Persaingan Ponsel pintar makin hari makin memanas, para produsen Smartphone berlomba-lomba menciptakan Inovasi serta menarik pelanggan dengan sebanyak – banyaknya, sama halnya dengan Kedua Ponsel pintar yang sedang ramai diperbincangkan ini, Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL.

Kedua ponsel ini jelas memiliki Banyak keunggulan namun jika kita membandingkan kedua ponsel tersebut kira – kira siapa yang lebih unggul?

Motorola Moto Z4 atau Google Pixel 3A XL
Motorola Moto Z4 atau Google Pixel 3A XL

Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL

Tampilan Layar

Untuk tampilan layar mari kita bandingkan kedua Ponsel berikut ini Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL, memang kedua ponsel ini belum terlalu familiar di telinga masyarakat indonesia. Oleh karena itu, kali ini kami akan bandingkan keduanya, Manakah yang lebih unggul diantara keduanya.

Nah yang pertama akan kita bahas adalah mengenai tampilan layar kedua ponsel pintar Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL.

Motorola Moto Z4 mempunyai layar FHD 6,39 inch bertipe OLED, yang mengisi 85% wajah ponsel lengkap dengan sebuah waterdrop notch.

Dan pada layar yang dilapisi Gorilla Glass 3 itu juga telah  tersimpan sensor sidik jari bawah layar. Serta ada juga sertifikasi keamanan blue light untuk layarnya dan kompatibel dengan protokol active pen milik Microsoft.

Sedangkan untuk Google Pixel 3A XL, ponsel besutan Google ini mengandalkan layar sentuh 6 inci dengan resolusi full HD ditambah tipe OLED yang menawarkan aspek rasio 18:9, serta dilindungi antigores dari Asahi Dragontrail.

Dari sini apakah anda sudah bisa menilai mana yang lebih unggul?

Prosesor, RAM dan Memori

Berikutnya kita membahas tentang Kekuatan Prosesor dan RAM yang dimiliki kedua ponsel pintar Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL ini.

Google Pixel 3a XL menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 670 berkonsep octa-core, yang terdiri dari dual-core 2,2GHz dan hexa-core 1,7GHz. Dapur pacu ini juga telah dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB.

Kemampuan ponsel ini bisa mengakomodir kebutuhan gaming dengan cukup baik berkat dukungan GPU Adreno 615, jadi bisa dibilang ponsel ini cocok untuk anda yang memang suka bermain game. 

Sedangkan Motorola Moto Z4, Ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 675, RAM 4GB, storage 128GB. Terlihat jika Moto Z4 bukanlah sebuah ponsel flagship, yang mana sangat berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya yang selalu masuk ke dalam  ranah ponsel flagship. Jika dilihat dari aspek ini sepertinya bukan pilihan para pecinta game.

Sudah cukup membandingkan? Sepertinya belum, mari kita bandingkan aspek yang lain

Kamera

Untuk fitur kamera sendiri kedua ponsel ini pastinya telah memiliki keunggulannya masing – masing. 

Untuk fitur kamera, Motorola Moto Z4 kamera belakangnya hanya memiliki satu kamera dengan resolusi 48 megapixel. Lalu selain itu juga ada mode Night Vision yang menggabungkan sejumlah foto untuk performa low light yang lebih baik. Lalu ada kamera depan 25 megapixel dengan mode 1,8 mikron yang diklaim memiliki hasil low light lebih baik.

Lain halnya dengan pesaingnya, kemampuan kamera belakang Google Pixel 3A XL bisa dibilang cukup menarik meski hanya dibekali satu kamera belakang yang berkekuatan hanya 12 megapixel. Karena kamera belakang Google Pixel 3A XL menggunakan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel yang ditandemkan dengan lensa bukaan f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur PDAF, Optical Image Stabilization (OIS), dan LED flash.

Sedangkan untuk kamera depan, Motorola Moto Z4 dibekali dengan kamera dengan resolusi 25 MP dan Google Pixel 3A XL hanya beresolusi 8 MP saja.

Walaupun keduanya sama – sama memiliki bukaan lensa f/2.0, namun untuk kamera depan Motorola Moto Z4 lebih unggul karena memiliki resolusi kamera yang lebih besar jika dibandingkan dengan Google Pixel 3A XL.

Melihat spesifikasi di atas, kita bisa lihat kalau Google Pixel 3A XL memfokuskan kamera untuk kegiatan fotografi dan bukan selfie.

Motorola Z4 dan Pixel 3A XL
Motorola Z4 dan Pixel 3A XL

Sistem Operasi

Untuk sistem operasinya di antara kedua ponsel ini, Google Pixel 3a XL sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka Android Pure. Dan untuk menunjang performa dan operasionalnya, Google Pixel 3a XL juga membawa chipset Qualcomm Snapdragon 670 dengan prosesor octa-core, terdiri dari dual-core 2,2 GHz 360 gold dan hexa-core 1,7 GHz Kryo 360 silver.

Sedangkan untuk Motorola Moto Z4 sistem Operasi yang diberlakukan adalah 
Android 9.0 (Pie) dengan Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm) serta CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver).

Dari spesifikasi tersebut terlihat kalau teknologi yang diterapkan oleh Motorola Moto Z4 lebih baru jika dibandingkan Google Pixel 3A XL.

Lalu untuk chipset GPU, Google Pixel 3a XL menyematkan chipset Adreno 615 yang mana lebih tinggi jika dibandingkan chipset GPU yang disematkan oleh Motorola Moto Z4, yaitu Adreno 612.

Baterai

Selanjutnya dalam perbandingan Baterai, Motorola Moto Z4 telah mengklaim baterai ponsel Li-Ion yang bisa bertahan selama 70 jam dalam kondisi standby dengan kapasitas baterai sebesar 3.600 mAh dan dilengkapi fitur fast charging USB-C 15W.

Sedangkan Google Pixel 3A XL menggunakan baterai Li-Po seri XL dengan kapasitas sebesar 3.700mAh dan dilengkapi fitur fast charging USB-C 18W, yang mana bisa bertahan selama ±98 jam dalam kondisi standby.

Melihat perbandingan di atas, Google Pixel 3A XL bisa bertahan lebih lama dibandingkan Motorola Moto Z4.

Konektor

Konektor microUSB 2.0, Type-C 1.0 Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0 merupakan konektor yang dimiliki oleh Motorola Moto Z4. Dan untuk Konektor Google Pixel 3A XL menggunakan USB Type-C, Audio jack 3,5 mm. Jadi konektor antar kedua ponsel tersebut tidaklah sama.

Harga

Untuk harganya sendiri tentunya tidaklah sama antara Motorola Moto Z4 vs Google Pixel 3A XL dimana Motorola Moto Z4 dibanderol dengan  harga USD 499 atau sekitar Rp 7,1 juta jika dirupiahkan. Sedangkan pesaingnya dibanderol dengan harga 479 dollar AS atau sekitar 7 juta. Tidak terlalu jauh ya.

CONCLUSION

Baik Motorola Moto Z4 atau Google Pixel 3A XL sama – sama merupakan ponsel yang powerful. Namun jika harus memilih, tentunya saya lebih merekomendasikan Google Pixel 3A XL dengan pertimbangan kualitas kamera dan kapasitas baterai yang dimiliki.

Kalau anda pilih yang mana?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of