Informasi tentang perbandingan antara Oneplus 7 Pro vs Apple iPhone XR banyak sekali dicari oleh para masyarakat. Terdapat banyak sekali jenis smartphone yang berada di pasaran yang diproduksi oleh beragam produsen. Hal inilah yang seringkali membuat orang menjadi bingung. Terdapat smartphone yang disukai, namun harganya mahal. Ada juga yang murah namun spesifikasinya tidak cocok.

Untuk itu Anda membutuhkan bahan pertimbangan agar bisa memilih dengan tepat. Dari data pertimbangan ini Anda bisa mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangan sebuah produk.

Oneplus 7 pro memiliki konsep smartphone kelas atas namun dengan harga yang terjangkau. Dari hal tersebutlah Anda bisa menentukan pemenang dari Oneplus 7 pro vs Apple iPhone XR.

Perbandingan Oneplus 7 Pro vs Apple iPhone XR

Oneplus 7 pro hadir dengan berbagai fitur yang memukau mulai dari bagian body, tampilan dan harganya. Mengusung tema elegan, smartphone ini hadir sebagai smartphone unggulan namun ramah kantong.

Tampilan Oneplus 7 Pro
Tampilan Oneplus 7 Pro

Bahkan spesifikasinya dibandingkan dengan iPhone XR. Hal inilah yang membuat banyak pengguna bingung antara Oneplus 7 pro vs Apple iPhone XR mana yang lebih baik.

Untuk dapat membandingkan dengan baik, maka Anda harus memahami komponen apa saja yang terdapat di dalamnya seperti kamera, prosessor dan juga penyimpanan. Oneplus 7 pro ini digadangnya sebagai versi murahnya iPhone XR.

Namun apakah benar spesifikasi dan performanya sama. Simaklah informasi mengenai Oneplus 7 pro vs Apple iPhone XR di bawah ini.

Apple iPhone XR
Apple iPhone XR

Spesifikasi layar

Untuk bagian layar, kedua smartphone yang termasuk dalam kelas atas ini sama-sama unggul. Keduanya menggunakan konsep layar elegan berponi dan konsep rasio layar yang panjang. Memiliki bezel tipis di pinggirnya membuat desain kedua smartphone ini tambah elegan. Namun kedua smartphone ini menghadirkan resolusi layar yang berbeda.

Oneplus 7 pro dilengkapi dengan layar Amoled 6,28 inch dengan resolusi 1080×2280. Sedangkan untuk iPhone XR menggunakan layar Retina 6,1 inch dengan resolusi 828×1792. Hal ini membuktikan bahwa Oneplus 7 pro memiliki layar yang lebih tajam dibandingkan dengan iPhone XR. Namun iPhone XR didesain dengan layar yang tahan air dan juga debu.

Bahkan iPhone XR sudah memiliki sertifikat IP67 yang menjamin bahwa smartphone tidak akan rusak meski terkena air. Sedangkan Oneplus 7 pro hanya menjamin untuk percikan air saja. Keduanya memang memiliki konsep yang berbeda untuk menghadirkan produk untuk pelanggannya, karena memang setiap orang juga akan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Dapur Pacu

Keduanya memang menghadirkan prosesor kelas atas. iPhone memang terkenal unggul karena menggunakan chipset terbaru A12 Bionic. Ini merupakan chipset terbaru miliki iPhone yang dihadirkan pada versi iPhone lain seperti iPhone XS dan iPhone XS Max. Sedangkan Oneplus 7 pro menggunakan chipset Snapdragon 855.

Oneplus 7 pro dibekali dengan kekuatan RAM 10GB. Sedangkan iPhone XS hanya memiliki RAM 3GB. Namun bukan berarti performa iPhone XS buruk. Justru iPhone XS lebih unggul karena sistem operasinya lebih ringan untuk dijalankan dan mendukung multitasking. Sehingga untuk masalah performa, iPhone XS jauh lebih unggul.

OnePlus-7-Pro-vs-Apple-iPhone-XR
OnePlus-7-Pro-vs-Apple-iPhone-XR

iPhone XR mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus dan tidak memiliki kendala dalam perpindahan setiap aplikasi. Namun Oneplus 7 pro masih membutuhkan beberapa detik untuk berpindah dari aplikasi satu ke lainnya. Hal inilah yang membuat iPhone XR lebih unggul dibandingkan dengan Oneplus 7 pro.

Kamera

Untuk menurunkan harganya iPhone XR terpaksa mengorbankan salah satu kamera belakangnya dan hanya menggunakan hanya menggunakan satu kamera belakang 12 MP. iPhone XR juga dilengkapi dengan kamera depan sebesar 7 MP. Sedangkan Oneplus 7 pro menggunakan 3 kamera sebesar 48 MP. Hal ini membuat hasil tangkapan foto Oneplus 7 pro lebih jernih.

Namun keduanya memiliki fitur yang berbeda untuk kameranya. Mungkin dari segi fitur iPhone XR bisa lebih unggul karena menghadirkan fitur sama seperti kamera profesional. Namun bagi Anda yang suka mengambil gambar selfie maka Oneplus 7 pro lebih unggul mengingat kekuatan kameranya yang besar.

Untuk masalah pengeditan foto juga berbeda. Dimana iPhone XR sudah dilengkapi dengan mode edit secara otomatis, sedangkan Oneplus 7 pro membutuhkan aplikasi tambahan untuk bisa melakukan edit foto. Namun untuk sekedar memotong Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia pada Oneplus 7 pro.

Penyimpanan

Untuk masalah penyimpanan, kedua smartphone ini sama unggulnya karena menyediakan ruang penyimpanan yang besar yaitu 256 GB. Namun yang membedakan adalah jika iPhone XS tidak bisa menggunakan memori eksternal sedangkan Oneplus 7 pro bisa ditambahkan dengan memori eksternal.

iPhone mengusung tema penyimpanan icloud yang bisa Anda akses pada device iPhone apa saja. Dengan adanya icloud ini iPhone mengklaim bahwa data yang tersimpan akan aman dan tidak akan hilang. Anda juga bisa langsung sinkronisasi seluruh perangkat iPhone ke akun icloud yang dimiliki. Sedangkan Oneplus 7 pro hanya menggunakan penyimpanan local saja.

Terdapat juga beberapa aplikasi tambahan seperti dropbox, namun itu bukanlah aplikasi resmi yang dibuat oleh Oneplus 7 pro untuk penggunanya. Sehingga tidak bisa dijamin bahwa data Anda tidak akan hilang. Dengan begitu maka untuk masalah penyimpanan, iPhone XR lebih unggul dibandingkan dengan Oneplus 7 pro.

OnePlus-7-Pro-dan-Apple-iPhone-XR
OnePlus-7-Pro-dan-Apple-iPhone-XR

Perbandingan harga Oneplus 7 Pro vs Apple iPhone XR

Kebanyakan orang pada umumnya sudah mengetahui bahwa iPhone selalu membandrol produknya dengan harga yang mahal, namun memang kualitas yang dihadirkan juga unggul. Jika dibandingkan, iPhone XS memiliki harga pasaran sekitar 12 jutaan. Sedangkan Oneplus 7 pro dijual dengan harga 10,5 jutaan.

Kedua smartphone ini memang memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda. Namun kembali lagi ke penggunanya. Apakah ingin mengeluarkan uang yang lebih besar atau yang lebih murah. Untuk perbandingan kualitas, kedua smartphone ini cukup unggul dengan kelebihannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan selera.

Berbagai pilihan warna juga dihadirkan untuk melengkapi gaya Anda dalam penggunaan smartphone. Kedua smartphone ini memiliki desain yang tak jauh beda namun memiliki karisma yang berbeda. Untuk membeli sebuah smartphone, Anda juga harus menyesuaikannya dengan dana yang dimiliki. Jangan sampai Anda kesulitan karena membeli smartphone yang mahal.

CONCLUSION

Demikianlah beberapa perbandingan antara Oneplus 7 pro vs Apple iPhone XR. Anda bisa menentukan sendiri siapa pemenang dari kedua smartphone ini sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa orang membutuhkan spesifikasinya dan yang lain mungkin menjadikannya sebagai gaya hidup. Untuk itu penilaian kembali pada pengguna masing-masing.

Sebaiknya Anda harus memilih dengan bijak karena pada dasarnya smartphone adalah alat komunikasi berbasis teknologi yang akan terus memiliki perkembangan. Jika Anda merupakan orang yang suka dengan teknologi, maka tidak ada salahnya jika selalu menggunakan produk smartphone terbaru yang unggul dan elegan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of