Untuk anda para pengguna WiFi yang sangat aktif, pasti sesekali pernah mengalami kejadian kelambatan koneksi internet alias lemot. Apabila pernah mengalami atau bahkan sedang mengalami hal tersebut maka jangan langsung menyalahkan providernya ya.

Pasalnya, ada kemungkinan router pada WiFi yang sedang bermasalah. Namun tidak juga menutup kemungkinan provider penyedia layanan WiFi yang edang bermasalah.

Lalu bagaimana cara mengatasi WiFi yang lemot?

Namun sebelumnya kita juga harus mengetahui dulu apa penyebab dari kelambatan WiFi yang lemot. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi WiFi Lambat

Belum mengaktifkan WiFi

Sebelum ke bagian router pada WiFi, akan lebih baik jika kita mencoba mengecek perangkat kita terlebih dahulu. Sebab mungkin saja handphone atau laptop belum mengaktfikan jaringan WiFi. Mungkin karena lupa belum mengaktifkan. Maka dari itu langsung saja cek perangkat yang akan disambungkan dengan WiFi. Masukkan ke Settings dan pilih pengaturan tentang Wifi.

Meletakkan router WiFi terlalu jauh

Penyebab berikutnya dari lemotnya WiFi adalah jangkaunnya yang terlalu jauh. Router WiFi memiliki kapasitas jangkauan tertentu yang tidak terlalu jauh. Nah, jika kita meletakkan router WiFi terlalu jauh maka juga besar kemungkinan kita sudah untuk mendapatkan koneksi internet. Jadi usahakan menaruh router WiFi di tempat yang strategis.

Koneksi internet yang sedang bermasalah

Penyebab yang berikutnya mungkin karena koneksi internetnya yang sedang bermasalah. Coba periksalah kecepetan internetnya dengan cara menyambungkan kabel Ethernet pada laptop atau PC. Coba untuk online dengan menggunakan kabel ini dan cek kecepatan secara online. Apabila kecepatan masih normal mungkin karena salah menaruh router WiFi.

Meletakkan router di ruangan yang tertutup

Ruangan yang tertutup pun dapat menjadi penyebab lemotnya WiFi. Apabila router WiFi diletakkan di ruang yang gelap dan tertutup, maka akan menyebabkan sinyal terhambat dan susah masuk. Pilihlah ruangan yang terbuka agar mendapat sinyal yang kencang.

Kabel LAN terputus

Kabel LAN yang putus juga dapat menjadi salah satu penyeba dari lemotnya WiFi. Segeralah untuk mengeceknya. Mungkin saja karena salah menyambungkan atau belum menyambungkan kabelnya. Namun, apabila kita tidak tahu cara memasang kabel ini lebih baik meminta bantuan provider sepaya tidak salah menaymbungkan dan merusak kabel LAN.

Meletakkan router di dekat jendela

Router yang diletakkan di dekat jendela akan membuat sinyal keluar dan terbagi. Koneksi pun akan lambat. Usahakan untuk jangan menaruhnya di dekat jendela.

Meletakkan router WiFi di lantai

Salah menaruh juga dapat menyebabkan WiFi lemot. Apabila kita meletakkannya di tempat yang rendan maka sinyal yang di dapat tidak akan maksimal karena kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Maka dari itu disarankan untuk tidak meletakkan eouter WiFi di lantai. Cobalah untuk meletakkannya di tempat yang tinggi misal seperti lemari, meja dan lainnya.

Meletakkan router di dekat barang elektronik lainnya

Router yang diletakkan berdekatan dengan elektronik lainnya akan menyebabkan jaringan lemot karena barang elektronik dapat menyebabkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengacaukan sinyal. Maka dari itu usahakan jauh dengan barang elektronik lainnya.

Terlalu banyak pengguna WiFi

Terlalu banyak yang sedang menggunakan WiFi juga menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi jika WiFi di tempat umum. Usahakan untuk memasang WiFi dengan disertai password agar tidak sembarang orang dapat menggunakannya.

Final Words

Itulah beberapa penyebab umum dan cara mengatasi WiFi yang lemot. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of