 5 Plus mencoba menangkap gambar yang apa adanya. Bahkan terkadang hasil fotonya nampak lebih terang dan hidup. Ya, kamera Honor 9 Lite memang kurang konsisten. Terutama white balance-nya.

Begitu juga saat memfoto langit dengan mode HDR. Tekstur awannya lebih mampu ditangkap dengan baik sama kamera Redmi 5 Plus. Sisi gelap dan terangnya lebih terlihat.

Lalu bagaimana dengan foto-foto di indoor?

Dengan objek buah dari berbagai warna, kualitas kamera Honor 9 Lite mulai menurun. Detilnya berkurang, dan terkadang white balance-nya naik drastis yang membuat foto menjadi semakin pucat.

Sebaliknya, kamera Redmi 5 Plus masih cukup bisa diandalkan di kondisi seperti ini. Biasanya, “dosa” kamera smartphone 2-jutaan mulai terlihat pas harus ambil foto low-light. Tapi saya cukup terkejut disini.

Dengan bukaan lensa yang sama-sama f/2.2, hasil foto dari kamera Redmi 5 Plus lebih terang, dengan noise yang cukup terjaga. Sementara Honor 9 Lite meski tak bisa dibilang jelek, tapi kurang maksimal. Hadirnya dua kamera di belakang cukup memberikan nilai plus untuk Honor 9 Lite.

Dengan bantuan sensor kamera sekunder, smartphone ini bisa ambil foto dengan efek bokeh. Di sini kamu juga bisa atur aperture secara manual, untuk mengatur kedalaman bokehnya. Yah pada dasarnya, ini cuma hasil olahan software. Tapi udah cukup bikin foto kamu jadi cakep dan Instagram-able. Dan hal ini nggak bisa kamu lakukan di Xiaomi Redmi 5 Plus.

Untuk kebutuhan selfie, kamera depan Honor 9 Lite menang di angka resolusi yang lebih tinggi, yaitu 13 Megapiksel. Namun, apakah kualitasnya lebih baik?

Ngebandingin hasilnya, di sini terlihat selfie pakai Redmi 5 Plus warnanya lebih warm. Sedangkan di Honor 9 Lite lebih kuning. Ya, lagi-lagi ini soal selera saja. Namun yang perlu di-highlight, angle di Redmi 5 Plus lebih sempit.

Jadi kayaknya, Honor 9 Lite lebih asik buat wefie ramai-ramai. Plus, bisa ambil foto selfie bokeh seperti ini. Dengan resolusi yang cuma 5 Megapiksel, kamera depan Redmi 5 Plus juga bisa ambil foto selfie yang lebih terang di kegelapan.

Nah, biar lebih maksimal dan minim noise, Redmi 5 Plus dibekali LED flash. Sementara di Honor 9 Lite hanya ada screen flash. Untuk pencahayaan yang lebih natural. Jadi menurut kamu, bagusan mana buat selfie sambil gelap-gelapan?

Untuk mode perekaman video, kamera Xiaomi Redmi 5 Plus setingkat lebih tinggi karena sudah bisa rekam video 4K. Nah, kalau dibandingkan dengan Honor 9 Lite, dengan resolusi sama-sama full HD 30fps, hasilnya nyaris mirip.

Dan memang, masih terasa efek gempa bumi. Karena tidak dibekali EIS apalagi OIS. Mendukung video slow-motion dan juga time-lapse, menjadi nilai plus yang dimiliki Redmi 5 Plus.

PERBANDINGAN SENSOR

Urusan sensor, kedua smartphone ini sama-sama punya seabrek sensor yang wajib ada untuk smartphone kelas menengah jaman now. Termasuk giroskop, buat kamu yang pengin nyobain asyiknya main game-game VR.

Sensor sidik jari juga ada, yang posisinya masih sama di belakang. Kinerjanya juga sama-sama responsif untuk buka kunci smartphone. Paling ya beda sepersekian detik aja.

Cuma, sensor sidik jari di Honor 9 Lite fungsinya lebih banyak. Seperti untuk ambil foto atau video, menjawab panggilan telepon, sampai browsing foto di galeri.

PERBANDINGAN BATERAI

Untuk menjalankan berbagai fitur dan spesifikasi tadi, kedua smartphone ini punya kapasitas baterai yang berbeda. Xiaomi Redmi 5 Plus lebih unggul dengan baterai 4000 mAh, sementara Honor 9 Lite hanya 3000 mAh saja.

Sebenarnya dengan kapasitas segini, kedua smartphone ini bisa nemenin kamu seharian, karena arsitektur chipset Redmi 5 Plus dan Honor 9 Lite 14nm & 16nm, yang mana selain lebih kecil, juga nggak boros konsumsi baterai. Ketimbang chipset yang lama, yaitu dengan fabrikasi 28nm. Nah, kalau dibandingkan, mana yang baterainya lebih tahan lama?

Saya coba uji performa baterai kedua smartphone ini dengan aplikasi PCMark. Dan hasilnya nggak bohong. Kapasitas baterai yang lebih besar bikin Redmi 5 Plus lebih unggul dengan battery life yang tembus 6 jam. Sementara Honor 9 Lite hanya bertahan di angka 4-5 jam saja.

Namun ada yang spesial di Honor 9 Lite yang nggak akan kamu temukan di Redmi 5 Plus dan mungkin smartphone 2 jutaan sekelasnya. Setidaknya untuk saat ini.

Kamu bisa menurunkan resolusi layar ke HD+ untuk menghemat baterai. Ini berguna banget, kalau baterainya sudah minimalis tapi masih ada banyak hal yang harus dikerjakan via smartphone. Dengan konsekuensi, tampilan layar nggak serapat biasanya.

Dengan charger 2 ampere yang tidak ada keterangan fast charging, kedua smartphone punya waktu charging yang sama. Dari 10% sampai penuh dengan mode airplane aktif, butuh waktu 2 jam 30 menit. Mengingat kapasitas baterainya selisih 1000 mAh, charger Redmi 5 Plus terasa lebih ngebut.

CONCLUSION

Okay, jadi kesimpulannya, mending Honor 9 Lite atau Xiaomi Redmi 5 Plus ya? Silakan ambil Honor 9 Lite kalau kamu lebih suka smartphone yang lebih compact di tangan. Plus, bodi kacanya yang bikin smartphone ini terlihat mahal. Mengadopsi sistem operasi Android yang lebih baru, plus fitur bokeh di kamera depan dan belakang, menjadi alasan kenapa Honor 9 Lite layak kamu bawa pulang.

Tapi kalau kamu lebih suka smartphone dengan bodi metal, layar lebih lebar dengan baterai yang bisa digeber lebih dari sehari, kamera yang lebih mending buat low-light, dukungan komunitas yang banyak dan yang hobinya ngilangin remote TV, saya rasa, Xiaomi Redmi 5 Plus lebih cocok buat kamu. Murah atau mahal, semuanya kembali lagi kepada selera, kebutuhan, dan yang pasti budget kamu. Okay, sekian artikel perbandingan Honor 9 Lite vs Xiaomi Redmi 5 Plus.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of