Pilihan Search Engine Terbaik

10 Pilihan Search Engine Terbaik

Berbicara mengenai pilihan search engine terbaik mungkin di benak anda akan langsung terlintas Google search. 

Google memang menjadi pilihan sebagian besar orang karena tampilannya yang simple, akurasi pencarian yang tinggi, dan berbagai fitur yang bisa di gunakan untuk meningkatkan relevansi hasil pencarian kita.

Namun tahukah anda kalau di internet ada banyak search engine lain selain google yang juga bisa di gunakan secara gratis.

Untuk apa? Google sudah cukup untuk saya!

Anda benar, Secara general Google search memang sudah lebih dari cukup untuk kita gunakan sebagai search engine sehari – hari.

Bahkan saya sendiri pun menggunakan Google sebagai search engine dari mayoritas aktivitas pencarian yang saya lakukan.

Namun terkadang ada beberapa kondisi khusus sehingga saya menggunakan search engine lainnya selain Google.

Namun jika anda menggunakan search engine secara general dan google sudah lebih dari cukup, maka anda juga perlu mengetahui alternatif search engine untuk kondisi darurat.

Saya teringat dengan teman saya beberapa waktu yang lalu, dimana kebetulan dia tidak bisa mengakses Google search sedangkan kerjaan dia sudah deadline dan harus segera selesai.

Singkat cerita, ternyata jaringan internet dia terdeteksi sebagai traffic yang mencurigakan. Maka untuk mengakomodir, saya memberitahu beberapa alternatif search engine yang bisa dia gunakan.

Ada banyak alasan terkadang kita tidak bisa mengakses Google, dimana kadang hanya bersifat temporary namun ada juga yang bersifat permanen.

Jika anda tidak merasa melakukan sesuatu yang aneh, anda tidak perlu kuatir karena biasanya masalah tersebut dari internet provider kita.

Yang mana biasanya hal tersebut di sebabkan oleh dynamic IP, dan sebelumnnya IP yang sedang kita gunakan saat ini pernah di pakai oleh orang lain untuk berbuat hal yang tidak baik, dan kita yang kena imbasnya.

Dari berbagai macam search engine yang bertebaran, berikut ini merupakan search engine terbaik pilihan dari kami.

Pilihan Search Engine Untuk Penggunaan General

1. Google Search Engine

Google Search Engine
Google Search Engine

Anda pasti sudah mengetahui tentang Google, karena menurut pengalaman saya setiap orang yang menggunakan internet mengetahui tentang Google.

Secara data statistik saat ini Google search digunakan oleh lebih dari 90 % pengguna internet di seluruh dunia, sehingga tidak mengherankan kalau Google dianggap sebagai raksasa search engine saat ini.

Namun bukan hanya karena populer saja, Google search memang telah terbukti kehandalannya.

Tampilan yang simple, mudah di gunakan, akurasi yang luar biasa, dan lain sebagainya merupakan beberapa poin yang menjadi kelebihan dari Google search.

Saya yakin anda sudah tidak asing dengan Google Search, sehingga saya hanya membahas secara singkat saja.

2. Yahoo! Search Engine

Yahoo! Search Engine
Yahoo! Search Engine

Digunakan oleh ± 2.32% seluruh pengguna di dunia dan  ± 1.66% pengguna Indonesia, Yahoo! search masih tergolong populer walaupun mulai redup di bandingkan pada era 2000an.

Anda mungkin juga sudah tidak asing dengan Yahoo, terutama jika anda sudah menggunakan internet pada tahun 2000an awal.

Salah satu hal yang menarik dari Yahoo yaitu Yahoo bukan hanya sekedar search engine saja, namun berupa web portal dimana search engine merupakan salah satu fiturnya.

Berbagai macam berita maupun layanan menarik bisa anda dapatkan disini daripada hanya sekedar melakukan pencarian.

Yang lebih menarik lagi, topik berita maupun layanan tersebut bersifat lokal. Sehingga saya yang ada di Indonesia akan mendapatkan berita dan layanan yang relevan dengan Indonesia.

Oleh sebab itu walaupun sempat di kabarkan akan collapse, Yahoo masih bertahan dan bahkan memiliki peminat tersendiri yang cukup loyal.

Jika anda tertarik menggunakan search engine dengan berbagai macam layanan menarik tersebut, maka anda bisa menuju ke Yahoo! web portal.

Yahoo! Web Portal Indonesia
Yahoo! Web Portal Indonesia

Sedangkan jika anda hanya ingin fokus menggunakan search engine-nya saja, anda bisa menuju langsung ke halaman Yahoo! search yang mana tentunya lebih ringan digunakan dibandingkan melakukan search pada web portalnya.

3. Bing Search Engine

Bing Search Engine
Bing Search Engine

Selanjutnya ada search engine dari Microsoft, Bing. Mungkin anda juga sudah pernah mendengar search engine yang satu ini.

Terutama jika anda menggunakan Microsoft Edge yang ada di Windows 10, dimana Bing merupakan search engine defaultnya.

Dengan total pengguna sebesar ± 2.17% dari seluruh pengguna di dunia dan ± 0.70% dari pengguna Indonesia, Bing merupakan salah satu alternatif search engine untuk di gunakan.

Dengan menggunakan Yahoo! search sebagai basisnya, hasil pencarian Bing cukup bisa di andalkan.

Berbagai macam fitur pun tersedia di Bing, terutama jika anda adalah Microsoft user, karena berbagai macam fitur tersebut terintegrasi dengan berbagai produk Microsoft lainnya.

Tampilan yang ciamik dan elegan merupakan salah satu hal yang menarik dari Bing.

Tak hanya itu, hasil video search dan berbagai fitur yang di tampilkan juga sangat baik, sehingga tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa Bing merupakan video search terbaik.

Bing Video Search
Bing Video Search

4.  Baidu Search Engine

Baidu Search Engine
Baidu Search Engine

Baidu search engine merupakan search engine yang populer di China. Salah satu kekuatan utama Baidu adalah hasil pencarian untuk konten lokal China yang sangat baik.

Sehingga Baidu menjadi salah satu rekomendasi jika anda memiliki bisnis ataupun membutuhkan informasi spesifik yang terkait dengan Negara Panda tersebut.

Secara default, seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, Baidu berbahasa China.

Untuk bahasa Inggris, anda bisa mengaksesnya pada alamat tersendiri dengan tampilan seperti berikut ini.

Baidu English Search Engine
Baidu English Search Engine

5. Yandex Search Engine

Yandex Search Engine
Yandex Search Engine

Mirip dengan Baidu, Yandex merupakan search engine yang populer secara lokal. Bedanya, Baidu populer di China sedangkan Yandex populer di Rusia.

Sehingga jika anda membutuhkan informasi spesifik yang berkaitan dengan Russia, tentunya Yandex menjadi salah satu opsi amunisi anda.

Namun berbeda dengan Baidu, Yandex lebih ramah terhadap pengguna non lokal yang terlihat dari tampilan globalnya yang menggunakan bahasa Inggris.

Hasil pencariannya pun memiliki akurasi yang sangat baik, walau untuk pengguna dari luar seperti saya.

Salah satu fitur Yandex yang merupakan favorit saya yaitu fitur translate, dimana kemampuan translate dari Yandex ini sangat baik.

Yandex Translate
Yandex Translate

Anda bisa lihat pada gambar di atas, Yandex memiliki tiga fitur translate yaitu text, site, dan Image. 

Translate Image? Maksudnya?

Jadi jika anda mempunyai gambar yang berisi text seperti hasil scan atau brosur misalnya, dan anda ingin mentranslate kata – kata di gambar tersebut, maka anda tinggal drag and drop gambar tersebut di Yandex.

Yandex akan membaca kata -kata di gambar menggunakan Optical Character Recognition (OCR) dan kemudian mentranslate kata – kata tersebut.

Walaupun terkadang tidak semua kata dalam gambar bisa di baca dengan baik oleh Yandex untuk kemudian di translate, namun hal tersebut sudah cukup membantu daripada kita harus mengetik semua kata dan mentranslatenya.

6. Duckduckgo Search Engine

Duckduckgo (DDG) Search Engine
Duckduckgo (DDG) Search Engine

And here it comes my favorite search engine, Duckduckgo!!! Bebek yang biasanya lucu dan nikmat untuk di santap, ternyata bisa sangar ketika di implementasikan menjadi search engine.

Dengan tampilan yang simple dan bebek sebagai logonya, membuat saya sedikit meremehkan kemampuan Duckduckgo saat pertama kali mengenalnya di Tor Browser.

Beberapa kali menggunakan, saya jadi penasaran kenapa Tor Browser yang menjunjung tinggi privacy dan anonimity menggunakan Duckduckgo sebagai search engine defaultnya.

So, let’s get a short introduction with this powerful search engine.

Duckduckgo sangat mengutamakan privacy, oleh karena itu Duckduckgo tidak menyimpan maupun mentracking segala aktifitas pencarian anda.

Maka privacy concern merupakan kelebihan utama dari search engine Duckduckgo ini.

Untuk hasil pencarian, Duckduckgo tidak perlu di ragukan. Bahkan menurut saya hasil dari Duckduckgo memuaskan dan bersaing dengan hasil dari google. 

Sebagai contoh, misalnya saya ingin mencari cheatsheet dari Microsoft Word. Saya cukup mengetikkan Microsoft Word Cheatsheet dan hasilnya bisa anda lihat sebagai berikut.

Duckduckgo (DDG) Cheatsheet
Duckduckgo (DDG) Cheatsheet

Poin lain yang menjadikan Duckduckgo ini salah satu search engine favorit saya adalah karena adanya fitur Bang.

Bang merupakan shortcut untuk melakukan pencarian di situs lain. Untuk menggunakan Bang di Duckduckgo, cukup ketikkan tanda seru (!) pada kolom pencarian di ikuti shortcut key terhadap web terkait.

Jika anda tidak hafal, maka cukup ketikkan tanda seru (!) dan rekomendasi shortcut dari situs – situs web terkenal akan muncul.

Duckduckgo (DDG) Bang Shortcut
Duckduckgo (DDG) Bang Shortcut

Awalnya mungkin anda tidak merasakan efeknya, namun jika anda sudah hafal shortcut key dari situs favorit anda, maka efek dari Bang akan terasa sangat bermanfaat.

Sebagai contoh sederhana, kita akan gunakan Duckduckgo Bang seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Duckduckgo Search Step
Duckduckgo Search Step

Dari gambar di atas terlihat ketika menggunakan Duckduckgo Bang saya hanya butuh dua step, yaitu ketik !w bali > enter, dan halaman wikipedia tentang Bali langsung muncul.

7. Startpage Search Engine

Startpage Search Engine
Startpage Search Engine

Sama seperti Duckduckgo, Startpage merupakan search engine yang mengutamakan privacy pengguna dengan klaim the most private search engine.

Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber, Startpage tidak menyimpan maupun mentracking data pengguna bahkan hingga data IP address pun tidak di record!

Jadi jika anda menginginkan privacy maupun melakukan pencarian secara anonymous, maka Startpage merupakan pilihan yang tepat.

Untuk kehandalan pencarian, Startpage tergolong powerful karena Startpage menggunakan Google sebagai basisnya, namun dengan modifikasi dan permak sana sini sehingga privacy dan akurasi bisa tercapai.

8. Dogpile Search Engine

Dogpile Search Engine
Dogpile Search Engine

Anda kenal dan familiar dengan Dogpile Search Engine?

Maka saya harus angkat topi dan memanggil anda om atau tante!

Dogpile merupakan pemain lama di dunia search engine dan sudah bertengger di internet sejak tahun 1995.

Dogpile sempat redup karena kalah bersaing dengan Google, Yahoo, dan rekan sejawatnya.

Namun setelah berbenah dan merubah konsep, Dogpile masuk kembali ke jajaran pemain search engine yang patut di pertimbangkan.

Anda bisa melihat perubahan Dogpile terutama pada tampilannya, yang mana pada awal tahun 2000an terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Dogpile Search Engine Era 2000an
Dogpile Search Engine Era 2000an

Dengan desain yang simple dan menggemaskan, Dogpile kini tampil semakin ciamik dan menarik untuk di gunakan.

Namun bukan hanya karena tampilannya saja sehingga saya memasukkan Dogpile ke dalam list, karena masih banyak search engine yang memiliki tampilan luar biasa, namun lambat dan tidak nyaman di gunakan.

Selain itu, salah satu poin utama saya memasukkan Dogpile dalam list ini adalah kemampuan search enginenya dalam melakukan pencarian.

Dogpile menggabungkan hasil pencarian dari Google, Yahoo, Bing, serta berbagai macam search engine lainnya dan menampilkannya sebagai hasil.

Jadi jika anda malas melakukan komparasi hasil pencarian dari berbagai search engine, terutama hasil dari Google, Yahoo, dan Bing, maka Dogpile adalah jawabannya.

Pilihan Search Engine Untuk Penggunaan Spesifik

9.  Google Scholar Search Engine

Google Scholar Search Engine
Google Scholar Search Engine

Google Scholar merupakan salah satu varian dari produk Google yang membantu anda menemukan hasil pencarian yang bersifat akademis.

Jika anda mencari paper, jurnal, skripsi, theses, karya ilmiah, dan berbagai materi akademis lainnya maka Google scholar merupakan destinasi yang tepat untuk memulai perjalanan pencarian anda.

Hasil pencarian menggunakan Google Scholar bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Hasil Google Scholar Indonesia
Hasil Google Scholar Indonesia
Hasil Google Scholar English
Hasil Google Scholar English

10. Wolfram Alpha Search Engine

Wolfram Alpha Search Engine
Wolfram Alpha Search Engine

Berbeda dengan search engine lainnya, Wolfram Alpha tidak menampilkan link web lain sebagai hasil pencariannya.

Wolfram Alpha melakukan pencarian dengan melakukan komputasi dinamis terhadap berbagai sumber menggunakan algoritma dan metode khusus sehingga memperoleh hasil berupa data dan fakta.

Jika anda pernah mengenal yang namanya RPAL dan RPUL, maka Wolfram Alpha bisa dibilang merupakan gabungan keduanya dan bahkan lebih canggih.

Jika anda masih sekolah atau kuliah tentunya Wolfram Alpha ini wajib anda ketahui. Karena bahkan untuk pekerja seperti saya Wolfram Alpha sangat membantu pekerjaan.

Wolfram Alpha mencakup berbagai bidang, mulai dari finance, engineering, science, geografi, kesehatan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, saya mencoba memasukkan perhitungan persamaan kuadrat x2 + 30x + 5 = 0 ke kolom pencarian dan hasilnya anda bisa lihat pada gambar berikut ini.

Hasil Matematika Wolfram Alpha
Hasil Matematika Wolfram Alpha

Dari gambar di atas terlihat Wolfram Alpha memberikan hasil x = -15 – 2 Sqrt[55] || x = -15 + 2 Sqrt[55] yang mana jika saya ingin hasil lebih lanjut,…

… maka saya lakukan pencarian lagi sehingga menghasilkan x = -29.8324 || x = -0.1676, bahkan hingga grafik plot pun juga di tampilkan oleh Wolfram Alpha. menarik kan?

Contoh di atas mewakili komputasi matematis yang masih bersifat sederhana. Wolfram Alpha masih bisa menyelesaikan berbagai hal matematis yang lebih rumit.

Bagaimana halnya dengan bidang non matematis dan general?

Saya mencoba menginput keyword Indonesia language, dan anda bisa melihat hasilnya sebagai berikut.

Hasil Pencarian Wolfram Alpha
Hasil Pencarian Wolfram Alpha

Wow, ternyata bahasa yang di gunakan di Indonesia banyak yah, terhitung total ada 708 bahasa.

Tapi bukan itu poinnya.

Dari gambar di atas terlihat kalau Wolfram Alpha menampilkan beberapa bahasa yang banyak di gunakan di Indonesia di ikuti dengan persentasenya.

Dari kedua contoh di atas menunjukkan kalau Wolfram Alpha menampilkan hasil pencariannya dalam bentuk hasil analisa, data, dan fakta.

CONCLUSION

Google Search masih merupakan search engine favorit yang paling banyak di gunakan.

Namun bukan hanya karena popularitasnya saja, tapi karena memang Google Search mudah di gunakan dan tergolong Search Engine yang powerful.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika Search Engine Google digunakan sebagai basis engine bagi berbagai Search Engine lainnya.

Search engine mana yang terbaik?

Hal tersebut kembali pada kebutuhan, selera, serta preferensi anda.

Untuk kebutuhan general, Google search sudah lebih dari cukup untuk anda gunakan.

Namun jika anda ingin privasi dimana anda ingin melakukan pencarian dalam mode Incognito Search atau Anonymous Search maka Duckduckgo dan Startpage bisa menjadi pilihan.

Jika anda berorientasi tampilan, maka Bing bisa anda masukkan ke dalam list search engine anda.

Untuk urusan translate, maka Google Search dan Yandex are the best option.

Jika anda ingin mencari hal yang berkaitan dengan China atau Rusia secara native, tentu Baidu dan Yandex jawabannya.

Ingin lebih dari sekedar search engine? maka Yahoo! web portal bisa menjadi pilihan anda.

Dogpile bisa anda pilih jika anda ingin mendapatkan hasil pencarian dari kolaborasi berbagai Search Engine seperti Google, Yahoo, maupun Bing dalam satu Search Engine.

Jika anda ingin mencari jurnal, karya ilmiah, dan artikel lain yang bersifat akademik, jadikan Google Scholar sebagai pilihan.

Dan jika anda ingin mencari dengan berorientasi analisa, data ataupun fakta untuk di gunakan sebagai bahan studi kasus, penelitian, dan lain sebagainya maka anda bisa melirik Wolfram Alpha.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Dan jangan lupa di share ke teman – teman lainnya yah sob!!

Siapa tau mereka sedang membutuhkan.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
570