Untuk kalangan penggemar audiophile, tentu menjadi kabar baik setelah pihak Sony resmi merilis music player terbaru di IFA 2019. dan jika anda seorang pencinta musik sejati, apalagi sampai ke level audiophile, pastinya akan penasaran dengan pemutar musik dari Sony yang dinamai NW-ZX507 ini.

Sekilas mungkin anda akan teringat dengan Walkman yang menjadi hits di era 90-an, dan Sony merupakan salah satu pemain utama. Kemudian era walkman berturut – turut tergantikan oleh cd player, MP4 Player, dan akhirnya market di dominasi oleh iPod.

Dengar musik kan bisa dari HP, untuk apa punya player musik lagi?

Bagi pengguna secara general memang benar seperti itu. Namun bagi pengguna audiophile, tentunya kualitas suara sangat penting.  

Kualitas musik tentu menjadi sorotan utama dari pembahasan ini. Tetapi bagaimana dengan spesifikasi secara keseluruhan? Apa kelebihannya? dan berapa harganya?

Semuanya itu akan segera terjawab ! Simak terus ulasan dibawah ini.

Walkman Sony Jadul
Walkman Sony Jadul

Review Sony Walkman NW-ZX507

Spesifikasi Sony Walkman NW-ZX507

Music Player Sony NW-ZX507
Music Player Sony NW-ZX507

Sony Walkman NW-ZX507 memiliki layar 3,6 inci HD touchscreen. Layar sentuh ini sudah tentu sangat responsif dan mampu memberikan kemudahan akses dan kendali ke sistem.

Perangkat ini menggunakan sistem operasi android 9.0 atau yang sering disebut juga android pie.

Memori internalnya sebesar 64GB yang mampu menawarkan akses cepat ke musik yang anda simpan dan pastinya mendukung penyimpanan micro SD.

Smartphone musik ini juga sudah menggunakan USB Type-C, sebuah konektor 24-pin yang bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer data dan tenaga listrik.

Anda bisa memutar music dari internal maupun eksternal storage yang ada di Sony Walkman NW-ZX507. Selain itu, anda juga bisa streaming menggunakan WiFi yang sudah tersedia pada perangkat ini.

Spesifikasi Lengkap

Dimensi57.9mm x 122.6mm x 14.8mm
Berat164 g
Storage64 GB
DisplayTFT colour dengan white LED-backlight
3.6-inch (9.1 cm) ,HD (1280 x 720 Pixels)
Sistem OperasiAndroid 9.0 (Pie)
Jack Audio20-40,000 Hz ; 50mW+50mW (High Gain)
20-40,000 Hz ; 200mW+200mW (High Gain)
Memory EksternalMicro SD, Micro SDHC, Micro SDXC
Port USBUSB Type-C™
KonektivitasWiFi ; Bluetooth 5.0 ; NFC
Sound EffectDirect Source (Direct)
10 Band equalizer
DSEE HX,DC Phase Linearizer
Dynamic Normalizer
Vinyl Processor

Kualitas Casing

Bingkai casingnya menggunakan alumunium yang sangat kaku. Sehingga akan tahan terhadap kebisingan listrik dan gangguan lainnya agar tetap bisa menghasilkan suara yang stabil dan berkualitas tinggi.

Tampilan Sony NW-ZX507
Tampilan Sony NW-ZX507

Selain itu, case build tersebut membuat Sony Walkman NW-ZX507 terlihat mewah dan elegan serta nyaman untuk digenggam.

Jack Audio

Menggunakan Colokan Standar Seimbang ø4.4mm yang baru. Keunggulannya adalah noise yang diambil dari kabel ke amplifier menjadi berkurang. Sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih, presisi dan dinamis.

Jack Headphone Earphone Sony NW-ZX507
Jack Headphone Earphone Sony NW-ZX507

Apa bedanya dengan jack audio disebelahnya?

Secara general, jika anda ingin memutar musik menggunakan headphone atau earphone secara umum anda bisa menggunakan jack stereo dengan power output sebesar 50mW+50mW (High Gain).

Sedangkan jack audio balanced dengan power output sebesar 200mW+200mW (High Gain) bisa anda pakai kalau anda menggunakan headphone tertentu yang membutuhkan power antara 50mW – 200mW. Sehingga anda tidak perlu lagi ribet dengan amplifier.

Tombol Dirancang untuk Musik

Tombol Lengkap Sony NW-ZX507
Tombol Lengkap Sony NW-ZX507

Keistimewaan music player ini jika dilihat dari fisiknya adalah memiliki tombol khusus untuk memutar musik.  

Sony Walkman NW-ZX507 memiliki tombol tambahan dibagian samping body yang cukup mudah untuk dijangkau tangan. Tombol-tombol itu antaran lain berfungsi sebagai pengatur volume, tombol play/pause, tombol untuk mengganti lagu (next/prev).

Begitu mudahnya menikmati lagu yang anda sukai dan bahkan cukup dengan meraba saja sembari mata terpejam anda dapat mengganti lagu dengan mudah.

Semuanya itu berkat bantuan tombol khusus yang sengaja disediakan oleh pihak Sony.

Kualitas Suara

Apa jenis musik yang anda suka ? Apakah anda sering memutar lagu jazz, klasik, atau rock ?

Semuanya itu tidak menjadi masalah, karena smartphone NW-ZX507 ini sanggup memainkan segala jenis musik dengan baik. Sehingga apapun lagu yang anda putar, akan memberikan pengalaman terbaik dan sanggup memanjakan telinga anda sampai berjam-jam.

Sony menggunakan amplifer buatan sendiri yang dinamai Digital S Master HX. Sebuah teknologi yang dikembangkan secara independen untuk Walkman. Mampu memotong distorsi dan kebisingan di berbagai frekuensi.

Bahkan jika kita melihat bagian dalamnya, akan terlihat kapasitor polimer tinggi yang solid. Solder premium dan resistor yang lebih halus sehingga mampu melakukan pemutaran PCM hingga 384kHz / 32bit.

kapasitor Double-Layer Listrik nya juga mampu memberikan tingkat bass yang lebih baik.

Semua hal ini menunjukan bahwa Sony dengan sangat serius membuat NW-ZX507 agar benar-benar bisa menghasilkan High Quality Sound.

Menggunakan fitur DSEE HX

Teknologi Suara Sony NW-ZX507
Teknologi Suara Sony NW-ZX507

Sony Walkman NW-ZX507 menggunakan fitur DSEE HX. Lalu apa itu sebenarnya fitur DSEE HX ?

Dalam dunia musik kita mengenal format mp3, wav, flac, dll. File musik yang menggunakan format mp3 biasanya sudah di kompres sehingga kualitasnya menurun.

Dengan fitur DSEE HX mampu meningkatkan kualitas suara yang lebih baik seperti suara aslinya jika dibandingkan sebelum di kompres.

Cara kerjanya yaitu menggunakan algoritma untuk menganalisis musik yang anda putar dan kemudian mengganti informasi yang hilang. Cukup canggih bukan ?

DSEE HX adalah teknologi asli yang dibuat oleh Sony untuk menganalisis sejumlah sumber suara kemudian melengkapi sinyal yang masuk. Sehingga dapat menghasilkan audio resolusi tinggi meskipun file tersebut sudah dikompres.

CONCLUSION

Dengan berbagai fitur yang tentunya akan memanjakan anda dalam mendengarkan musik, Sony Walkman NW-ZX507 dibanderol dengan harga 750 Pound sterling, atau setara dengan Rp 13 jutaan.

Jika anda tertarik, music player model high-end ini akan mulai dijual pada November 2019.

Meskipun terbilang mahal, tetapi sangat wajar karena komponen yang digunakan begitu premium kualitasnya.

Bagaimana ?

Apakah anda tertarik membeli smartphone musik buatan Sony ini ?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of