Harga resmi Realme 3 memang cukup bikin gempar dunia per-smartphone-an di tanah air. Ya, bagaimana tidak gempar, dengan harga mulai di bawah Rp 2 juta Kalian sudah dapat smartphone yang punya dapur pacu powerfull di kelasnya. Dibekali fitur kamera yang cukup lengkap mulai dari AI sampai mode malam dan juga dibekali dengan baterai yang jumbo dan bisa digeber seharian.

Ngomong-ngomong soal smartphone murah sebenarnya di sini saya cukup penasaran untuk membandingkan Realme 3 ini dengan salah satu smartphone budget Samsung yang punya spesifikasi cukup “ngeri-ngeri sedap”di kelas Rp 2 jutaan plus mengandalkan baterai yang tidak kalah jumbo.

Apalagi kalau bukan Samsung Galaxy M20. Ya, dengan spesifikasi yang cukup digandrungi para millennial, bisa tidak sih Realme 3 ini menguasai pasar smartphone budget yang kini mulai digarap serius oleh Samsung?

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20

Desain Bodi

Bicara soal desain, kedua smartphone ini punya cita rasa yang sama. Bodi dengan finishing glossy, material plastik dual-camera vertikal di belakang, sampai notch yang desainnya sama-sama waterdrop.

Perbedaan yang cukup kelihatan sih dari pilihan warna bodinya. Di sini, Realme 3 lebih berani mengeluarkan varian warna gradasi yang kini menjadi tren. Saking gonjrengnya, permukaan bodi ini lebih mudah kotor.

Itulah kenapa, jelly case ada di paket penjualan Realme 3 dan tidak kamu temui di Samsung Galaxy M20. Dari desain dan warna, Realme 3 memang juara sih.

Tapi, ada sisi menarik di Galaxy M20 yang lebih membuat saya nyaman secara pribadi yaitu tombol volume yang tidak dipisah dengan tombol powernya. Sampai sekarang masih cukup kaku mengakses volume di sisi yang tidak biasa ini.

Satu lagi yang membedakan keduanya yaitu pada port USB-nya. Sorry to say, Galaxy M20 lebih modern dengan USB Type-C, di mana smartphone sekelasnya masih belum bisa move on dari microUSB.

Untungnya dari sisi slot SIM-nya, Realme 3 ini masih bisa mengimbangi karena sama-sama memakai triple-slot SIM yang lebih fleksibel untuk memasang microSD.

Layar Realme 3 ini sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3. Perlindungannya juga plus-plus karena sudah dipasangi dengan screen-protector bawaan. Sementara, Samsung cukup pelit dengan urusan seperti ini untuk lini Galaxy kelas bawah.

Saat layar dinyalakan, gokil! Dua smartphone ini sudah seperti kembar siam! Desainnya boleh sama, ukurannya juga sama yaitu 6.2″. Tapi kalau dilihat lebih fokus, layar keduanya jelas berbeda.

Tone warna Realme 3 ini lebih pekat dan membuat layar Galaxy M20 serasa pucat. Untuk menonton film atau bermain game, jelas, layar saturasi warna legit begini jauh lebih enak di mata.

Di sini saya cukup mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan Realme dalam mereproduksi warna layar Realme 3 dan berhasil menutupi kurang tajamnya tampilan karena keterbatasan resolusi yang cuma maksimum di HD+.

Mengesampingkan warna, memang, soal ketajaman Samsung Galaxy M20 ini masih di atas angin. Karena layarnya sudah Full HD+yang tentu lebih rapat pikselnya. Performa hardware menjadi salah satu poin yang biasa dipertimbangkan saat seseorang mau membeli smartphone baru.

Performa Kinerja

Dan mungkin ini yang membuat galau. Lebih ngebut mana sih, Realme 3 atau Samsung Galaxy M20? Karena keduanya diotaki chipset yang berbeda.

Realme 3 memakai Helio P60sementara Galaxy M20 pakai Exynos 7904 keluaran terbaru. Ya, meski berbeda, sebenarnya keduanya cukup apple to apple bila dibandingkan secara performanya.

Dua chipset ini sama-sama memiliki 8-core. Namun berbeda konfigurasinya. 8-core di Helio P60 itu terdiri dari 4 Cortex A53plus 4 Cortex A73. Sementara, Exynos 7904 itu 6 Cortex A53 plus 2 Cortex A73.

Nah, bagi yang tidak paham bedanya, cluster Cortex A53 itu berfungsi mengerjakan tugas-tugas yang ringan. Sementara, untuk pekerjaan yang berat, dieksekusi oleh Cortex A73-nya.

Di atas kertas, Helio P60 lebih powerful tapi saat dipakai untuk handle tugas sehari-hari apakah Samsung Galaxy M20 ini akan selalu tertinggal? Mari kita coba bandingkan.

Ternyata kecepatan Helio P60 di Realme 3 ini memang bukan kaleng-kaleng. Kinerjanya lebih gercep, saat membuka-tutup aplikasi mulai dari yang ringan seperti sosial media, browser dan juga YouTube, sampai yang berat seperti game.

Tidak heran sih, clockspeed yang lebih tinggi dan juga arsitektur yang lebih modern di 12nm tentu membuat Realme 3 ini lebih asik bagi yang mementingkan performa dan juga multi-tasking.

Kinerja yang responsif dari Realme 3 ini tentu tidak lepas dari peran software-nya yang sudah memakai Android Pie 9 dan dibungkus dengan Color OS 6.0. Nah dari segi user experience, color OS 6.0 ini mencoba lebih simpel dari Samsung Experience-nya Galaxy M20.

Transisi antar menu juga lebih smooth saat berjalan dengan Android Pie ketimbang Android Oreo dan ini membuat saya betah memakai Realme 3 lama-lama.

Digeber main game kesayangan kita semua yaitu PUBG Mobile keduanya support grafis rata tengah, meski, Realme 3 ini masih bisa dipaksa ke grafis HD dan masih cukup nyaman untuk dimainkan. Sementara di Galaxy M20, sebaiknya stay di medium saja ya.

Tidak heran sih, meskipun sama-sama memakai GPU Mali tapi yang dipakai Realme 3 ini memang keluaran terbaru yaitu Mali G72. Begitu juga dengan game AoV, keduanya sama-sama membuat saya betah bila dimainkan dengan grafis default.

Tapi, saat mode High Frame Rate aktif, Realme 3 masih lebih nyaman karena lebih minim patah-patah. Terutama saat sedang menghindari serangan lawan atau mengeluarkan skill ke tower lawan.

Selain GPU yang lebih sakti, penggunaan layar HD+ ini memang membuat Realme 3 jauh lebih powerful soal gaming karena dengan resolusi yang lebih rendah tentu tidak membebani kinerja chipsetnya.

Mau nge-tap jari atau setor muka untuk unlock smartphone?

Semuanya bisa dipakai untuk kedua smartphone ini. Tapi, yang membuat nyaman tentunya yang lebih cepat membuka, ‘kan? Sorry to say Samsung Galaxy M20 biometrik kamu terlalu lambat buat saya.

Perbandingan Kamera

Selain performa, kamera juga menjadi bagian yang cukup seru untuk diadu antara 2 smartphone iniĀ  karena keduanya sama-sama memakai dual-camera di belakang. Tapi, berbeda konfigurasinya yah.

Dari segi fungsionalitas, dual-camera Galaxy M20 ini lebih sering kepakai sih karena kamera sekundernya punya sensor wide angle yang lebih maknyus untuk mengabadikan foto-foto pemandangan. Tapi dari segi kualitas fotonya bagaimana?

Berkat fitur AI, hasil foto dari kamera Realme 3 terlihat lebih hidup. Yang hijau makin hijau, yang merah juga makin merah. Saturasinya ditingkatkan demi hasil yang instagramable.

Fitur Chroma Boost di Realme 3 ini juga membuat hasil foto lebih gonjreng. Serta lebih membantu untuk foto-foto yang backlight. Tapi yang suka foto-foto natural, hasil jepret dari kamera Galaxy M20 ini sebenarnya masih bisa diterima dengan cukup baik.

Duel foto bokeh, saya mengakui mode Portrait di Realme 3 ini bisa mengenali banyak obyek dan tidak harus manusia. Sementara, Live Focus-nya Samsung Galaxy M20 lebih sering miss, untuk menciptakan background blur pada obyek-obyek non-manusia.

Contohnya pada patung atau action figure. Fitur AI di Realme 3 ini juga sangat membantu untuk jepret-jepret foto di lowlight.

Dengan modal bukaan lensa yang lebih lebar di f/1.8 AI mode malam, warna foto itu masih terjaga dengan baik dan noise yang minimal. Sementara di Galaxy M20 ini mencoba lebih terang tapi malah membuat tone warnanya berantakan.

Belum selesai sampai situ saja, Realme 3 ini juga punya fitur Nightscape yang bisa membuat hasil foto lowlight menjadi jauh lebih terang dan juga lebih detail. Meski konsekuensinya harus tetap steady saat tekan tombol shutter, sampai proses pengambilan gambar selesai.

Hal ini karena dia memainkan shutter speed dan kemungkinan mengambil lebih dari 1 foto yang digabungkan menjadi 1 untuk menambah ketajaman foto lowlight-nya.

Duel foto selfie, sepertinya Samsung harus belajar banyak kepada AI Beauty-nya Realme soal membuat foto selfie menjadi lebih cakep tapi tidak membuat selfie-nya seperti habis ditaburi bedak saking putihnya.

Mode AI Beauty yang seabrek di Realme 3 ini membuat orang betah berselfie sih. Mau itu cowok atau cewek, hasilnya memang di atas rata-rata smartphone sekelasnya.

Untuk kualitas perekaman video, saya tidak bisa berharap banyak pada kedua smartphone ini. Sama-sama tidak support EIS apalagi OIS. Jadi, ya penuh efek gempa bumi kalau cuma dipegang memakai tangan.

Sama seperti fotonya, tone warna video dari kamera Realme 3 ini juga lebih hidup. Terlepas dari performa dan kamera baterai menjadi salah satu nilai jual utama antara dua smartphone ini.

Performa Baterai

Samsung Galaxy M20 sendiri punya kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 5000 mAh. Untuk sekarang ini, baterai 4000-5000 mAh memang bisa digeber seharian termasuk di Realme 3, yang bisa saya pakai intens mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi.

Lalu, se-impress apa sih battery life kedua smartphone ini?

Diuji dengan aplikasi PCMark dengan level brightness layar sama-sama 50%, baterai 4230 mAh di Realme 3 inibisa tahan hampir 10 jam. Sementara di Samsung Galaxy M20 dengan kapasitas baterai yang lebih besarbisa tahan hampir 13 jam.

Bedanya cukup jauh yah! Dan kalau dianalisa lebih detail kenapa battery life Realme 3 itu beda hampir 3 jam, itu karena dapur pacu Helio P60 yang memang lebih nge-gas dari Exynos 7904. Dan digeber maksimal selama pengujian baterai.

Baterai jumbo itu biasanya menjadi pekerjaan tersendiri saat harus isi ulang. So, fast charging sangat diperlukan sekali, biar tidak bete kelamaan mengisi baterai sampai penuh.

Charger 15 Watt-nya Samsung Galaxy M20 ini bisa mempercepat durasi pengisian. Dari 10% sampai penuh, butuh waktu sekitar 2 jam 12 menit. Sementara Realme 3 dengan charger 10 Watt-nyabutuh waktu lebih lama, di 2 jam 38 menit.

CONCLUSION

So, kesimpulannya pilih Realme 3 atau Samsung Galaxy M20 nih sob?

Kalau kalian mencari smartphone yang layarnya harus Full HD dan sudah pakai USB Type-C, serta lebih mementingkan battery life ketimbang performa, silahkan pilih Samsung Galaxy M20.

Tapi kalau Kalian mencari smartphone yang nyaris lengkap mulai dari performa, fitur kamera, baterai yang jumbo sampai pengalaman penggunaan yang asik, sepertinya tidak ada yang lebih cakep dari Realme 3, setidaknya untuk saat ini.

Realme 3 ini juga menjawab kebutuhan mobile gaming masa kini yang grafisnya semakin dewa. Performanya bisa digeber maksimal, tanpa takut tangan cepat panas atau menjadi pengabdi colokan.

Murah atau mahal, semuanya kembali pada selera, kebutuhandan yang pasti budget kamu. Oke, sekian artikel perbandingan Realme 3 vs Samsung Galaxy M20.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of