Memiliki keunggulan teknologi terbaru dengan tiga kamera, dua smartphone ini kerap disandingkan, Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50. Diluncurkan pada waktu yang hampir bersamaan dan menawarkan teknologi setingkat serta berada pada tataran harga setingkat.

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing yang patut Anda ketahui. Mulai dari tampilan desain hingga dari performa keduanya.

Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50
Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

Membandingkan Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

Tampilan desain Huawei P30 lite dan Samsung Galaxy A50

1. Desain dan layar

Tampilan desain smartphone merupakan hal pertama yang dapat mencuri perhatian mata. Menyandingkan Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50 secara sejajar dapat dimulai dari desain keduanya. Dimulai dari Huawei P30 Lite, Smartphone Huawei dari seri p ini tampil elegan sebab dibalut material kaca berwarna midnight Black serta kokoh dengan dimensi 152.9 x 72.7 x 7.4 mm dan bobot 159 gram. Dimana ukuran dan berat tersebut masih terbilang nyaman dalam genggaman.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy A50 hadir dengan warna berkilau atau glossy dan tak kalah elegan berkat tampilan bingkai tipis dan pastinya model Infinity U khas Samsung.

Adapun dimensi Samsung Galaxy A50 berukuran 158.5 x 74.7 x 7.7 mm dan bobot 166 gram, yang mana lebih besar jika dibandingkan dengan Huawei P30 Lite.

Dari segi layar Huawei P30 Lite berukuran 6,15 inci dengan resolusi Full HD+ (2312 x 1080 piksel) dan berteknologi IPS. Berbeda dengan layar Samsung A50 yang berukuran 6,4 inci dengan beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan berteknologi Super AMOLED.

Dari segi ketajaman layar, Huawei P30 Lite lebih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50, dimana Huawei P30 Lite memiliki density ± 415 ppi dan Samsung Galaxy A50 hanya ± 403 ppi.

Pada keduanya di bagian atas layar terdapat notch waterdrop seperti poni sebagai wadah kamera depan. Dari perbandingan layar dapat  dilihat layar Samsung A50 lebih bagus dari Huawei p30 lite. Sebab selain ukuran layar yang lebih besar, teknologi Super AMOLED pada A50 lebih baru dibandingkan teknologi LTPS IPS LCD pada Huawei p30 lite.

2. Kamera

Menyandingkan Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50 tidak bisa untuk tidak membandingkan kamera keduanya. Kedua smartphone ini mencuri perhatian karena sama-sama menyuguhkan kombinasi tiga kamera belakang yang mana belum banyak dimiliki oleh smartphone lainnya.

Pada Huawei P30 Lite, kombinasi tiga kamera terdiri dari 24 MP + 8 MP + 2 MP dengan LED Flash. Sedangkan pada Samsung Galaxy A50 konfigurasi tiga kamera belakang 25 MP + 8 MP + 5 MP dan juga sudah tersemat dengan LED Flash. S

amsung bisa dibilang lebih unggul pada kamera belakang. Namun pada kamera depan resolusi kamera berturut-turut Huawei dan Samsung A50 adalah 32 Mp dan 25 Mp, Huawei jauh lebih unggul.

3. Fitur Lain

Sebagai dua smartphone yang menempatkan teknologi terbaru, menarik untuk diulas fitur-fitur pendukung yang melengkapinya. Fitur yang sama-sama ada ada keduanya berupa port USB Type-C, WiFi, Bluetooth, GPS, Face Unlock, dan sistem operasi Android 9 Pie.

Yang menarik adalah fitur fingerprint atau pemindai sidik jari pada kedua smartphone ini berbeda.

Huawei P30 Lite meletakkan sensor fingerprint pada bagian belakang ponsel, sedangkan Samsung Galaxy A50 sensor fingerprint ada di dalam layar. Dari sini dapat dilihat kalau sensor fingerprint milik Huawei sedikit lebih kuno.

Fitur lain yang ada di Huawei P30 Lite cukup banyak. Salah satunya ada fungsi penangkap layar atau screenshot sudah ada di panel notifikasi, disamping masih bisa menggunakan cara mengetuk layar dan menyatukan tiga jari dari atas ke bawah layar. Ada juga fitur Digital Balance di menu setting yang berfungsi agar user dapat memantau dan mengatur pembatasan waktu memakai ponsel agar tidak berlebihan.

Performa Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

Membandingkan dua smartphone tidak lengkap sebelum menemukan perbandingan performa dari keduanya. Sebab era saat ini smartphone tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi, ada yang membutuhkan untuk games hingga berselancar di sosial media.

Performa Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50
Performa Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

1. Sistem operasi, komparasi prosesor, ram dan memori

Huawei P30 Lite menggunakan sistem operasi Android 9.0 dengan user interface EMUI 9 dan terpasang chipset Kirin 710 2,2 GHz Octa-core yang menggunakan teknologi fabrikasi 12nm.

Sementara Samsung Galaxy A50 menggunakan sistem operasi OS Android Pie 9.0 dan antarmuka One UI terbaru. Teknologi fabrikasi 10nm dengan memasang Exynos 9610 2,3 GHz Octa-core.

Bisa dikatakan dari teknologi yang terpasang, smartphone Huawei p30 masih berada di bawah Samsung Galaxy A50.

Sedangkan dari segi  RAM dan memori yang terpasang, Huawei p30 lite memiliki satu varian yakni dengan RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Berbeda dengan Samsung Galaxy yang memberikan dua pilihan dengan varian RAM 4 GB dan storage internal 64 GB serta RAM 6 GB dan storage internal 128 GB.

Berdasarkan prosesor dan spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy A50 menjadi smartphone yang mampu menjalankan kinerja dengan baik, perpindahan antar aplikasi lebih cepat dan tidak gampang nge-lag.

2. Teknologi baterai

Kehabisan baterai saat jauh dari colokan bisa jadi sangat menyebalkan. Namun tenang, dua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang besar.

Baterai Huawei P30 Lite memiliki kapasitas 3.340 mAh. Ditambah dengan pengisian daya yang cepat dengan 9V2A.

Sedangkan baterai Samsung Galaxy A50 tidak kalah dari HUAWEI P30 Lite. Smartphone ini memiliki kapasitas 4.000 mAh serta dilengkapi dengan pengisian daya cepat sebesar 15W.

Dengan kapasitas baterai tersebut Anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai. Jika dibandingkan dari keduanya, terlihat baterai Samsung Galaxy A50 lebih unggul dari Huawei P30 Lite.

3. Konektivitas

Bukan smartphone namanya jika tidak memiliki konektivitas yang baik. Antara Huawei P30 Lite dan Samsung Galaxy A50 memiliki konektivitas yang bagus. Jaringan WIFI, hotspot, Bluetooth, USB 2.0 dan lain sebagainya. Perbedaan keduanya adalah adanya fitur NFC pada Samsung Galaxy A50 yang mana Huawei P30 Lite tidak memilikinya.

Tidak adanya NFC pada Huawei cukup berpengaruh bagi sebagian pengguna. NFC sendiri membantu smartphone dapat terkoneksi dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau NFC tag. Ketiadaan NFC tersebut mungkin merupakan cara menurunkan harga jual Huawei P30 Lite dibandingkan tipe P lainnya.

Perbandingan harga Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

Setelah mengetahui perbandingan smartphone Huawei p30 lite dan smartphone Samsung Galaxy A50, perlu diketahui pula berapa harga yang ditawarkan keduanya. Sebagai perbandingan apple to apple kedua smartphone memang berada pada tataran harga yang sejajar.

Huawei P30 Lite dengan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dijual dengan harga Rp 4,3 juta. Sedangkan Samsung Galaxy A50 untuk varian RAM 4GB dan ROM 64 GB dijual dengan harga Rp 4,1 juta-an dan varian RAM 6 GB dan ROM 128 dijual Rp 4,9 juta-an.

Membandingkan Huawei P30 lite vs Samsung Galaxy A50

CONCLUSION

Kalau untuk penggunaan harian, baik Huawei P30 Lite ataupun Samsung Galaxy A50 sudah memiliki spesifikasi yang lebih dari cukup, sehingga untuk memilih kembali lagi kepada selera anda terhadap desain dan warna yang tersedia.

Beda kasus jika anda memang senang jeprat jepret kamera dan berfoto ria, tentunya saya lebih merekomendasikan Huawei P30 Lite untuk anda pilih. Walaupun kemampuan kamera belakang hampir setara, tapi kemampuan kamera depan Huawei P30 Lite lebih jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50.

Dan kalau anda lebih membutuhkan performa karena anda pengguna sosial media akut atau suka streaming video di HP misalnya, tentunya Samsung Galaxy A50 bisa menjadi pilihan.

Selain itu, Samsung Galaxy A50 juga menjadi pilihan tepat jika anda suka bertransaksi cashless karena adanya NFC yang tersemat pada Samsung Galaxy A50.

Jadi yang mana pilihan anda?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of